Home » , » Ada 48 Ribu Gereja yang Jadi Fokus Pengamanan Operasi Lilin 2018

Ada 48 Ribu Gereja yang Jadi Fokus Pengamanan Operasi Lilin 2018

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 27 November 2018 | November 27, 2018

Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta, MH - Polri mencatat ada 48.796 gereja di seluruh Indonesia yang menjadi fokus objek pengamanan pada saat Operasi Lilin 2018 nanti. Operasi Lilin akan berlangsung selama 12 hari, sejak 21 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019.

"Jumlah gereja fokus pengamanan 48.796 gereja dan tempat ibadah umat Kristiani," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).

Dedi menuturkan ada 13 polda yang menjadi wilayah prioritas pengamanan. Indikator prioritas berdasarkan banyaknya warga Kristiani dan mobilitas masyarakat di momen libur akhir tahun.

"Ini polda yang punya jumlah umat Kristiani cukup banyak, jumlah gereja cukup banyak. Ini adalah prioritas utama. Kemudian dilihat dari analisa data polda, ini juga menjadi arus lintas mudik. Tentu saat kegiatan perayaan 
Natal dan Tahun Baru ada libur bersama. Nah itu kami antisipasi jalur mudik Jakarta sampe ke arah Jatim. Demikian juga Jakarta ke arah Sumatera," terang Dedi.

"Bali juga termasuk salah satu prioritas (pengamanan) kami karena masyarakat dan warga asing banyak merayakan akhir tahun di Bali," lanjut dia.

13 polda yang menjadi prioritas Operasi Lilin 2018 adalah Sumatera Utara (Sumut), Lampung, Banten, Metro Jaya, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur (Jatim), Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara (Sulut), Maluku dan Papua. (aud/jbr).




                                                                   
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong