Home » » Presiden Joko Widodo Resmikan Penataan Huta Siallagan Tertata Rapi Dan Berkelas

Presiden Joko Widodo Resmikan Penataan Huta Siallagan Tertata Rapi Dan Berkelas

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Kamis, 03 Februari 2022 | Februari 03, 2022

Saat Presiden RI Joko Widodo memberikan kata sambutan di Huta Siallagan Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara.

JAMBI, MH - Presiden RI  Joko Widodo meresmikan penataan kawasan Huta Siallagan Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Preovinsi Sumatra Utara, Rabu (2/2/2022). 

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi upaya yang telah dilakukan guna mempercantik salah satu bagian dari daerah wisata Danau Toba itu. Saat ini, Huta Siallagan tampak jauh lebih baik, menarik, tertata rapi, dan berkelas. 

"Saya bersyukur hari ini (Rabu, 2/2/2022) bisa melihat bahwa Huta Siallagan beserta lingkungan sekitarnya sudah direvitalisasi, sudah ditata kembali. Upaya ini kita harapkan selain untuk konservasi adat budaya, juga untuk destinasi pariwisata yang sangat, sangat, sangat menarik, tertata rapih, dan memiliki kelas," ujar Jokowi dalam sambutannya saat peresmian.  

Sebelumnya, pada tahun 2019 yang lalu, Kepala Negara juga pernah berkunjung ke Huta Siallagan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Menurut Presiden Jokowi sapaan akrabnya, sebelum direvitalisasi, kawasan itu terlihat berantakan dan dipadati oleh bangunan modern sehingga mengurangi nilai keindahan yang ada. 

"Jadi di kawasan Huta Siallagan ini dulunya di sekitar, di sekelilingnya sangat penuh, padat dengan rumah - rumah modern," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.. 

Berdasarkan data Kementerian PU-Pera, penataan kawasan Huta Siallagan di lahan seluas 11 ribu meter persegi dilakukan pada kurun 2020 - 2021 dengan biaya sebesar Rp 30 miliar. Penataan yang dilakukan meliputi revitaliasi Rumah Bolon Eksisting, Ekstensi Rumah Bolon, Rumah Bolon Baru, pusat suvenir, Batu Persidangan, Sopo Anting, hingga sarana dan prasarana pendukung lainnya.  

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut menyerahkan bantuan langsung tunai kepada para pedagang cendera mata dan suvenir yang ada di kawasan Huta Siallagan.  

"Terima kasih Bapak Presiden atas bantuan yang kami terima. Mudah - mudahan ini saya dapat pakai untuk mengembangkan usaha, membeli barang, supaya kios tempat saya bekerja dapat lebih bagus lagi untuk mendukung anak - anak saya yang masih sekolah," ucap Herka Siallagan salah satu pedagang ulos di kawasan Huta Siallagan.   

Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, ,Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong