Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Mgr Anicetus Sinaga,OFMCap Pimpin Ibadah Sore Meriah Jelang Pentahbisan Uskup Agung Medan Yg Baru



Medan, MH -Jelang sehari sebelum pentahbisan Uskup Agung Medan yang baru,dilaksanakan ibadah sore meriah di Gereja Katedral Medan yaitu dilangsungkan pemberkatan simbol-simbol yang akan dikenakan kepada Uskup
Agung yang baru.

Ibadah sore meriah ini dipimpin oleh Uskup Agung Medan DR Mgr Anicetus Sinaga OFMCap,yang diawali dengan prosesi serta penyambutan tari-tari daerah oleh anak-anak SD Swasta Katolik St Yosef Medan dan anak-anak sekolah St Thomas Medan.

Iringan prosesi,tampak terlihat Duta Vatikan Indonesia Mgr Piero Pioppo didampingi DR Mgr Anicetus Sinaga dan Uskup Agung yang baru Mgr Kornelius Sipayung OFMCap,KWI,Uskup Emeritus Mgr Pius Datubara serta uskup seluruh Indonesia,imam dan para biarawati.

Setelah prosesi,dilanjukan dengan ibadah penuh hikmat dan hening sert luar biasa dipadati umat serta para imam dan biarawati.

Dalam hal ini,setelah selesai pembacaan serta mazmur yang dikumandangkan,dilanjutkan dengan homili oleh Mgr Anicetus Sinaga.

Mgr Anicetus Sinaga,dalam homilinya menyampaikan beberapa hal yang menjadi alasan terpilihnya Uskup yang baru serta tugas yang harus diemban nantinya.

Sebagai awal homilinya Mgr Anicetus Sinaga mengatakan Janganlah dirimu disesatkan oleh ajaran asing.

Dalam homilinya Mgr Anicetus Sinaga menekankan agar selalu dipertaruhkan sepanjang sejarah adalah bagaimana mempertaruhkan keEsaan gereja dalam ketegangan antara kuasa mutlak.Mgr Anicetus Sinaga juga mengatakan Uskup harus memandang para imam sebagai sahabat,adik kommika serta anak kesayangan yang dicintai.

Juga dalam homilinya memgatakan bahwa Uskup harus sebagai yang mengkonfigurasikan dirinya sebagai titisan yang disamakan dengan Yesus Kristus,serta siap berjuang sampai mati disalibkan,kemudian anak manusia datang untuk dilayani melainkan untuk melayani dan menyerahkan nyawanya bagi domba-dombanya.

Di ujung homilinya mengatakan makna dari ibadah kita hari ini adalah setia kepada tahta suci yaitu Uskup tidak akan menjadi uskup tanpa dipersatukan dengan Paus dan seorang imam tanpa di ikhranasikan kepada suatu paroki atau gereja.Tuhan kuatkan,perbaharui imamat kami masing-masing.

Setelah homili selesai dilanjutkan dengan Pengakuan iman dan sumpah setia Uskup Agung yang baru Mgr Kornelius Sipayung OFMCap dihadapan tahta suci yang diwakili Duta Vatikan Indonesia dalam hal ini Uskup Agung Medan yang baru diangkat oleh Sri Paus menjadi Uskup agar dapat ditahbiskan menjadi Uskup.

Sebagai rangkaian akhir acara ibadah sore meriah yaitu dilanjutkan dengan ramah tamah bersama umat serta rombongan Duta Vatikan Indonesia Mgr Piero Pioppo dan uskup seluruh Indonesia dan undangan dijamu Gubernur Sumatera Utara di rumah dinas Gubernuran.

Pihak keamanan dalam hal ini TNI dan Polri serta dari Dinas Perhubungan sungguh luar biasa ektra dalam mengamankan lokasi serta lalu lintas demi lancarnya acara Ibadah Sore Meriah yang dilaksanakan di Gereja Katedral Medan. (MH - Gideon Manik).








Add caption








Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar