Home » , » Butar Raja Se Indonesia

Butar Raja Se Indonesia

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 07 Agustus 2018 | Agustus 07, 2018


Makam Tugu Raja Silahisabungan di Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatra Utara

Jambi, MH - Turpuk Marga Butar Raja merupakan  keturunan Ompu Raja Silahisabungan, anak yang ke empat dari  8 (delapan) bersaudara dan seorang putri bernama Deang Namora dari 2 (dua) istri  Pinggan Matio boru Padang Batang Hari dan  Si Boru Nailing boru Nairasaon. 

Butar Raja di Silalahi Nabolak  Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara di kenal dengan sebutan Sidabutar merantau ke luar  daerah Silalahi Nabolak di namakan marga  Sinabutar.

Tradisi  Pomparan Ompu Raja Silahisabungan setiap tahun mengadakan "Doa Syukuran Bersama" di Makam Tugu  Raja Silahisabungan di Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, semenjak Makam Tugu tersebut diresmikan pada tanggal  23 – 27 November 1981.

Secara bergiliran sebagai Panitia Penyelenggara Pesta Partangiangan Luhutan Bolon  yang di sebut dengan Bolahan Amak. Mulai dari Loho Raja, Nungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja dan setelah Tambun Raja, selanjutnya  kembali lagi ke Loho Raja dan seterusnya.

Inilah pertanda bahwa rasa persatuan dan kesatuan di antara Pomparan Raja Silahisabungan tetap terpelihara dengan baik. Harapan kita tradisi ini  terus dipertahankan sehingga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan maupun kebersamaan di antara Pomparan Raja Silahisabungan dimanapun berada.

Dan tetap berpegang teguh pada  "Poda Sagu-Sagu Marlangan" yang telah diturunkan oleh Raja Silahisabungan, sebagai fondasi kasih sayang di antara pomparannya dan selalu memelihara kerukunan dan persaudaraan  serta menjaga kehormatan Pompara Raja Silahisabungan.

Untuk tahun ini (2019) sebagai Panitia Penyelenggara Pesta Partangiangan Luhutan Bolon atau yang disebut sebagai Bolahan Amak jatuh kepada anak ke 4 (empat) Butar Raja. Berawal dari Panitia Penyelenggara hajatan pesta besar ini, Perdi Silalahi (Sinabutar), ME menggagasi membuat suatu kumpulan di linimasa agar dapat saling kenal antara yang satu dengan yang lainnya.

Hal ini pun sangat direspon Pomparan Butar Raja dimanapun berada, terbukti setelah digaungkan telah terdaftar beberapa orang sebagai anggota group. Group WA ini dinamakan Butar Raja Se Indonesia, bagi kita yang belum dan ingin terdaftar sebagai anggota tolong di hubungi 08128324854 Perdi Silalahi, ME sebagai Admin Group.

Melalui Group ini mari kita galang persatuan dan kebersamaan dan kita persiapkan sedini mungkin kebutuhan untuk Pesta Partangiangan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan sebagai Bolahan Amak Butar Raja pada 22 s/d 24 November 2019 yang akan datang. (MH. Fendi Sinabutar).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong