Home » , , » Parbaba Dolok Sentra Kopi Samosir

Parbaba Dolok Sentra Kopi Samosir

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 06 November 2018 | November 06, 2018

Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon saat berkunjung dan meninjau tanaman kopi warga Desa Parbaba Dolok Kecamatan Pangururan (Anataranwes Sumut).
Samosir, MH - Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan menjadi satu dari sejumlah daerah yang menjadi sentra tanaman dan produksi kopi di Kabupaten Samosir.

Bahkan tanaman kopi olahan Marulang Sinaga, yang membuka usaha Kopi Pardo Sir, dikutsertakan pada ajang pameran di mancanegara dan ibu kota Jakarta dengan memperoleh tingkat kepuasan cita dan rasa mencapai 85 persen.

Kepala Desa setempat, Kalteng Sinaga berharap Pemerintah Kabupaten memberikan solusi terhadap kendala potensi sumber daya alam, terutama dalam pengembangan perkebunan kopi, supaya dapat meningkatkan perekonomian para petani kopi.

Seperti peningkatan jalan pertanian yang kurang memadai, dan menjadi kendala dalam distribusi hasil kopi ke luar daerah, karena terbentur biaya angkut yang tinggi.

Masyarakat Desa Parbaba Dolok bahkan menyatakan kesiapan memberikan lahan untuk pembangunan pelebaran jalan ke lokasi jalan usaha tani dalam upaya mengembangkan desa wisata. (Antaranews Sumut).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong