Home » , , » Margareth boru Siagian dinobatkan sebagai Duta Andaliman

Margareth boru Siagian dinobatkan sebagai Duta Andaliman

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 16 Oktober 2018 | Oktober 16, 2018



Margareth Debora boru Siagian  Duta Andaliman

JAMBI , MH - Andaliman merupakan jenis tanaman rempah yang khas dan tumbuhnya hanya spesifik di daerah Tapanuli. Dari jaman Nenek Moyang orang Batak bahwa Andaliman sudah banyak diketahui mamfaatnya serta bernilai ekonomis tinggi, hingga era dewasa ini. 

Geopark Taman Eden 100 di Toba yang didirikan Marandus Sirait telah ditanami 2.500 pohon Andaliman  dan telah berbuah siap untuk dipanen. Taman Eden 100 adalah wisata dengan bernuansa alami dan pada saat pembentukannya ditanami 100 jenis tanaman salah satunya Andaliman. 

Wisata alam Taman Eden 100 yang luasnya sekitar 40 hektar terletak di daerah Lumban Julu pinggiran jalan Raya Parapat - Balige Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Untuk memperkenalkan lebih luas Andaliman, penyanyi jebolan pencari bakat Mamamia Show musim pertama pada tahun 2007 Margareth Debora boru Siagian didaulat menjadi Duta Andaliman.

Margareth Debora boru  Siagian dikenal publik setelah menyabet juara kedua ajang pencarian bakat menyanyi Mamamia Show musim ini, tidak hanya aktif menyanyi sampai sekarang, dia  juga memiliki kesibukan lain.

Bagi yang belum tahu, Andaliman adalah merupakan rempah khas dari Tano Batak yang sudah digunakan dari zaman nenek moyang, sampai saat sekarang  sebagai bumbu pelezat berbagai masakan. 

"Sebagai putri daerah dari Tano Batak, saya sangat senang bisa menjadi Duta yang membuat Andaliman dikenal di seluruh Nusantara, bahkan mendunia," ungkap boru Siagian ini dengan nada bangga. Kegiatan sebagai Duta Andaliman disebutnya baru dilakoni beberapa tahun terakhir ini. 

Namun, program membumikan Andaliman sudah dimulai sejak tahun 2008, bekerja sama dengan geopark Taman Eden 100 di Toba yang didirikan Marandus Sirait. Menyandang gelar sebagai Duta Andaliman membuat Margareth melakukan penyesuaian dalam sederet aktivitasnya. 

Saat diundang bernyanyi di sejumlah acara, dia sekaligus mempromosikan rempah khas bercita rasa pedas getir itu kepada publik. Kekuatan media sosial tidak disia-siakan oleh Margareth. Lewat unggahan-unggahannya, dia menginformasikan serba-serbi tentang Andaliman. 

Mulai dari masakan yang bisa dibuat dengan Andaliman, budidaya, manfaat, dan banyak hal lainnya. Boru Siagian ini berharap apa yang dia lakukan membuat semakin banyak anak muda tahu tentang Andaliman. Setelah itu, mereka diyakini memiliki keingintahuan lebih dalam mengenai seluk-beluk Andaliman, ungkapnya nada senang. 

"Tidak hanya Andaliman, tetapi juga produk khas lainnya. Mengajak anak muda lebih perduli melestarikan dan membudidayakan semua kekayaan alam Indonesia," ujarnya dengan optimis. ( diolah dari berbagai sumber : Fendi Sinabutar)


Andaliman

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong