Home » , , , » Wakil Bupati Samosir Apresiasi Rumah Belajar Sianjur Mulamula

Wakil Bupati Samosir Apresiasi Rumah Belajar Sianjur Mulamula

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Jumat, 26 Oktober 2018 | Oktober 26, 2018

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga manortor saat Perayaan Hari Jadi ke 3 Rumah Belajar Sianjur Mulamula (photo Antaranews Sumut).

SAMOSIR, MH - Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga menyampaikan apresiasi dan komitmen Pemkab mendukung Rumah Belajar Sianjur Mulamula sebagai upaya pelestarian budaya leluhur Suku Batak. 

Dalam kesempatan acara perayaan Hari Jadi Ke 3 Rumah Belajar Sianjur Mulamula sekaligus pembukaan cabang di enam desa wilayah Kecamatan Sianjur Mulamula yang dipusatkan di Lumban Sosor, Desa Sarimarrihit, Wabup menyumbang Rp3 juta.


Juang mengatakan, budaya Batak merupakan suatu karya Tuhan yang memberikan tatanan adat istiadat, pemikiran dan sopan santun yang dirangkum dalam Dalihan Natolu, karena itu dicantumkan dalam kurikulum pendidikan


Pendiri Rumah Belajar Sianjur Mulamula, Nagoes Puratus Sinaga menyampaikan, pendirian pertama kali pada tahun 2015 di Desa Hutabalian, kemudian 2017 buka cabang di Huta Gurgur.


Enam cabang lembaga pendidikan nonformal yang diresmikan itu berada di Desa Sarimarrihit, Aek Sipitu Dai, Habeahan Naburahan, Sikkam, Siboro dan Sosor Nangka.


Nagoes berharap kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak, seperti sumbangan buku untuk menambah wawasan para anak didik.


Acara juga dihadiri Direktur Pemasaran Badan Otorita Danau Toba (BODT) Basar Simanjuntak, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Gallis AS, Raja Bius Sipitu Tali Kenegerian Limbong, Musisi asal Jepang Atuchi Subouchi.(Antaranews Sumut).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong