Home » , , , , , , » Menyongsong Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia Tahun 2018

Menyongsong Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia Tahun 2018

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 14 Maret 2018 | Maret 14, 2018


Tugu Ompu Simataraja Raja Simarmata di Desa Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. IST
MHO-Perhelatan Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia Tahun 2018 mendapat sambutan antusias dari seluruh keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata se Dunia. Pesta Bolon ini akan dilaksanakan tiga hari berturut-turut dimulai pada tanggal 5 s/d 7 Juli 2018 (Kamis, Jum’at dan Sabtu ) di Desa Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Pantauan di linimasa Media Sosial seperti Facebook, Group WA sambutan dan respon seluruh keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata sangat positif.  Bahkan mereka mengapresiasi Pesta Bolon ini terkhusus gebrakan Panitia dalam mensosialisasikan rencana ini dan juga dalam pencarian dana Pesta Bolon.

Tona Hangoluan dan Poda 

Menurut panitia maksud diadakannya Pesta Bolon ini adalah untuk kegiatan kemasyarakatan yang bersifat mempererat tali silaturahmi, diantara keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata di manapun berada, sekaligus melestarikan seni Budaya Adat Istiadat Batak, termasuk sejarah ketokohan Ompu Simataraja Raja Simarmata yang tidak dapat dilupakan sepanjang masa. 

Dan juga mengingat  “TONA HANGOLUAN DAN PODA”  Ompu Simataraja Raja Simarmata yang diamanatkan kepada keturunannya. Adapun Tona Hangoluan adalah  “ Sada ma hamu tu dolok tu toruan di desa na ualu, denggan ma hamu marsiurupan, marsiiring-iringan, marsiolo-oloan, balintang ma pagabe na tinabo-taboan, arimu ma gabe ala olo hamu marsiolo-oloan, marsitungkol-tungkolan” dan Poda tu hamu Anakhu “Hamu anakhu na tolu, marsianju-anjuan ma hamu, jala rap hamu sapanganan sian tatuan na hu tinggalhon i dibagasan sada ni roha”.

Dan juga mengajak generasi muda agar mengenal tanah leluhurnya (Bona Pasogit) yaitu Kenegerian Simarmata (Desa Simarmata) yang terletak di pantai  Danau Toba yang begitu indah,nyaman dan asri. 

Termasuk warisan luhur sejarah, budaya dan Makam Tugu yang telah berdiri dan diresmikan pada tahun 1990. Panitia Pesta Bolon dengan semangatnya sosialisasi ke berbagai pelosok Tanah Air dan tidak mengenal lelah . Seiring dengan pelaksanaan Pesta Bolon panitia telah mengirimkan Proposal  pengeluaran  ke daerah-daerah. 

Ketua Panitia  John Wenson Saragih Simarmata ST,  Sekretaris Rinton Maurits Simarmata SH dan Bendahara Umum Ir Berlin Situngkir. Untuk mensukseskan Pesta Bolon ini semua daera-daerah dilibatkan  sebagai panitia.  Pesta Bolon yang menelan biaya sebesar  1 M ini, panitia mengharapkan partisipasi dari  semua keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata di manapun berada.
 
Panitia yakin dana yang telah dianggarkan akan dapat tercapai apabila diantara kita Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata ikut aktif  berpartisipasi bersama. Panitia juga menganggarkan dana untuk pemeliharaan warisan sejarah, pagelaran seni budaya (Gondang SabangunanTtradisional Batak dan partisipasi untuk pendidikan dan lingkungan .

Panitia Pesta Bolon mengambil Tema “ Tetapi aku menasehati kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu sei sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir ” (1 Korintuss 1:10). Dan Sub tema : “ Dengan diadakannya Pesta Bolon, diharapkan semua pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata  semakin maju dan cerdas untuk ikut membangun masyarakat berkualitas beriman dengan saling bergotong royong di dalam kasih “. 

Tujuan diadakannya Pesta Bolon ini adalah; 1. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan diantara seluruh pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata berdasarkan kebersamaan serta terus berjuang meningkatkan kualitas hidup, 2. Untuk mempererat rasa persaudaraan, rasa sepenanggungan atas dasar satu marga, satu nenek moyang, satu daerah untuk semua keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata, baik yang tinggal di desa na ualu. 3. Saling tolong menolon, mmembangun dan melestarikan adat istiadat  untuk memperkokoh persatuan bagi keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata. 4. Generasi muda Simataraja Raja Simarmata lebih mengenal dan mengerti lebih banyak tentang sejarah budaya dan tarombo yang telah diwariskan oleh Ompu Simataraja Raja Simarmata.

Sosialisasi di Kota Jambi

Dengan penuh semangat dan tidak mengenal lelah panitia telah sosialisasi ke berbagai daerah  tentang pelaksanaan Pesta Bolon ini dan merekapun menyerahkan Proposal pengeluaran dana. Untuk Kota Jambi panitia hadir tepat pada Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna, di Gedung Asi Ni Roha Jalan Lapangan Tembak Kota Baru Jambi Minggu 21 Januari 2018 yang lalu . 
Sosialisasi Panitia Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia saat Pesta Bona Taon di Kota Jambi.
Hadir dalam acara sosialisasi ini Ketua Panitia Pesta Bolon John Wenson Saragih Simarmata, ST, Sekretaris Panitia  Rinton M Simarmata, SH dan Sekretaris Dewan Pengurus Pusat (DPP) Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia Ir Razat Simarmata.

Dalam kata sambutannya Ketua Panitia John Wenson Saragih Simarmata, ST mengucapkan rasa terima kasihnya, karena penyambutan Dewan Penasehat, Badan Pengurus Harian maupun  seluruh anggota punguan yang hadir di Pesta Bona Taon ini begitu hangat dan penuh arti.

Manortor Bersama

Kiranya kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan yang kita rasakan pada saat sekarang dapat terjalin sepanjang masa dan kita pupuk bersama, ungkapnya penuh diplomatis. Para hadirin pun menyambutnya dengan senang hati dan gembira sekaligus mengapresiasi diadakannya Pesta Bolon ini. 

Ketua Panitia  menjelaskan apa maksud dan tujuan dialaksanakannya Pesta Bolon ini. Pesta Bolon ini dirangkai sekaligus untuk “Marsombu Sihol” diantara sesama keturunan (pomparan) Ompu Simataraja Raja Simarmata, ujarnya penuh semangat.

Namun pada intinya adalah untuk saling mempererat tali silaturahmi, saling tolong mnolong, saling mendukung untuk menciptakan yang terbaik untuk semua keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata , terlebih  rasa sepenanggungan harus melekat di dalam kehidupan sehari-hari keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata dimana pun berada  dan dapat melihat secara langsung dimana sebenarnya Tanah leluhur nenek moyang Ompu Simataraja Raja Simarmata.

Diakhir kata sambutannya, dia mengharapkan partisipasi semua anggota punguan baik secara moril maupun materil agar Pesta Bolon ini dapat sukses. Dan tak lupa Ketua Panitia mengharapkan kehadiran anggota punguan di Pesta Bolon tersebut. 

Agar anggota punguan hadir di ajang perhelatan Pesta Bolon tersebut, Ketua Panitia Pesta Bolon John Wenson Saragih Simarmata, ST dengan spontan menyumbang Rp 2.000.000,- dan langsung diberikan kepada Bendahara punguan. 

Hal inipun langsung direspon seluruh anggota punguan yang hadir, dengan tanpa komando mereka tepuk tangan bersama,,,,, dan menyatakan hidup,,,,, Panitia Pesta Bolon. Setelah selesai sosialisasi merekapun didaulat untuk manortor bersama dengan Dewan Penasehat dan Badan Pengurus Harian. Terlihat makna kebersamaan di antara mereka, saling berjoget, bernyanyi bersama mengikuti alunan musik  yang diperankan 0leh Embas Musik  sembari  memberikan saweran.  

Untuk menindaklanjuti sosialisasi Panitia Pesta Bolon tersebut, Dewan Penasehat, Badan Pengurus Harian, Ketua Wilayah dan para Komisaris mengadakan rapat pada tanggal 3 Februari 2018 di rumah Kel. Ap. Arga Simarmata / br. Simanungkalit. Dalam rapat ini disepakati bersama bahwa setiap anggota punguan memberikan tuppak minimal sebesar Rp 50. 000,- (lima puluh ribuh rupiah). 

Dan akan terkumpul akhir bulan Mei 2018 ini. Diharapkan juga adanya  sumbangan pribadi lepas pribadi. Akhir kata segenap keturunan Ompu Simataraja Raja Simarmata di manapun berada,  mari bersama untuk mensukseskan Pesta Bolon tersebut.(MH- Fendi Sinabutar).

Rekening Panitia Bank Mandiri 167-00-0231770-8 a/n Panitia Pesta Bolon Simataraja/ Berlin Silalahi/ John Wenson Kontak/WA Ir Berlin Situngkir.



 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong