Home » , , , , » Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing Hadiri Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi

Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing Hadiri Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Jumat, 16 Maret 2018 | Maret 16, 2018


Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing beserta istri Disambut Dengan Tarian Sekapur Sirih Saat mengadiri Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Minggu 11 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar 


Bersama Untuk Menyumbang

MHO, Jambi-Awan mendung menyelimuti Kota Jambi, dari pagi hingga siang, bahkan hujan turun dengan derasnya, membasahi Kota Jambi saat itu. Hal ini membuat hubungan antara alam dengan penghuninya kurang bersahabat. Namun bagi warga Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Syalom Jambi beserta undangan lainnya tidak menyurutkan hati mereka untuk datang ke Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Sabtu-Minggu 10-11 Maret 2018 lalu. 

Mereka datang dengan penuh semangat tanpa memperdulikan dinginnya cuaca, bahkan jalan menuju lokasipun becek, mereka lalui  bersama dengan  semangat kebersamaan. 


Anak – anak  Sekolah  Minggu berbaris  dengan teratur lengkap dengan pakaian “Ulos Batak”, dengan gaya yang lucu dan sopan mereka dipersiapkan untuk menyambut  kedatangan Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing beserta istri. Ketika Ephorus sampai di lokasi mereka dengan serentak mengucapkan, “Hidup HKBP!!!  Horas Ompung Ephorus!!’’.

Pantauan  Majalah Holong Online, dari jalan aspal  menuju ke lokasi Gereja HKBP Syalom Jambi  kurang lebih 1 Km  masih  jalan timbunan tanah, disamping medannya naik turun. Hal ini perlu perhatian Pemerintah Kota  Jambi ke depan.  Gereja HKBP Syalom Jambi  yang berada di Jalan Sungai Bleren, RT 19 Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi luas arealnya 2,6 Hektar.
Photo Kenangan
Sementara luas bangunan  Gereja 20 Meter  X  30 Meter. Tempat ini sangat indah, nyaman, asri dan alami, sepanjang mata memandang di lokasi gereja tersebut  terlihat pepohonan yang hijau, tumbuh dengan subur.

Membawa Silua (Oleh-Oleh)

Perhelatan Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi ini dilaksanakan,  selama dua hari berturut-turut Sabtu-Minggu 10-11 Maret 2018. Dihadiri ribuan warga jemaat Kristiani Kota maupun yang bermukim di Kabupaten dalam lingkup Provinsi Jambi. Termasuk dalam komunitas  Punguan Marga-marga mereka “Bersama Untuk Menyumbang”, hal ini perlu diapresiasi, karena sama-sama memberikan yang terbaik bagi kemuliaan nama Tuhan. 

Setiap warga jemaat yang membawa  silua untuk dilelang diserahkan ke meja panitia yang telah disiapkan. Sebelum acara hiburan sekaligus menyerahkan sumbangan ke Panitia terlebih dahulu diadakan Kebaktian yang dipimpin langsung Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing, liturgis disampaikan Pdt Hantus Hutapea, STh,MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi sementara  untuk warta jemaat disampaikan oleh Pdt Lisker Sinaga, STh selaku Pimpinan Jemaat HKBP Syalom Jambi. 

Panitia Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Minggu 11 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar.
 Selama kebaktian berlangsung lagu-lagu pujian dinyanyikan  lewat Koor Persekutuan Perempuan Distrik (PPD) HKBP Distrik XXV Jambi, Koor HKBP Pelabuhan Dagang, Koor Wijk Telanaipura HKBP Jambi dan Koor Naposo HKBP Syalom Jambi. 

Acara dilanjutkan dengan manortor rombongan Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus DR Darwin Lumbantobing bersama istri, Praeses HKBP Distrik XXV Jambi Pdt Hantus Hutapea bersama istri, Pdt Lisker Sinaga, STh bersama istri Pimpinan Jemaat HKBP Syalom Jambi, Pdt Manuarang Hutabarat, STh bersama istri mantan Praeses HKBP Distrik XXV Jambi dan Ketua Panitia St D Simarmata, SH MH bersama istri. 

Lelang Dasi Ephorus

Ketika acara manortor dimulai suasana semakin meriah dan semarak mereka manortor bersama sembari memberikan saweran. Lagu-lagu pujian dan lagu-lagu lawas Batak berkumandang dalam acara ini, berjam-jam lamanya mereka manortor tidak merasa lelah dan bergembira sambil berjoget  mengikuti alunan Granada Musik beserta penyanyinya. 
Pdt Lisker Sinaga STh saat Mangolopo Drs Robert Butarbutar saat Pesta  Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Minggu 11 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar.
Setelah acara ini dilanjutkan dengan lelang, Dasi yang  sedang dipakai Pucuk Pimpinan  HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing di lelang secara gotong royong.  Juru lelang di perankan oleh St TM Sihite. Paling seru  dalam acara lelang ini para hadirin memberikan tawaran yang berbeda-beda, sesi ke dua para hadirin memberikan tanpa menyebut nilai nominalnya. 
Keluarga Penatua (Pnt ) Tiopan Purba, BBA / br Simamora yang sehari-hari melayani di gereja GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Jemaat Khusus Jambi Kota juga mantan Calon DPD Provinsi Jambi Pemilu 2014 lalu itu menyerahkan “Tudu-tudu Sipanganon” kepada Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing beserta istri pada Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Minggu 11 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar
Lelang ini dimenangkan oleh Keluarga Silalahi,  urutan ke dua dimenangkan Keluarga Penatua( Pnt ) Tiopan Purba, BBA / br Simamora yang sehari-hari melayani di gereja GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Jemaat Khusus Jambi Kota. Tiopan Purba, BBA merupakan mantan Calon DPD Provinsi Jambi Pemilu 2014 lalu. 

Untuk pemenang lelang ke dua  ini panitia mempersiapkan “Tudu-tudu Sipanganon” dan bagi pemenang langsung menyerahkan kepada Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing. Hal ini pun Keluarga Pnt Tiopan Purba,BBA / br Simamora menyerahkan langsung kepada  Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt.DR Darwin Lumbantobing dan istri.

Bersama Untuk Menyumbang    

Acara makan  bersama dilanjutkan, para panitia dengan telaten melayani  semua para undangan yang hadir, sekaligus dilaksanakan lelang silua.  Untuk menyemarakkan suasana sekaligus menyerahkan tuppak ke Panitia, mereka disambut dengan manortor oleh Panitia, lagu-lagu pujian maupun lagu-lagu hits Batak berkumandang diacara ini, Granada Musik kembali memperlihatkan  keahliannya, dan penyanyi menyanyikan dengan suara merdu dan manis. 
Anak Sekolah Minggu Menyambut Kedatangan Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing beserta istri pada Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Minggu 11 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar

Terlihat makna kebersamaan, kekeluargaan menyatu di antara mereka. Dan saling memberikan saweran antara yang satu dengan yang lain, sehingga  Motto “Bersama Untuk Menyumbang” dapat mereka abadikan  dengan hati yang tulus dibarenge dengan raut wajah yang berseri-seri, memperlihatkan kebahagiaan menyatu dengan mereka. Agar Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi ini dapat terwujud secepatnya.

Hal ini pun terucap dari Ketua Panitia St D  Simarmata, SH MH yang juga dosen Universitas Jambi itu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh warga jemaat maupun punguan – punguan marga yang ikut berpartisipasi dalam pembangunan gereja ini.

Suami boru Hutagalung ini  menyatakan atas partisipasi Bapa / Ibu dan seluruh yang hadir  pada Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi ini,  kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat yang berkelimpahan pada kita semua. 

Berkat Tuhan 

Majalah Holong Online menghampiri  Op Christin Simarmata  warga jemaat Gereja HKBP Syalom Jambi dan sebagai saksi sejarah dalam perjalanan pembangunan gereja ini.  Mengajak untuk berbincang-bincang ,  dengan perasaan senang bercampur bahagia menyatakan puji Tuhan ternyata Gereja  HKBP  Syalom Jambi ini dapat berdiri disini yang walaupun baru tahap  Peletakan Batu pertama beberapa minggu yang lalu.  Semuanya adalah karena berkat Tuhan,  ujarnya dengan nada senang. 

Dikatakan lebih lanjut, Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi ini  sangat istimewa mengingat panjangnya pergumulan yang kami alami,  selama 20 tahun kami menjalankan kebaktian atau beribadah di gereja HKBP Aur Duri RT 12 Penyengat Rendah terpaksa kami tinggal. 
Remaja HKBP Penari Tarian Sekapur Sirih.
“Namun karena Iman, kasih dan pengharapan kami warga jemaat tabah, dibalik ketabahan kami itu Tuhan memberikan berkat  dan anugerah, melalui Pemerintah Kota Jambi telah menerbitkan  IMB (Izin Mendirikan Bangunan) pada tanggal 9 Agustus 2017 yang lalu,” ujarnya. Dikisahkannya, ketika Gereja HKBP Aur Duri disegel oleh Pemerintah Kota Jambi, karena ada gejolak dari masyarakat setempat, warga jemaat mengadakan kebaktian menggunakan teratap.

Disamping merekapun beberapa kali mengadakan kebaktian di Aula Kantor Wali Kota Jambi yang di fasilitasi  Pemerintah Kota Jambi. “Untuk itu kami harapkan partisipasi semua jemaat Kristen yang ada di Kota Jambi maupun yang bermukim di Kabupaten dalam lingkup Provinsi Jambi ini, bahkan kami harapkan sumbangan dari segenap umat Kristiani yang ada di Indonesia ini, ungkapnya dengan nada memohon,” sebutnya.

Agar pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi ini dapat terwujud secepatnya. Sehingga pelayanan kepada kami warga jemaat semakin meningkat, ujarnya penuh harap.  Diakhir perbincangan  suami boru Sihaloho ini  menyatakan  bahwa semua yang  kita  persembahkan  adalah untuk kemuliaan  bagi  nama Tuhan, ungkap putra kelahiran Manda Kabupaten Samosir ini.

Dihadiri Pjs  Walikota Jambi

Ketika acara sedang berlangsung Pjs  Walikota Jambi Ir Muhammad Fauzi hadir bersama Camat Telanaipura, Camat Alam Barajo dan Lurah Bagan Pete, mereka pun disambut panitia bahkan para warga jemaat turut juga menyambut rombongan. Dengan penuh bersahabat Pjs Walikota  Jambi bersama rombongan menyalami para hadirin. Pemandu acara mengucapkan Selamat Datang kepada Pjs Walikota bersama rombongan.

Mengawali kata sambutan Pjs Walikota Jambi, menyatakan Selamat Datang Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing beserta rombongan di Kota Jambi. “Marilah kita panjatkan puji dan syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmat dan karuniaNya sehingga kita semua dapat hadir dalam rangka Kegiatan Pengumpulan Dana Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi dan Ibadah Raya, semoga selalu dalam lindunganNya,” katanya.

“Selanjutnya saya, atas nama Pemerintah Kota Jambi mengucapkan selamat terhadap pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi. Semoga rencana pembangunan dapat terlaksana dengan cepat sehingga pelayanan kepada jemaat dapat semakin meningkat. Semua masalah dan tantangan pasti dapat diselesaikan apabila semua pihak saling mendukung,”  ujarnya disambut dengan gembira sembari tepuk tangan yang membahana dari seluruh hadirin.

Menjalin Persatuan dan Kesatuan

Dikatakan, salah satu hal yang bisa membanggakan, Kota Jambi adalah salah satu contoh bagaimana keragaman suku, agama dan ras dapat hidup harmonis dan berdampingan, tanpa adanya gesekan yang berarti. 

“Untuk itu saya mengajak kepada tokoh agama dan umat Kristiani menjalin persatuan dan kesatuan antar umat Kristiani maupun dengan umat agama lain dan kita junjung tinggi toleransi, agar terwujud tatanan kehidupan masyarakat Kota Jambi yang aman,tentram,damai dan kondusif,” sebutnya. 

Umat Kristiani di Kota Jambi khususnya, telah memberikan kontribusi yang nyata dalam membangun  Kota Jambi, salah satunya mendorong pertumbuhan perekonomian yang cukup tinggi. Peran ini jangan pernah surut dan tetaplah proaktif dalam berbagai upaya untuk membangun demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat, katanya penuh harap.

Diakhir kata sambutannya dia mengucapkan Selamat melaksanakan Ibadah Raya, semoga dapat memberikan semangat dan harapan baru, untuk membangun hari esok yang lebih baik bagi kita, bagi seluruh masyarakat Kota Jambi untuk membangun daerah dan bangsa tercinta, ungkapnya sambil mengucapkan horas dan salam sejahtera bagi kita semua.

Persembahan Melalui Ulos Doa

Acarapun dilanjutkan dengan menyematkan Ulos kepada warga jemaat oleh Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt. DR Darwin Lumbantobing bersama istri.  Hal inipun sangat disambut  mereka dengan senang hati dan penuh gembira. Terlihat ketika ulos disematkan kepada mereka  wajah ceria  dan senyum menghiasi keberadaan mereka. Ratusan ulos yang disematkan kepada mereka.
Panitia Penerima Bahan Lelang (Silua).
Pertanda bahwa mereka ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi. Disamping ulos Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt. DR Darwin Lumbantobing juga menyerahkan Alkitab yang langsung ditandatangi oleh Ephorus.

Ketika Majalah Holong Online mengajak berbincang-bincang dengan Pdt Lisker Sinaga, STh Pimpinan Jemaat  Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, menyatakan bahwa luas semua lokasi Gereja HKBP Syalom Jambi ini 2,6 Hektar. 

Dikatakan bahwa IMB (Izin Mendirikan Bangunan) telah dikeluarkan Pemerintah Kota Jambi pada tanggal 9 Agustus 2017  dengan SK Walikota Jambi : 511.3/10550/15.71.09.1004/DPMPTSP/2017. 

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi pada tanggal 3 Februari 2018 oleh Pemerintah Kota Jambi, melalui Sekretaris Daerah  Kota Jambi (Sekda) yang didampingi Kepala Kesbangpol Kota Jambi Lipan Pasaribu, SH. 

Turut juga hadir dalam acara ini Praeses HKBP Distrik XXV Jambi Pdt Hantus Hutapea, STh,MM, Pdt Lisker Sinaga,STh Pimpinan Jemaat  HKBP Syalom Jambi, Ketua Panitia Pembangunan St Dimar Simarmata,SH MH dosen Universitas Jambi para sintua dan undangan lainnya.

Menurut Pdt Lisker Sinaga, STh bahwa di lokasi ini akan dibangun rumah dinas Pendeta, rumah  penjaga gereja,Gedung Pertemuan, Waserda (Warung Serba Ada)  Sembako berbentuk Koperasi dan juga direncanakan Pembangunan gedung sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA, ungkap suami boru Sihombing ini.  

Untuk itu kami mengharapkan sumbangan dari berbagai pihak agar apa yang kami rencanakan dapat terealisasi dengan baik, kiranya Tuhan memberikan berkat kepada kita semua Amin!!!, ujarnya mengakhiri. Acarapun berakhir dengan lancar dan sukses. (MH-Fendi Sinabutar)


Suasana Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Sabtu 10 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar

Suasana Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Sabtu 10 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar

Suasana Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Minggu 11 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar

Suasana Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Minggu 11 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar





Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Dohot Boruna Se Kota Jambi Nahumaliangna Saat Manortor di Pesta Pembangunan Gereja HKBP Syalom Jambi Distrik XXV Jambi, Sabtu 10 Maret 2018 lalu. Photo Drs Fendi Sinabutar





 
NO: REK. BTN  0003-8013-0000-5838
A.N  Panitia Pembangunan HKBP Syalom Jambi.


 


Pesta Pembangunan HKBP Syaloom Jambi.
Dikirim oleh Asenk Lee Saragih pada 15 Maret 2018
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong