Sederhana Membawa Hikmat

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 18 April 2018 | April 18, 2018

Mewakili Hulahula (Sinabutar) Saat manortor Pada esta Partangiangan Bona Taon 2018Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar
Pesta Partangiangan Bona Taon 2018
Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna


MHO, Jambi-“Hanya karena Kasih Karunia dan Pertolongan Yesus Kristus, yang melekat di dalam hidup dan kehidupan kita, akhirnya kita dapat melangkah ke awal tahun 2018 ini, dalam keadaan sehat yang walaupun banyak pergumulan hidup yang kita lalui”.

Acara Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna dilaksanakan di Gedung Hourse Shalom Paal Merah Lama Kota Jambi, Minggu 15 April 2018.  Pesta yang dihadiri sekitar 100 orang  (termasuk anak-anak) ini  sekaligus merupakan ajang silaturahmi, diantara sesama Anggota Punguan, mereka datang  dari penjuru Kota Jambi dengan penuh suka cita.

Seremoni Ibadah

Perayaan Partangiangan Bona Taon 2018 ini mengambil Tema: “Keindahan Kerjasama Dalam Tubuh Kristus “ (Roma 12: 4-6) dan Subtema : “Melalui Pesta Partangiangan Bona Taon 2018 ini, Marilah Kita Saling Berbagi Kasih”.  
Ibadah yang dipimpin Ny. R Sinabutar br Rajagukguk yang sehari-hari  melayani  di Gereja Sidang Jemaat Allah Kotabaru Jambi.

Pesta Partangiangan Bona Taon ini dirangkaikan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa  atas segala pertolongan dan penyertaan-Nya. Para Anggota Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna dari Tahun 2017 dapat melangkah ke awal Tahun 2018 ini, dalam suasana sehat-sehat. 

Hal inipun mereka amini dengan kehadiran mereka ke acara ini dengan penuh suka cita. Ketika bertemu  antara satu dengan yang lain  saling menyapa, berjabat tangan, ngobrol bersama bahkan sebahagian di antara mereka berpelukan sembari  cium pipi kanan dan cium pipi kiri untuk melepas  rasa kerinduan. 
Pnt L Br Pasaribu yang sehari – hari melayani di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Marturia Jambi.
Pertemuan diantara mereka hangat, penuh dengan suasana kekeluargaan, keakraban yang mewujudkan rasa kebersamaan terpatri di antara mereka. Acarapun dilanjutkan dengan seremoni Ibadah yang dipimpin Ny. R Sinabutar br Rajagukguk yang sehari-hari  melayani  di Gereja Sidang Jemaat Allah Kotabaru Jambi. 

Mengambil Naats Injil Roma 12: 4 – 6. Liturgis diperankan Pnt L Br Pasaribu yang sehari – hari melayani di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Marturia Jambi dan Doa Syafaat disampaikan R Sinabutar yang sehari – hari beribadah di GSJA Kotabaru Jambi.
Organis diperankan Diny Cecilia Sinabutar, sementara song leader Ny. F Sinabutar Br Simarmata dan Ny. J Sinabutar Br Simarmata pada Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.
Selama kebaktian berlangsung lagu-lagu pujian berkumandang. Organis diperankan Diny Cecilia Sinabutar, sementara song leader Ny. F Sinabutar Br Simarmata dan Ny. J Sinabutar Br Simarmata. Setelah selesai acara Kebaktian dilanjutkan dengan makan bersama.  Selama acara makan bersama berlangsung, Trio yang dimotori R Sinabutar  bersama sahabatnya S Simorangkir dan G Nababan  menyanyikan lagu “ Poda Nauli” yang diiringi musi JKR.

Perayaan dan Hiburan

Trio  ini dapat menyanyikan  lagu tersebut dengan manis dan apik, membuat suasana semakin hikmat. Tak ketinggalan pihak Boru, Bere dan Ibebere dengan telaten “Makkobasi”  segala kebutuhan Pesta, sehingga semua hadirin dapat menikmati makanan yang telah disediakan.  Terlihat Ketua Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna F. Sinabutar menyapa mereka yang sedang menikmati makanan  dari satu ke meja ke meja yang lain. Setelah selesai makan, doa dipanjatkan oleh F Sinabutara / Br. Simarmata.
Penasehat Sinabutar Saat manortor Pada Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar. 
Dilanjutkan dengan acara Perayaan dan Hiburan. Pemandu acara atau Protokol diperankan S Sinabutar / Br Malau membacakan tertib acara. Perayaan  dan Hiburan ini diawali dengan kata sambutan  mewakili Penasehat Punguan Op Gavra Sinabutar / Br Simbolon, sekaligus manortor bersama paniaran. 

Suasana semakin meriah dan semarak mereka manortor bersama dan berjoget ria  mengikuti alunan musik bersama  dengan Trionya (S Simorangkir, G Nababan dan R Sinabutar)  sembari mangolopi dan memberikan saweran. Hal ini dilakukan untuk menambah kas Punguan. 

Berjam-jam mereka manortor bersama  tidak merasa lelah, karena selama terbentuknya Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna,  22 Februari 2004  s/d tahun 2018 ini ( 14 tahun ), baru tahun ini Pesta Partangiangan Bona Taon dilaksanakan di dalam gedung. 

Setelah selesai penasehat dan paniaran manortor dilakukan penarikan undian  hadiah hiburan yang dipandu oleh protokol S Sinabutar / Br Malau. Suasana penarikan undian ini semakin seru tatkala pemandu acara dapat merangkai kata demi kata dengan indah dan lucu membuat mereka ketawa terpingkal-pingkal.

Untuk pengambilan gulungan kertas undian yang disiapkan oleh panitia dilakukan Ketua Punguan F Sinabutar / Br Simarmata. Hadiah hiburan maupun doorprize semuanya dikemas dalam bentuk sembako. Penanggung jawab dalam hal hadiah hiburan maupun doorprize ini Keluarga Ap Nova Sinaga / Br Sinabutar.

Menjalin Kebersamaan

Pengurus  Harian  periode tahun 2012 s/d tahun 2018  yang diketuai F Sinabutar / Br Simarmata, Wakil Ketua J Sinabutar / Br Simarmata, Sekretaris  D Turnip / Br Sinabutar dan Bendahara Ny Simanihuruk Br Sagala. Ketua Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangn F Sinabutar / Br Simarmata dalam kata sambutannya menyapa hadirin  dengan ucapan Syalom dan Horas. 

Suami boru Simarmata ini mengucapkan  rasa terima kasihnya atas kehadiran Anggota Punguan dalam acara Perayaan ini. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala penyertaanNya kita dapat berkumpul bersama untuk melaksanakan Ibadah dan Perayaan maupun hiburan  di gedung ini, ungkapnya dengan nada senang bercampur bahagia.

Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online ini berharap semoga ajang silaturahmi, kekeluargaan, keakrapan dan kebersamaan ini akan tetap terjalin di antara kita. 

Lebih lanjut dikatakan ucapan terima kasihnya kepada pihak Boru, Bere, Ibebere yang dengan telaten dapat “Makkobasi” semua kebutuhan Pesta ini, terlebih kepada Keluarga Bapak Yuli Simbolan / Br Pasaribu yang telah memberikan tempat untuk marhobas, kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan  berkat yang berkelimpahan bagi kita semua di sepanjang tahun 2018 ini, pungkasnya.

Punguan yang beranggotakan 40 KK ini, diharapkan agar semakin mempererat hubungan tali silaturahmi. Walaupun Punguan kita ini hanya beranggotakan 40 KK, namun kalau kita saling peduli (Holong Marsihaholongan), maka Punguan kita ini akan semakin baik  dan biarlah Punguan kita ini  menjadi contoh terhadap Punguan yang lain, ujarnya penuh optimis. 

Marilah kita sama-sama membesarkan Punguan kita ini  dengan bermottokan, “Marsitungkol-tungkolan ma hita di ulaon, marsiamin-aminan ma nang diparrohaon”, ungkapnya dengan nada penuh semangat.  

“Kiranya kebersamaan yang terjalin, senantiasa menjadi acuan terhadap keberlangsungan dan keharmonisan punguan kita ini’, serunya. Karena tahun 2018 ini adalah tahun periode pemilihan Pengurus, dia menyatakan siapapun nantinya yang dipilih Penasehat Punguan menjadi Pengurus Harian Punguan kita ini  adalah merupakan Pengurus yang potensial  untuk periode tahun 2018 s/d tahun 2021.

Pria kelahiran Simarmata Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara ini mengucapkan mohon ma’af kepada Penasehat dan Anggota Punguan yang selama kepengurusan kami selama 2 (dua) tahun berturut-turut ( 2012 s/d 2018), kalau ada kekeliruan maupun kesalahan, dalam mengambil keputusan maupun kebijaksanaan.

Diakhir kata sambutannya ayah dari Diny  Cecilia dan Einar Friendly Esza ini mengutip umpasa, “Dang tutu lambak ni pinang, molo dang marsiangin-anginan, dang tutu anak ni Raja Silahisabungan molo dang marsiamin-aminan”, ujarnya di sambut para hadirin dengan serentak Emma tutu. 
Ki-Ka (G Nababan, R Sinabutar,  S Simorangkir). 

Acarapun dilanjutkan dengan manortor, kembali JKR Musik dengan Trionya menyanyikan lagu-lagu lawas Batak . Merekapun manortor bersama sambil merogoh kantongnya untuk memberikan saweran. Acara ini di selang- selingi dengan penarikan undian hadiah hiburan dan doorprize. 

Selanjutnya manortor mewakili Hula-hula bersama paniaran, hela dan boru, bere/ibebere . Paling seru dalam acara tortor ini ketika Bere dan Ibebere manortor semua para hadirin berjoget ria, mangembas bersama. 

Pengurus Punguan terpilih periode tahun 2018 s/d tahun 2021  Ketua J Sinabutar / Br Simarmata, Wakil Ketua R Sinabutar/Br Rajagukguk, Sekretaris D Turnip / Br Sinabutar dan Bendahara Ny Sinaga Br Sinabutar.

Acara terakhir ramah tamah,  dan  ditutup dengan doa oleh R Sinabutar/Br Rajagukguk, penarikan undian hadiah Utama. Merekapun salam- salaman dan menyanyikan lagu Oh,,, Tano Batak, dan pulang ke rumah masing-masing dengan penuh sukacita.Tuhan memberkati,…..Amin!!!. (MH- Fendi Sinabutar)
Hadiah Hiburan dan Dooprize Dikemas Dalam Bentuk Sembako.

Pengkotbah dan Liturgis Berdoa Sebelum Acara Ibadah Dimulai.

Suasana Kebaktian Pada Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.

Organis diperankan Diny Cecilia Sinabutar, sementara song leader Ny. F Sinabutar Br Simarmata dan Ny. J Sinabutar Br Simarmata pada Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.

Suasana Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.
 
Ki-ka : Pengurus Terpilih Periode 2018-2021 Punguan Sinabutar Kota Jambi Ap Gabrial Sinabutar/ Br Simarmata (Ketua), Ap Nanda Sinabutar/br Rajagukguk (Wakil Ketua), Ny Sinaga Boru Sinabutar (Bendahara), D Turnip/Br Sinabutar (Sekretaris).

Ki-Ka: Penasehat Punguan Sinabutar, Op Gavra Sinabutar /Br Simbolon, Op Sando Sinabutar/Br Simarmata, Ap Jhon Sinabutar/bR Malau (Protokol) di Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabuta

Bere-Ibebere-Manortor Bersama di Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabuta

Bere-Ibebera Manortor Bersama di Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.

Penasehat Punguan Sinabutar Kota Jambi Kel Op Sando Sinabutar Boru Simarmata Saat berjoget Bersama di Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.

Penasehat Punguan Sinabutar Kota Jambi Kel Op Sando Sinabutar Boru Simarmata Saat berjoget Bersama di Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.

Ketua Punguan Sinabutar Kota Jambi Ap Gabriel Sinabutar Menyerahkan Hadiah Utama I Kepada Kel Ap Nova Sinaga Br Sinabutar.

Ketua Punguan Sinabutar Kota Jambi Ap Gabriel Sinabutar Menyerahkan Hadiah Utama I Kepada Kel Ap Nova Sinaga Br Sinabutar.
Ap Nova Sinaga (Saat Dapat Doorprize Undian Utama I).

Ny Sinaga Br Sinabutar dan Ny Turnip Boru Sinabutar Menghitung Uang Tortor Pada Pesta Partangiangan Bona Taon 2018, Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna di Gedung Hourse Shalom Pall Merah Lama, Kota Jambi, Minggu 15 April 2018. Photo2: Drs Fendi Sinabutar.





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong