Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Paskah Obor Nasional Tahun 2018 di Tano Batak

Liputan Khusus di Jambi
(Foto kiri) Ketua Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional  Tahun 2018 Jhon Simamora mengabadikan Obor Paskah Nasional dengan Robert Pasaribu AMd (Koordinator Dana Panitia Jambi). Foto Kanan : Ketua Panitia Jambi Dimar Simarmata SH MS menyerahkan Obor kepada Pendeta GSJA Jambi Widiarto,  Sabtu, 7 April 2018.Panitia

MHO, Jambi-Bagi orang yang percaya Kepada Tuhan Yesus Kristus akan menikmati berkat yang tidak berkesudahan, kuasa dan kasihNya dilimpahkan dengan tidak terbatas. Tuhan berjalan di depan kita, bagaikan Paling Perang, mengalahkan kematian. Dia bangkit dari kematian untuk kehidupan yang sebenarnya. Patut kita syukuri Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 yang singgah di Provinsi Jambi, Sabtu (7/4/2018) menyalah di tengah masyarakat, mempersatukan, mempersekutukan dan menggerakkan masyarakat agar hidup rukun dan damai.

Panitia Kirab Obor Paskah Nasional  tahun 2018 Daerah Provinsi Jambi menyambut Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional di perbatasan Kota Jambi Sabtu, 7 April 2018. Dengan penuh semangat dan bertanggung jawag Panitia yang di ketuai Dimar  Simarmata, SH MS beserta seksi-seksinya  langsung menyambut kehadiran rombongan di batas Kota Jambi Pal X Kotabaru Jambi. 
(Baca Juga: Sekda Provinsi Jambi Apresiasi Kirab Obor Paskah Nasional)

(Baca Juga: Inilah Persiapan Panitia Jambi Menyambut Kirab Obar Paskah Nasional di Jambi) 
 

Ketika rombongan tiba  mereka salam-salaman dibalut dengan rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Dan merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas segala penyertaanNya mereka sampai di Jambi dengan selamat dan sehat-sehat.

Prosesi Penyerahan Obor Paskah Nasional

Kemudian,Panitia-pun membawa rombongan ke Gereja Sidang Jemaat Allah Kotabaru Jambi. Setelah tiba di  halaman Gereja itu, diadakan prosesi penyerahan Obor Paskah. Ketua Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 Jhon Simamora menyerahkan  Obor Paskah Nasional tersebut kepada Ketua Panitia Daerah Provinsi Jambi Dimar  Simarmata, SH MS yang juga Dosen Universitas Jambi dan seterusnya diserahkan kepada Pendeta Widiarto selaku Pimpinan Gereja GSJA Jambi tersebut.



Seterusnya Panitia bergantian untuk memegang Obor Paskah tersebut sekaligus diabadikan. Selanjutnya dibawa ke dalam Gereja. Merekapun Berdoa bersama dipimpin  Pendeta Widiarto. 

Obor Paskah Nasional diinapkan di Kantor Kesbangpol Kota Jambi. Rombanganpun  diantar ke tempat penginapan Hotel Victori kawasan Kebun Handil. Panitia juga mengajak rombongan untuk makan malam bersama di Rumah Makan Aneka Sari kawasan Beringin. Sekaligus untuk ramah tamah dengan  DR Henry P Panggabean, SH MS yang juga Ketua DPP KERABAT (Kerukunan Masyarakat Batak) dan juga sebagai pengamat Hukum dan Adat.

Perayaan Paskah Nasional  tahun 2018 ini, digelar di Tano Batak dan  dipusatkan di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di kawasan Danau Toba Balige Kabupaten Tobasa (Toba Samosir). Perayaan Paskah juga digelar di 8 Kabupaten yang mengeliligi Danau Toba  ( Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Simalungun, Karo dan Kabupaten Pakpak Barat).
Panitia Jambi (Ir DJ Marpaung MSc, Sintong Aritonang, Hotman Sitanggang SH, Robert Pasaribu AMd, Ny DJ Marpaung Br Simanjuntak, Dr Rosinta Norawati, Dimar Simarmata SH MS, Pol Sihombing, Ir Dopang Tambunan) Saat Melakukan Penjemputan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional di batas Kota Jambi, Sabtu (7/4/2018).

Pimpinan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 Pdt Dr Alma Shephard Supit  menyatakan bahwa Perayaan Paskah tahun ini sangat berbeda  dari tahun –tahun sebelumnya dan menjadi simbol dari toleransi umat beragama  di Indonesia, dimana Ketua Umum Panitianya dipimpin oleh seorang non Kristen.

Beliau adalah muslim  namanya  Brigjen TNI (Pun) Dr Hj Nurhalijah Marpaung, MH. Beliau adalah Wakil Gubernur Sumatera Utara. Dia mengatakan, tujuan dari pemilihan warga non Kristen ini adalah kita ingin menunjukkan bahwa kita berjiwa besar  bisa bekerja sama dengan umat lain dan memiliki kebhinnekaan yang tinggi.

“Beliau bersedia menjadi Ketua Umum bahkan beliau langsung yang berkoordinir delapan Kabupaten di Sumatera Utara, yang terletak di sekitar Danau Toba. Dimana akan menjadi lokasi Perayaan Paskah Nasional Tahun 2018,” ungkapnya. 

Seyogyanya Perayaan Paskah Nasional Tahun 2018 ini hanya di laksanakan di 7 Kabupaten Provinsi Sumatera Utara, namun atas usul Ketua Umum Panitia Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhalijah Marpaung, MH, Kabupaten Pakpak Barat harus diikutsertakan.

Ketua Umum Lembaga Paskah Nasional Pdt Dr Alma Shephard Supit menyatakan bahwa  Tema Perayaan Paskah Nasional Tahun 2018 adalah “Karya Terbesar”  Yohannes 3 : 16   “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”   dan Subtema: “Merawat Ciptaannya”.

Ramah Tamah

Panitia bersama rombongan  dan juga DR Henry P Panggabean,SH MS beribadah di Gereja GPIB Jemaat Marturia Jambi. Dengan penuh kekeluargaan dan persaudaraan sembari senyum  para jemaat GPIB langsung menyalami Panitia dan Rombongan, tempat duduknyapun telah dipersiapkan. 

Setelah selesai Ibadah Kebaktian Minggu 8 April 2018, Panitia dan Rombongan langsung menuju Rumah Keluarga Bapak  Hotman Sitanggang, SH dan ibu Boru Nainggolan  seksi Akomodasi dan Perlengkapan  di samping Kantor Walikota Jambi, untuk makan siang bersama.

Suasana menyejukkan, nyaman dan  asri, ruangan  terbuka yang ditata dengan rapi dan angin berhembus sepoi-sepoi, lengkap dengan kolom ikan. Tampak ikan – ikan yang ada di kolom tersebut menari - nari seolah - olah   ikut bersuka cita atas singgahnya Kirab Obor Paskah Nasional tahun 2018.

Sekaligus menjadi saksi bisu bagi pertemuan antara  Rombongan, termasuk Dr Henry P Panggabean, SH MS dengan Panitia Daerah Provinsi Jambi. Merekapun berbaur bersama, gelak tawa mewarnai pertemuan ini. Setelah selesai makan mereka pun saling memperkenalkan diri antara yang satu dengan yang lain, yang dipandu oleh Ir Ampera Sirait. 

Semakin menarik dan semarak  di dalam pertemuan ini, tatkala AKBP Senopsa Sihotang,SE Koordinator Keamanan  yang bertugas di Polda Jambi didaulat untuk menyumbangkan suara emasnya. “Poda Ni Dainang” lagu andalannya dapat dinyanyikan dengan manis dan apik. 

Dan juga lagu-lagu lawas Batak berkumandang dalam acara silaturahmi ini. Merekapun  dapat menikmati lagu tersebut dengan senang hati. Ir Dopang Tambunan  Seksi Tamu juga menyumbangkan suaranya berduet dengan DR Rosinta  Norawati, MA Bendaraha Panitia. 

Sintong M Aritonang seksi Penyambutan, turut juga menyumbangkan suara emasnya  dan  pemandu acara  Ir Ampera Sirait seksi Pemberangkatan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional dari Jambi menuju Provinsi Riau ini  menyumbangkan suaranya. 

Setelah selesai ramah tamah mereka langsung menuju Kantor Gubernur Provinsi Jambi untuk memonitor persiapan acara Senin 9 April 2018 yaitu Penyambutan dan Pelepasan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional oleh Gubernur Provinsi Jambi.

Seremoni Ibadah

Panitia bersama rombongan makan malam di Restoran Mentari kawasan Murni Kota Jambi, sekaligus mengantar rombongan ke Hotel Victory. Robert Pasaribu, AMd seksi Koordinator Dana menjemput Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional ke Hotel Victory sekaligus mengajak mereka untuk serapan pagi.  

Moment Saat Ibadah di GSJA Jambi, Senin (9/4/2018).
Rombongan langsung menuju Gereja Sidang Jemaat Allah Kotabaru Jambi untuk ibadah bersama sebelum berangkat menuju Kantor Gubernur Provinsi Jambi. 

Sementara untuk menjemput Ketua Umum Lembaga Paskah Nasional Pdt Dr Alma Shephard Supit bersama ibu oleh Sintong M Aritonang ke Bandara Sultan Thaha. Ibadah dipimpin Pendeta Tohap Hutasoit STh. Pendeta mengambil Nast Injil Yakobus 4 : 10 ”Rendahkanlah dirimu dihadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu”. 

Dalam waktu yang relatip singkat diadakan seminar di Aula Kesbangpol Kota Jambi sebagai nara sumber DR Henry P Panggabean,SH MS  yang juga Pemgamat Hukum dan Adat, Ketua Umum DPP Kerabat (Kerukunan Masyarakat Batak) dengan judul “Prospek Economic Creative Desa Dalam Sistim Pemerintahan Desa Adat Berbasis Kekerabatan Marga/Desa “  sesuai UU Desa No: 6 tahun 2014.

Setelah selesai acara makan bersama mereka pun berangkat menuju Kantor Gubernur Provinsi Jambi yang di kawal dengan  mobil Voureder.  Panitia dan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional disambut dengan tarian Mahasiswi Universitas Jambi Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sendratasik  pimpinan Raflesia Meirina M Sr mereka memperontonkan dua buah tarian 1. Tari Kreasi Melayu dan 2. Tari Persembahan Jambi.

Disambut Sekda Provinsi Jambi

Hujan turun dengan derasnya membasahi Kota Jambi membuat suasana menjadi dingin, namun mereka tetap semangat menunggu dan menunggu redanya hujan. Podium yang telah dipersiapkan tidak jadi dipakai. 

Protokol dari Kantor Gubernur mengajak Panitia, Jemaat dan Rombongan langsung ke dalam ruangan Kantor Gubernur, supaya acara Pelepasan dan Penyambutan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 dilaksanakan di dalam Kantor Gubernur Provinsi Jambi. 

Acara pun berlangsung dengan hikmat dan teduh  DR Henry P Panggabean sebagai tokoh adat sekaligus Ketua DPP Kerabat ( Kerukunan Masyarakat Batak )  memberikan slempang dan ikat kepala yang terbuat dari kain Ulos dan bertuliskan DPP Kerabat kepada Sekda Provinsi Jambi HM Dianto dan  perwakilan masyarakat Batak Kota Jambi. Pemandu acara di Kantor Gubernur Provinsi Jambi Suzan.

Menyematkan PIN

Penyambutan dan Pelepasan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 dilakukan oleh Sekda Provinsi Jambi didampingi oleh perwakilan dari tokoh-tokoh agama. Sekda Provinsi Jambi, Wakil DPRD Provinsi Jambi Chumaidi (PDIP), mewakili instansi lainnya dan pemuka agama  yang tergabung dalam FKUB menandatangani dan menulis kata kenangan di dalam spanduk yang telah disediakan Rombongan. 
Ketua Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional  Tahun 2018 Jhon Simamora (kiri) menyerahkan Obor kepada Sekda Provinsi Jambi H M Dianto saat Acara Penyambutan dan Pemberangkatan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 di Depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (9/4/2018). 

Ketua Umum Lembaga Paskah Nasional Pdt Dr Alma Shephard Supit menyematkan PIN kepada  Gubernur Provinsi Jambi diwakili Sekda. Acara pun  selesai dan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional tahun 2018  secara resmi dilepas oleh Sekda Provinsi Jambi, berangkat menuju Provinsi Riau. Panitia bersama Jemaat dan tokoh-tokoh Agama pulang ke rumah masing-masing dengan penuh rasa suka cita.

Pelaksanaan Penyambutan dan Pelepasan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 yang singgah di Provinsi Jambi , 7- 9 April 2018 ( Sabtu, Minggu dan Senin ) berjalan lancar dan Sukses, semuanya adalah atas penyertaan Tuhan. (MH Fendi Sinabutar Sekretaris Panitia Kirab Obor Paskah Nasional tahun 2018 Daerah Provinsi Jambi ).


Susana Ibadah di GSJA Jambi.

Susana Ibadah di GSJA Jambi.

(Foto kiri) Ketua Kirab Obor Paskah Nasional  Tahun 2018 Jhon Simamora mengabadikan Obor Paskah Nasional dengan Ir Dopang Tambunan dan Hotman Sitanggang SH.

(Foto kiri) Ketua Kirab Obor Paskah Nasional  Tahun 2018 Jhon Simamora mengabadikan Obor Paskah Nasional dengan Ir DJ Marpaung MSc dan Istri Br Simanjuntak.

(Foto kiri) Ketua Kirab Obor Paskah Nasional  Tahun 2018 Jhon Simamora mengabadikan Obor Paskah Nasional dengan Dr Rosintan Norawati dan Ketua Dimar Simarmata SH MS.

(Foto kiri) Ketua Kirab Obor Paskah Nasional  Tahun 2018 Jhon Simamora mengabadikan Obor Paskah Nasional dengan AKBP S Sihotang SE.

Ramahtamah DR Henry P Panggabean,SH MS dengan Panitia Jambi.

Ramahtamah DR Henry P Panggabean,SH MS dengan Panitia Jambi.

(Kiri ke kanan) Ny Lipan Pasaribu SH Boru Siregar, Ny DJ Marpaung Br Simanjuntak, Dr Rorinta Norawati.


Moment Saat Ibadah di GSJA Jambi, Senin (9/4/2018).

Moment Saat Usai Ibadah di GSJA Jambi, Senin (9/4/2018).

Kiri ke kanan Prof DR Dompak Napitupulu Ir Ampera Sirait saat Acara Penyambutan dan Pemberangkatan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 di Depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (9/4/2018).

Sekda Provinsi Jambi H M Dianto saat melepas Pemberangkatan Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional Tahun 2018 di Depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (9/4/2018). 




 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar