Home » , , , » HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Adakan Peneguhan Sidi

HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Adakan Peneguhan Sidi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 20 November 2018 | November 20, 2018

Foto kiri-kanan Bvr. AM. br. Sitorus, Pdt. Linda br. Sibarani, Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th, Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min, Pdt. Immanuella br. Sitorus, S.Th dan Diak. D. br. Siburian ( Foto : MH. Fendi Sinabutar)

JAMBI, MH -  Ya Tuhan Allah, Bapa kami yang Maha Pengasih kami berterima kasih kepadaMu karena Engkau telah memanggil anak-anakMu ke dalam pengharapan yang kekal.Di hadapanMu dan dihadapan jemaat, anak-anakMu ini akan mengaku iman percaya mereka. Tuhan, kasihanilah anak-anakMu ini, agar mereka mampu menghadapi segala tantangan zaman dan tidak menyimpang dari iman mereka.

Kuatkanlah mereka supaya menjadi anak-anak terang yang dapat membedakan perbuatan yang baik dan yang  jahat dalam setiap langkah hidup mereka. Kami percayakan seluruh kehidupan mereka dalam tuntunan kasihMu, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus,,, Amin!!!. Untaian doa yang dipanjatkan ini, agar mereka yang menerima “Peneguhan Sidi” dapat dikuatkan dan mereka laksanakan sebagai pedoman di dalam hidup dan kehidupan mereka.


Hari Minggu, 18 November 2018 yang lalu sebanyak 50 orang menerima Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi yang dipimpin langsung oleh Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th yang juga sebagai ketua PGI Wilayah Jambi.  Sebelum mereka memasuki ruangan gereja terlebih dahulu diadakan barisan prosesi yang di mulai dari depan gedung Sopo Godang Jubileum HKBP Jambi.


Seremoni Kebaktian


Adapun yang mengikuti barisan prosesi tersebut adalah  bagi mereka yang menerima Peneguhan Sidi lengkap dengan pakaian serba putih,  Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th selaku Pimpinan jemaat gereja HKBP Jambi Ressort Jambi yang berada di Kotabaru Jambi, Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min, Pdt. Immanuella br. Sitorus, S.Th, Pdt. Linda Sibarani, S.Th,  Gr. Huria R. Manurung, Bvr. AM. br. Sitorus, Diak. D. br. Sianturi, St. PSP. Sihombing, bersama parhobas lainnya yang melayani pada hari Minggu tersebut .

Ketika mereka memasuki ruangan gereja semua jemaat berdiri, suasana hening dan penuh hikmat mengiringi  keberadaan mereka. Ribuan orang jemaat menyaksikan  Peneguhan Sidi tersebut, gereja HKBP Jambi Ressort Jambi merupakan gereja terbesar daya tampung se Asia Tenggara. Sebelum acara Peneguhan Sidi terlebih dahulu diadakan seremoni kebaktian yang dipimpin Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th mengambil naats dari Alkitab Rom 12 : 9 – 21. Selama kebaktian berlangsung lagu-lagu pujian disuarakan lewat Koor Ina Debora, Koor Gabungan Telanai, Koor Ama Solagratia dan tak ketinggalan Koor dari Peneguhan Sidi yang berjudul “Terima berkat Allah” dipimpin Diny Cecilia Sinabutar.

Sang Juara

Setelah selesai acara seremoni kebaktian  dilanjutkan dengan acara Peneguhan Sidi ( Malua sian Pangkhukungan) yang diikuti sebanyak 50 orang pelajar sidi. Mereka mengikuti pengajaran selama hampir 1 tahun terhitung mulai awal bulan Januari 2018 sampai  awal bulan November 2018 yang diajar  oleh Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th, Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min, Pdt. Immanuella br. Sitorus, S.Th, Pdt. Linda br. Sibarani, Guru Huria R. Manurung, Bvr. AM. br. Sitorus dan Diak. D. br. Sianturi.

Seketika itu Juara I (Satu) Diny Cecilia br. Sinabutar di daulat untuk mengucapkan kata sambutan. Dalam kata sambutannya siswi SMA Negeri 2 Kota Jambi ini menyatakan, terima kasih kami ucapkan kepada Amang  dan Inang Pendeta maupun Amang Guru Huria, Inang Bibelvro  dan Diakonis atas bimbingannya selama ini, kiranya semua yang kami pelajari menjadi bekal di dalam hidup kami dan akan semakin dapat kami mendewasakan diri di dalam iman. Untuk orangtua dan keluarga yang kami kasihi, terima kasih banyak kami ucapkan kiranya Tuhan memberikan kesehatan, umur Panjang dan Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat yang berkelimpahan kepada kita semua,,,, Amin!!!.


Selama pengajaran sidi atau yang dikenal dengan Marguru Malua di gereja HKBP, mereka diajarkan segala tentang apa makna Sidi yang akan diterima, mempelajari apa itu arti dan makna dari sakramen-sakramen yang ada di agama Kristen Protestan, sekaligus mereka  didik untuk lebih dewasa dan diubah pola pikir mereka menjadi lebih dewasa untuk menjalani kehidupan setelah naik sidi agar tidak salah dalam menetukan segala sesuatu.

Mereka juga diberikan untuk memahami akan arti kematian Yesus Kristus di kayu salib dan juga memahami akan kehidupan yang diberikan Allah. Pada tanggal 27 & 28 Oktober 2018 mereka reatreat di HKBP Distrik Centre di daerah Tempino.

Secara berturut- berturut mereka menerima Peneguhan Sidi dari para Pendeta, terlebih dahulu Pendeta membacakan ayat Firman Tuhan lepas sidinya, lalu mereka didoakan Pendeta. Setelah acara ini Pdt. Immanuella, S.Th membacakan sang juara. Juara I Diny Cecilia br. Sinabutar, Juara II Clara Liany br. Tampubolon, Juara III Carolline D. Julian br. Aritonang dan Juara VI Hanna br. Sianturi.

Setelah acara ini mereka bersama orangtua mengadakan ucapan syukur, sebahagian di antara mereka mengadakan acara syukuran di gedung mengundang sanak family, horong ni hula-hula, samargaon, dongan sahuta kerabat dan keluarga besar mereka. Namun ada juga mengadakan syukuran hanya dalam keluarga sendiri dan tetap dibalut dengan adat istiadat Batak.

Tapi semuanya acara syukuran yang dilakukan membawa makna tersendiri bagi keluarga tersebut. Akhirnya orangtua, kerabat dan keluarga mengucapkan selamat atas peneguhan sidi tersebut, kiranya mereka mandiri dalam iman. (MH- Fendi Sinabutar).

Foto suasana Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).

Foto suasana Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).
Add captionFoto suasana Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).


Foto suasana Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).

Foto suasana Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).

Foto suasana Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).

Foto suasana Peneguhan Sidi di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).

Acara keluarga doa syukuran di rumah
Minggu, 18 November 2018 (Foto MH- Fendi Sinabutar).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong