Home » , , , » Menakar Optimisme Drs Rahmad Derita Harahap Rindu Menuju Senayan

Menakar Optimisme Drs Rahmad Derita Harahap Rindu Menuju Senayan

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 21 Agustus 2018 | Agustus 21, 2018

Drs Rahmad Derita Harahap MPdI.
Jambi, MH-Dikalangan dunia pendidikan di Provinsi Jambi, nama Drs Rahmad Derita Harahap mungkin taka sing lagi. Pasalnya, sosok pria satu ini sudah malang melintang di birokrasi Provinsi Jambi, khususnya di dinas pendidikan. Bahkan hingga era tiga Gubernur Jambi (Zulkifli Nurdin, Hasan Basri Agus dan Zumi Zola) Drs Rahmad Derita Harahap mampu bertahan menjabat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Perjalanan waktu yang panjang untuk seorang birokrasi yang mendapat kepercayaan dari atasan untuk bertahan di posisi yang sama yakni Kadis Pendidikan Provinsi Jambi. Saat awal tahun pertama Gubernur Jambi Zumi Zola, Drs Rahmad Derita Harahap masih menduduki jabatan itu. Hingga memasuki usia pensiun, Zumi Zola menggantinya. 

Di organisasi pendidik, seperti PGRI, Drs Rahmad Derita Harahap juga pernah menjabat Ketua PGRI Provinsi Jambi. Bahkan seluruh penerima beasiswa di Provinsi jambi pastilah mengenalnya, terlebih yang sudah menikmati beasiswa dari Pemprov Jambi selama ini. 

Drs Rahmad Derita Harahap juga aktif dalam organisasi Sosial Budaya. Bersama Ir P Bernhard Panjaitan MM (Mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi), keduanya merupakan pasangan yang solid dalam memimpin organisasi Lembaga Budaya Batak Jambi (LBBJ) Provinsi Jambi hingga sekarang. 

Drs Rahmad Derita Harahap sudah menjabat dua periode sebagai Ketua LBBJ Provinsi Jambi dan sekretarisnya dijabat Ir P Bernhard Panjaitan MM. Selama kepemimpinan mereka pada LBBJ, sudah dua kali memberikan Penghargaan Adat Batak kepada Gubernur Jambi saat itu H Zulkifli Nurdin dan Hasan Basri Agus. 

Keduanya   (H Zulkifli Nurdin dan Hasan Basri Agus) mendapat Gelar Daiutan Mangaraja untuk Zulkifli Nurdin dan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus Mendapat Gelar Adat Batak “Raja Pangihutan Na Marsahala” dari Masyarakat Batak Se Provinsi Jambi. LBBJ Provinsi Jambi juga kerap memberikan hiburan kepada masyarakat Batak di Jambi dengan mendatangkan artis-artis batak Ibukota. 

Menuju DPR RI

Pada Pemilu 17 April 2019, Drs Rahmad Derita Harahap dicalonkan DPP PPP menjadi Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi. Drs Rahmad Derita Harahap akan bersaing dengan 109 calon legislative Dapil Provinsi Jambi yang akan merebut 8 jatah kursi Provinsi Jambi di DPR RI. Sebanyak 110 Caleg itu dari 15 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu April 2019. Sementara PKPI di Dapil Provinsi Jambi tidak mendaftarkan caleg (nihil). 

Caleg DPR RI Pemilu April 2019 yang  merupakan petahana (incumbent) yakni Handayani (PKB), Hj Saniatul Lativa (Golkar), M.R Ihsan Yunus (PDIP), H A Bakri (PAN), Ir Sutan Adil Hendra Nasution (Gerindra), Drs Zulfikar Achmad (Demokrat). Sedangkan Anggota DPR RI Periode 2014-2019 Hj Dra Elviana MSi (PPP) pada Pemilu April 2019 mendaftar jadi Calon DPD RI. 

Dari 110 Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi Pemilu 17 April 2019, ada sejumlah nama yang diprediksi mampu meraih suara terbanyak. Mereka yakni Drs Rahmad Derita Harahap mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi (PPP), Ir Tigor GH Sinaga yang merupakan perolehan suara terbesar ke 8 pada Pemilu 2014 lalu. 

Kemudian ada H Hasan Basri Agus (HBA) mantan Gubernur Jambi (Golkar), H Sudirman Zaini SH MH, mantan Bupati Muarobungo (NasDem), H Salam SH, Anggota DPRD Provinsi Jambi (Perindo).
Jumlah Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi usungan Parpol yakni: 1.PKB (8-caleg), 2.Gerindra (8), 3. PDI-P (8), 4.Golkar (8), 5.Nasdem (8), 6.Partai Garuda (2), 7. Partai Berkarya (7), 8.PKS (8), 9.Perindo (8), 10.PPP (8), 11. PSI (8), 12.PAN (8), 13. Hanura (5), 14.Demokrat (8), 19.PBB (8), 20.PKPI (Nihil Caleg). (Asenk Lee Saragih)

Jejak Drs Rahmad Derita Harahap di LBBJ Provinsi Jambi


Situmorang : Djaiutan Mangaradja H Zulkihli Nurdin saat menyumbangkan suara emasnya dengan lagu "Situmorang". Tampak Rahmad D Harahap dan Bernhard Panjaitan memberikan setangkai mawar sebagai tanda kasih  pada acara  melepas rindu akan lagu-lagu Batak serta “Pasombu Lungun Tu Tano Batak” (Melepas Rindu Kepada Tanah Batak), Sabtu (7/3/2009) di GOR Kotabaru Jambi. Foto Asenk Lee Saragih


“Raja Pangihutan Na Marsahala” H Hasan Basri Agus (HBA) saat memberikan kata sambutan didampingi Ketua LBBJ dan Ketua Panitia pada Acara Penganugerahan Gelar Adat Batak oleh Lembaga Budaya Batak Jambi (LBBJ) dan Masyarakat Lima Puak Batak (Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak, dan Batak Angkola) bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kotabaru, Kota Jambi, Jumat (10/4/2015) malam. Foto Asenk Lee Saragih.
Drs Rahmad Derita Harahap (ke empat dari kiri) bersama Tokoh Lima Puak Batak di Jambi pada Acara Penganugerahan Gelar Adat Batak “Raja Pangihutan Na Marsahala” kepada  H Hasan Basri Agus (HBA) oleh Lembaga Budaya Batak Jambi (LBBJ) dan Masyarakat Lima Puak Batak (Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak, dan Batak Angkola) bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kotabaru, Kota Jambi, Jumat (10/4/2015) malam. Foto Asenk Lee Saragih.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong