Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Memaknai Partangiangan Pesta Bona Taon Loho Raja Se Kota Jambi

Partangiangan Pesta Bona Taon 2018 Punguan Loho Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Dohot Nahumaliangna
 
Punguan Pomparan Loho Raja (keturunan Raja Silahisabungan anak pertama), Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna. Perayaan dilakukan Sabtu, 3 Maret 2018 di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, dihadiri ratusan orang anggota. Photo2: Fendi Sinabutar.
MHO, Jambi-Partangiangan Bona Taon Punguan Marga merupakan acara rutin, tetapi tidak sekedar mengadakan pesta. Namun wujudnya merupakan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena anggota punguan diberkati dan dituntun selama setahun penuh.

Hal inilah yang dilakukan Punguan Pomparan Loho Raja (keturunan Raja Silahisabungan anak pertama), Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna. Perayaan dilakukan Sabtu, 3 Maret 2018 di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, dihadiri ratusan orang anggota. 

Terlihat makna kebersamaan dan  kekeluargaan diantara  mereka ketika bertemu satu sama yang lain  saling menyapa, jabat tangan, ngobrol bersama dan sebahagian di anatara mereka langsung peluk cium untuk melepas kerinduan.

Kebaktian

Di depan gedung para komisari sibuk dengan catatannya untuk mendata setiap anggota punguan yang hadir, sekaligus  menerima iuran anggota. 
Suasana Pesta Bo aTaon Punguan Pomparan Loho Raja (keturunan Raja Silahisabungan anak pertama), Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna,  Sabtu, 3 Maret 2018 di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, dihadiri ratusan orang anggota. Photo2: Fendi Sinabutar.
Hal ini dilaksanakan agar anggota punguan terdata dengan rapi, sekaligus nomor pendaftaran merupakan nomor undian untuk mendapatkan hadiah doorprize yng telah disediakan panitia antara lain Kipas Angin, Ambal dan lain-lain.

Perayaan Bona Taon ini diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt MRE Manik, STh yang sehari-hari melayani di Gereja HKBP Agave Mendalo sebagai pimpinan jemaat. Pendeta tersebut mengambil Nats Renungan dari Joh: 15,16. 

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu”.

Selama  kebaktian berlangsung  mereka dengan tekun mengikuti renungan rohani  dan bernyanyi lagu-lagu pujian. Terlebih ketika mereka menyanyikan lagu pujian  “Gok las ni roha do au” sambil mengumpulkan persembahan. Suasana semakin hikmat dan mereka pun hanyut dalam keteduhan. Doa syafaat disampaikan oleh Pdt MRE Manik, STh.

Saling Peduli

Acarapun dilanjutkan dengan makan bersama doa dipimpin oleh Pendeta, selama makan berlangsung mereka dihibur Granada Musik. Suara merdu Trionya dan alunan musik dapat mengantarkan para hadirin  untuk menikmati hidangan makanan yang telah disediakan. Terlihat pihak boru, bere, ibebere dengan telaten “Makkobasi” segala kebutuhan makanan dan semua para hadirin dapat menikmatinya dengan senang hati. 
Suasana Pesta Bo aTaon Punguan Pomparan Loho Raja (keturunan Raja Silahisabungan anak pertama), Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna,  Sabtu, 3 Maret 2018 di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, dihadiri ratusan orang anggota. Photo2: Fendi Sinabutar.
Drs T Sihaloho /Br Sijabat dan Sihaloho  sebagai pemamdu acara dapat menghidupkan suasana dan piawai merangkai kata demi kata,  membuat para hadirin senang bercampur bahagia. Ir Jhon Very Sihaloho selaku ketua panitia pesta dalam kata sambutannya menyatakan selamat datang dan selamat bertemu kembali pada acara Pesta BonaTaon 2018 ini. 

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan atas segala limpahan karuniaNya  dan kasih sayangNya kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam suasana suka cita. 

Lebih lanjut dikatakan untuk kita semua anggota  punguan  mari kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan, kesadaran saling peduli, saling mengasihi dan saling bergandeng tangan di segala kegiatan punguan  agar “Hasadaon i” dapat terukir bersama  di antara kita, ujar Caleg DPRD Kota Jambi dari PSI (Partai Solidaritas Indonesia) ini seolah berdiplomasi. 

Caleg Anggota DPRD Kota Jambi daerah pemilihan Jambi Selatan untuk tahun 2019 dari PSI ini menyatakan mohon ma’af atas segala kekurangan dari panitia pesta dan kiranyaTuhan memberikan berkat yang berkelimpahan pada kita  di sepanjang tahun 2018 ini, pungkas suami boru Sitorus ini mengakhiri kata sambutannya.
Ir Jhon Very Sihaloho Caleg DPRD Kota Jambi dari PSI (Partai Solidaritas Indonesia) dan Anggota DPRD Kota Jambi (PDIP) Maria Magdalena. Fendi Sinabutar.
Mengawali acara hiburan, panitia dan pengurus harian,  memberikan kata sambutan dan manortor. Para hadirin berjoget bersama, lagu-lagu hits Batak berkumandang mereka bersama- sama  menikmati alunan musik bahkan terkadang ikut bernyanyi sambil manortor dan berjoget ria,  berjam-jam lamanya mereka manortor tidak merasa lelah, sambil merogoh kantongnya  untuk memberikan saweran  sekaligus menambah kas punguan.

Terlihat  makna kebersamaan di antara mereka, saling menyapa, berjabat tangan, terkadang ikut bernyanyi sambil manortor dengan berbaur bersama. Kiranya kebersamaan yang mereka peragakan  bersama jangan hanya seremoni  di pesta saja. Akan tetapi dapat lebih diaplikasikan  terhadap  keberlangsungan kegiatan punguan. 

Dengan spontan terkumpul uang jutaan rupiah. Di celah-celah acara berlangsung dilakukan  penarikan hadiah hiburan dan doorprize. Acarapun semakin meriah dan semarak ketika di mulai penarikan  hadiah hiburan dan hadiah doorprize.

Di tengah berlangsungnya acara mereka kedatangan tamu istimewa Tim Sukses H.Addullah Sani – PDIP dan  Kemas Alfarizi- PAN ( Sani – Izi ) Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi  periode tahun 2018 – 2023  dengan nomor 1 Tim Sukses David Siagian, Saut Tampubolon, Antonius Sihaloho dan Maria Magdalena Tampubolon yang juga anggota DPRD Kota Jambi dari PDIP.
 
Dalam kata sambutannya menyatakan bahwa H. Addullah Sani maupun Kemas Alfarizi tidak dapat hadir karena berbagai kesibukan yang mereka lakukan. Disamping H. Addullah Sani kurang sehat karena kelelahan, mereka pun , menyampaikan mohon ma’af.

Maria Magdalena menyatakan bahwa H. Addullah Sani adalah merupakan pigur yang sederhana, religius dan NKRI sejati. Dilanjutkan bahwa H. Addullah Sani tidak mengenal adanya minoritas maupun mayoritas akan tetapi merupakan satu kesatuan yang dibingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika, ujarnya.

Dikatakan lagi mohon doa restu dan dukungannya, dan Tuhan memberkati, disambut para hadirin dengan gembira bercampur suka cita dengan mengatakaan serentak “Amin”,  jangan lupa ke TPS pada  tanggal 27 Juni 2018 dan pilih No: 1, ungkapnya dengan semangat dan disambut para hadirin dengan mengangkat tangannya   ke atas,,,, hidup,,,,,,,, H. Addullah Sani dan Kemas Alfarizi Walikota dan Wakil Walikota Jambi,,,, dengan tepuk tangan menggema.

Acarapun dilanjutkan dengan manortor dan pemberian hadiah kepada anak-anak yang berprestasi dari tingkat SD, SMP dan SMA juara I , II dan III kelas. Setelah itu perkenalan anggota baru. Acarapun berakhir dan ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan salam-salaman, mereka pun pulang ke tempatnya masing-masing dengan penuh suka cita. (Fendi Sinabutar)

Suasana Pesta Bo aTaon Punguan Pomparan Loho Raja (keturunan Raja Silahisabungan anak pertama), Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna,  Sabtu, 3 Maret 2018 di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, dihadiri ratusan orang anggota. Photo Fendi Sinabutar.

















Suasana Pesta Bo aTaon Punguan Pomparan Loho Raja (keturunan Raja Silahisabungan anak pertama), Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna,  Sabtu, 3 Maret 2018 di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, dihadiri ratusan orang anggota. Photo Fendi Sinabutar.

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar