Home » , » Membangun Bangsa Membangun Karakter

Membangun Bangsa Membangun Karakter

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Jumat, 03 Agustus 2018 | Agustus 03, 2018

Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka Seminar.
Samosir, MH - Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Goducate Singapura melaksanakan seminar Internasional “Character Building” untuk para kepala sekolah dan Guru  se Kabupaten Samosir, dengan nara sumber Mrs Dr Charlene Tan dan MrsTan Poh Yok dari Singapura. 

Kemajuan dan kesuksesan Pulau Samosir  ada di tangan Kepala Sekolah dan Guru. Seminar ini dilaksanakan selama 2 hari ( 23 dan 24 Juli 2018).

Kegiatan ini adalah salah satu strategi  untuk Penguatan Pendidikan Karakter bagi warga sekolah di Kabupten Samosir, sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo  pada Peraturan Pemerintah No: 87 Taahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Krakter. Diharapkan tercipta Sumber Daya Manusia Samosir yang lebih baik. Pelaksanaan kegiatan ini dibiyaai seluruhnya oleh Goducate Singapura. 

Sementara Bupati Samosir Rapidin Simbolon membuka secara resmi seminar internasional dengan topik " Be The Best Principal" yang dilaksanakan selama dua hari yaitu 23-24 Juli 2018 di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Peserta acara ini adalah para kepala sekolah di wilayah Kabupaten Samosir dengan nara sumber dari pihak Goducate Singapura yaitu Dr Charlene Tan, Mrs Tan Poh Yok, dan Mrs Roska.

Kepala Dinas Pendidikan Richardo Hutajulu dalam laporannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan kerjasama Pemkab Samosir dan Goducate Singapura. Goducate adalah sebuah Yayasan lembaga Bahasa Inggris yang berpusat di Singapura yang menginginkan masyarakat menggunakan bahasa Inggris dengan baik di Kabupaten Samosir sebagai daerah wisata internasional.

"Kita berharap dengan seminar ini wawasan para kepala sekolah dan guru bisa meningkat dalam melaksanakan pelayanan di Kabupaten Samosir," kata Richardo Hutajulu.

Pihak Goducate yang diwakili oleh Roska menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan merupakan keinginan yayasan mendukung program Presiden Jokowi menjadikan kawasan Danau Toba sebagai kawasan parawisata internasional. Untuk mewujudkannya maka karakter masyarakat harus diperbaiki dan penguasaan bahasa Internasional bahasa Inggris betul-betul dipahami.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam sambutannya menyampaikan bahwa guru adalah unsur utama dalam pembangunan. Mengutip peribahasa 'guru kencing berdiri murid kencing berlari', dia mengataka, guru harus jadi teladan, keberhasilan bangsa di tangan para guru.

"Guru bagus maka murid akan berhasil. Guru mempunyai fungsi mendidik, melatih dan mengajar, yang Paling utama adalah pembangunan character para anak didik, kita wujudkan bahasa inggris sebagai bahasa kedua," kata Rapidin.

Satu hal utama dalam melihat kualitas character suatu sekolah dilihat dari toilet sekolah, kalau sudah toiletnya bersih maka dapat diketahui kualitas sekolahnya. Bupati meminta agar para kepala sekolah memahami ini semua.

Diakhir sambutannya bupati menyampiakan kepada semua peserta agar mensyukuri acara ini mengikuti acara dengan baik dan ambil ilmunya.

Goducate sudah banyak berbuat di Kabupaten Samosir ini seperti memberi pelatihan Bahasa Inggris, memberikan bantuan kepada anak kurang mampu berupa sepatu dan kamus bahasa Inggris dan kali ini melaksanakan seminar internasional yang ditujukan kepada para kepala sekolah dan guru se -Kabupaten Samosir.
(Gideon Manik )



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong