Home » , , » KKB Pimpinan Egianus Kogeya Yang Lakukan Pembantaian 31 Orang Pekerja di Nduga

KKB Pimpinan Egianus Kogeya Yang Lakukan Pembantaian 31 Orang Pekerja di Nduga

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 04 Desember 2018 | Desember 04, 2018



JAKARTA, MH - Kodam XVII/Cenderawasih telah mengidentifikasi Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB/KKB) di Kabupaten Nduga dan Ditrik Yigi, Papua yang melakukan pembantaian terhadap 31 orang pekerja dari PT Istaka Karya.

Kelompok yang sama juga diduga, menurut Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi, menyerang Pos TNI Yonif 755/Yalet di Mbua, Papua.Letkol Dax Sianturi menyebut Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB ) itu adalah pimpinan Egianus Kogeya.

Selama ini kelompok KKB inilah yang beroperasi di sekitar Kabupaten NdugaPapua.
"Selama ini kami sudah memetakan kekuatan KKSB. Kelompok yang selama ini beroperasi di Kabupaten Nduga adalah kelompok KKB pimpinan Egianus Kogeya," ujar Letkol Dax Sianturi melalui sambungan telepon dengan Kompas TV, Selasa (4/12/2018).

"Sementara ini dugaan kami, KKB yang melakukan penyerangan di Distrik Yigi dan Nduga masih dari kelompok yang sama," jelas Letkol Dax Sianturi. Dikatakan nlebih lanjut bahwa  Kelompok KKB pimpinan Egianus Kogeya memiliki kekutan sekitar 40 anggota.

"Mereka mempunyai basis di hutan-hutan pedalaman di Kabupaten Nduga. Hutan-hutan ini sangat terpencil. Mereka menggunakan rintangan alam, sehingga partoli-patroli kami sangat sulit mencapai basis-basis mereka ini," paparnya.Kesulitan lainnya, kata dia, kelompok KKB pimpinan Egianus Kogeya ini sering bergabung dengan masyarakat.

"Mereka juga sering bergabung dengan masyarakat sehingga kita tak bisa memastikan mana yang betul-betul KKB, mana yang hanya simpatisan dari KKB," jelasnya.Sejauh ini pasukan gabungan TNI dan Polri yang dikirim sudah berada di sekitat lokasi kejadian penembakan 31orang  karyawan PT Istaka Karya.
Sebagaimana diketahui, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring bersama Kapolda Papua Irjen Pol. Drs Martuani Sormin Siregar, MSc akan memimpin langsung penyelidikan 31 orang pekerja pembangunan jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten NdugaPapua.

Para pekerja ini diduga tewas dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Minggu (2/12/2018).
Diketahui sebelumnya, Polda Papua membenarkan adanya informasi 31 orang pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, dibunuh kelompok KKB.

Sebanyak 31 orang yang bekerja di perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Istaka Karya, yang saat ini bekerja untuk membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah Papua itu, sampai saat ini jenazahnya belum bisa diambil.

Sebab, lokasinya jauh dari ibukota Nduga dan Kabupaten Jayawijaya yang terdekat dari wilayah pembangunan jembatan.Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengungkapkan, bersama Kapolda Papua akan langsung ke lokasi terkait informasi 31 orang pekerja yang dikabarkan tewas dibunuh kelompok KKB.(MH-TRIBUNNEWS.COM).






                                             


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong