Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Merajut Kebersamaan di Pesta Bona Taon Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja

Dewan Penasehat Op Hotlan Simarmata menyerahkan Photo Makam Tugu Ompu Simataraja Raja Simarmata kepada Pengurus Lama Ap Gani Simarrmata sebagai kenangan dari Punguan. Photo Drs Fendi Sinabutar.
  
Bona Taon Punguan Pomparan
Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere
Se Kota Jambi Nahumaliangna

MHO, Jambi-Bersukacita, Bersekutu, Berdoa bersama dan mengucap syukur kepada Tuhan atas segala kasih karuniaNya, sehingga dapat melangkah ke tahun 2018 ini, dalam suasana sehat-sehat. Hal inilah yang tersirat dalam makna Pesta Partangiangan Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna.
(Baca Juga: Panitia Pesta Bolon Sosialisasi di Jambi)

Perhelatan Pesta Partangiangan Bona Taon 2018 Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata diadakan di Gedung Asi Ni Roha Jalan Lapangan Tembak  Kotabaru Jambi, Minggu 21 Januari 2018 lalu. Dengan Tema “Kenakanlah Kasih Sebagai Pengikat yang Mempersatukan  dan Menyempurnakan” (Kolose 3: 14).  Acara ini dihadiri sekitar seribu orang, dengan penuh semangat mereka datang dari penjuru Kota Jambi bahkan dari luar Kota Jambi. 

Partangiangan  sekaligus ajang silaturahmi ini, merupakan tradisi Orang Batak yang rutin tiap awal tahun dilakukan. Hal ini dilaksanakan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala pertolonganNya, senantiasa menyertai semua anggota punguan untuk dapat melangkah  ke tahun 2018, yang walaupun mengalami berbagai kisah kehidupan pada tahun  2017 yang lalu.

Seremoni Kebaktian 

Ketika bertemu mereka sama-sama saling menyapa, ngobrol bersama dan berjabat tangan  dan tak lupa  mengucapkan “Selamat Tahun Baru”.  Terlihat makna kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban  di antara mereka.  

Di depan gedung, para komisaris sibuk dengan catatannya untuk mendata anggota masing-masing sekaligus diadakan daftar ulang. Nomor daftar hadir ini diundi untuk mendapatkan hadiah doorprize yang telah disediakan panitia.  

Songleader (kiri ke kanan) Ny Simarmata br Marbun, Ny Simarmata br Sitopu, Ny Simarmata br Butar-Butar sementara Organ diperankan Diny Cecilia Sinabutar.
Perayaan diawali dengan acara kebaktian yang dipimpin oleh  Pdt Deddy Sitio, STh yang sehari-hari melayani di Gereja GPIB Marturia Jambi. Liturgis diperankan Ap Arden Simarmata / br Sitopu. Renungan diambil dari Naats  Kolose 3:14. Selama kebaktian berlangsung dinyanyikan lagu-lagu pujian dengan song leader  Ny Simarmata br Marbun, Ny Simarmata br Butar-Butar dan Ny Simarmata br Sitopu,  sementara Organ diperankan Diny Cecilia Sinabutar.

Ketika lagu “Bila Ku Lihat Bintang Gemerlapan” KJ No: 64  mereka menyanyikan dengan penuh hikmat dan semangat karena lagu ini mengambarkan betapa besar ciptaan Tuhan sekaligus mengumpulkan persembahan. Doa syafaat dipanjatkan  oleh Ap Gani Simarmata / br Marbun.

Sosialisasi  Pesta Bolon

Setelah selesai kebaktian dilanjutkan dengan makan bersama. Doa dipimpin oleh Pdt Deddy Sitio, STh. Suasana semakin meriah dan semarak, takkala Embas Musik menyanyikan lagu-lagu lawas Batak dengan manis. 
Sosialisasi tentang perhelatan pelaksanaan Pesta Bolon yang akan kita laksanakan  pada tanggal 5 s/d 7 Juli 2018 di Bona Pasogit Desa Simarmata Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara.
Alunan musik yang apik  dengan suara penyanyi Trionya dapat memukau para hadirin.  Senandung lagu  “ Poda Nauli” dapat mengantarkan hadirin  untuk menikmati makanan  yang telah dihidangkan.

Dengan penuh telaten Panitia dan pihak Boru, Bere dan Ibebere  melayani para hadirin. Doa selesai makan  disampaikan oleh Pdt Deddy Sitio, STh. Acarapun dilanjutkan, protokol oleh Ap Kevin Simarmata / br Butar-Butar.  Hadir dalam acara ini Panitia Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna se Indonesia. 

Ketua Panitia John Wenson Saragih Simarmata, ST, Sekretaris Panitia Rinton M Simarmata, SH dan Sekretaris  Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia Ir Razat Simarmata. 

John Wenson Saragih Simarmata, ST dalam kata sambutannya menyatakan rasa terima kasihnya atas penyambutan mereka sampai di Kota Jambi ini yang begitu hangat, dan penuh rasa persaudaraan. Lebih lanjutkan dikatakan merasa kagum begitu melihat tertibnya acara ini, termasuk tata kelola administrasinya yang baik dan rapi, ungkapnya dengan nada senang. 

Suasana Panortoron Pengurus Terpilih.
Dia pun mengutarakan kedatangan mereka adalah untuk sosialisasi tentang perhelatan pelaksanaan Pesta Bolon yang akan kita laksanakan  pada tanggal 5 s/d 7 Juli 2018 di Bona Pasogit Desa Simarmata Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara. 

Untuk itu dia mengharapkan dukungan dari seluruh anggota punguan yang ada di Kota Jambi ini, termasuk yang bermukim di daerah Kabupaten  Provinsi Jambi. Dia berharap agar pomparan ni Ompu Simataraja Raja Simarmata yang ada di Kota Jambi maupun yang ada di Kabupaten, untuk ikut serta mensukseskan perhelatan Pesta Bolon tersebut. 

Pesta Bolon ini sekaligus  merupakan ajang silaturahmi di antara Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dan diperkirakan dihadiri sekitar 3.000 orang yang datang dari penjuru Tanah Air Indonesia. 

Dengan spontan Ketua Panitia memberikan  Rp 2.000.000,- kepada punguan sebagai tanda terima kasih, agar anggota punguan  ikut  serta pulang kampung ke Bona Pasogit untuk mensukseskan Pesta Bolon tersebut, para hadirinpun menyambut dengan penuh semangat di barenge dengan tepuk tangan yang membahana.

Hal inipun diapresiasi anggota punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot  Nahumaliangna.  Dewan Penasehat Punguan maupun Badan Pengurus Harian dan Ketua Wilayah sepakat bahwa seluruh anggota punguan memberikan tumpak minimal Rp 50.000,- ( lima puluh ribuh rupiah). Disamping sumbangan pribadi lepas pribadi.

Pergantian Pengurus

Merekapun melanjutkan dengan kata sambutan sekaligus manortor mulai dari Dewan Penasehat, Panitia Pesta Bona Taon 2018, Badan Pengurus Harian, mewakili Hula-hula, Boru, Bere dan Ibebere. Ketika lagu  Pulo Samosir dinyanyikan suasana semakin meriah dan semarak, sambil berjoget ria  mengikuti alunan musik terkadang ikut bernyanyi, mereka peragakan bersama.
Diny Cecilia Sinabutar.

Lagu-lagu hits Batak berkumandang dalam acara ini, tak ketinggalan merekapun merogoh kantongnya untuk memberikan saweran, seketika itu terkumpul dana jutaan rupiah. Hal ini dilakukan untuk menambah kas punguan.Ketua Pesta Partangiangan    Bona Taon 2018 Ap Boni Simarmata / br Sinaga.

Ditengah-tengah berlangsungnya acara diadakan penarikan hadiah hiburan maupun hadiah doorprize  yang telah disediakan panitia . Acara pun semakin meriah tatkala pemandu acara piawai merangkai kata demi kata  yang diperankan Ap. Kevin Simarmata / br  Butar-Butar. 

Pesta Bona Taon 2018 ini merupakan berakhirnya periode kepengurusan punguan (Periode Tahun 2012 s/d 2018 Ketua Umum Ap Gani Simarmata / br Marbun, Ketua 1 Ap Frengky Simarmata / br Pasaribu, Ketua 2 Ap Arga Simarmata / br Simanungkalit, Sekretaris Ap Diny Sinabutar / br Simarmata dan  Bendahara Ap Vera Sinabariba / br Simarmata ).

Pohon Bambu Berdaun Rupiah

Dewan Penasehat memberikan gambar Makam Tugu Ompu Simataraja Raja Simarmata kepada Ketua  Umum Ap Gani Simarmata / br Marbun sebagai tanda kenangan  dari punguan atas kepemimpinya selama  2 periode.Terpilih sebagai Ketua Umum Ap Frengky Simarmata. Ketua 1 Ap Iin Simarmata / br Manullang dan Ketua 2 Ap Hesty Simarmata / br Manik, Sekretaris HE Limbong / br Simarmata dan Bendahara Ap Diny Sinabutar / br Simarmata.

Paling seru dan semarak pada acara Pesta Bona Taon 2018 ini, panitia wilayah II menyumbang  untuk menambah kas punguan diberikan dengan “Pohon Bambu Berdaun Rupiah”, dimana setiap ranting diselipkan uang. Dan juga mereka membawa beberapa jenis minuman antara lain Bir, Fanta, Sprite dan buah, mereka menyerahkan sambil manortor.  

Untuk  anak - anak yang meraih prestasi Juara I, II dan III di sekolah mulai tingkat SD s/d SMA punguan memberikan hadiah, hal ini dilakukan untuk memacu anak-anak  belajar dan belajar. Acarapun selesai  dan ditutup dengan doa , mereka saling salam–salaman  dan  pulang ke tempat masing-masing, dengan penuh suka cita. (MH-Fendi Sinabutar) 
Panitia Pesta Bersama Penasehat.

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar