Home » , , » Pohon Natal Menghiasi Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi

Pohon Natal Menghiasi Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 30 Desember 2018 | Desember 30, 2018

Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi 28 Desember 2018, para Pendeta,  Romo dan  Panitia Natal setelah penyalaan Lilin berpoto bersama. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Jambi, MH – Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi yang dilakukan pada tanggal 28 Desember 2018 dengan Tema : “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (Bd. 1 Kor. 1 : 30a) dan Sub Tema : “ Hikmat Surgawi menyertai UmatNya mewujudkan kerukunan Bersama, sehingga nyatalah panggilan untuk menjadi berkat bagi Bangsa dan Negara, khususnya Provinsi Jambi.”

Perayaan Natal Oikumene bagi Umat Kristiani Se Provinsi Jambi untuk 2018 ini merupakan sejarah, karena baru pertama kalinya  Perayaan Natal dilaksanakan di lapangan depan Kantor Gubernur Provinsi Jambi. Terlihat panggung di tata dengan rapi dan tenda-tenda di pasang menghadap ke depan Kantor Gubernur Jambi.

Nampak Pohon Natal  2 (dua) buah di sebelah kiri dan kanan menghiasi panggung dengan lampu pernak-perniknya. Hal ini sangat diapresiasi seluruh Warga Jemaat Kristiani di Provinsi Jambi. Diperkirakan yang hadir pada Perayaan Natal Oikumene Umat Kristiani se Provinsi Jambi tahun 2018 ini kurang lebih 8.000 orang dari denominasi gereja-gereja yang ada di Provinsi Jambi.

Ketika memasuki lapangan Kantor Gubernur semua jemaat diperiksa dengan ketat oleh pihak keamanan dengan menggunakan alat detector. Mereka berjejer dengan 2 (dua) baris, baris pertama  laki-laki dan baris ke dua  perempuan.

Sebelum acara ibadah Perayaan Natal terlebih dahulu diadakan prosesi para Pendeta, Rm Pius Pujowiyanto, SCJ dan Panitia memasuki lapangan tempat diadakannya Perayaan Natal, semua jemaat diajak untuk berdiri. Pemandu acara diperankan oleh Tony Siahaan dan Nova boru Simanungkalit.

Renungan Ibadah Perayaan Natal disampaikan oleh Pdt. R. Gultom dari GPdI, Votum dan Salam Pdt. B. Rajagukguk (GTDI Simpang Rimbo), Pengakuan Dosa Pdt. RH. Gurusinga (GBKP), Penyalaan Lilin dipandu oleh Pdt. Maju  Manik (HKBP Agave), Imam Persembahan Pdt. JM. Gultom (GPI Jeramba Bolong) dan Pdt. Terifosa Ndruru (ONKP) dan Doa Syafaat oleh Rm.Pius Pujowiyanto, SCJ.

Ketika Ibadah  berlangsung lagu-lagu pujian berkumandang, yang dipersembahkan Pesparawi Provinsi Jambi, Oikumene Choire Pimpinaqn Pdt.YP. Nababan (GPPS). Turut juga Vokal Group Mazmur Voice dari Wjik Paal Merah Lama HKBP Jambi Resort Jambi dan VG. Dari GPIB Marturia Jambi, menyanyikan lagu-lagu pujian membuat suasana semakin  meriah dan semarak.

Untuk Penyala Lilin : Pengkotbah Pdt. R. Gultom (GPdI), Ketua Panitia Dr. Kasianus Telaumbanua, SH,MH (jemaat Katolik St. Theresia), Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th (Ketua PGIW Jambi), Rm. Pius Pujowiyanto, SCJ (Ketua Dewan Paroki), Pdt. JM. Gultom (Sekretaris PGPI Jambi), Liphan Pasaribu,SH (mewakili Pemerintah) dan Yuliawati Nahampun (mewakili Kristen).

Dalam kata sambutannya Ketua Panitia Natal Oikumene Provinsi Jambi tahun 2018 Dr. Kasianus Telaumbanua, SH,MH menyampaikan bahwa Perayaan Natal Oikumene ini merupakan Natal gabungan dari 54 gereja yang ada di Provinsi Jambi, ujar pria kelahiran Kepulauan Nias ini. Alumni Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Medan ini  mengemukakan, masyarakat Provinsi Jambi dan masyarakat Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika dalam ikatan Pancasila.

Lebih lanjut dikatakan pria berkaca mata yang pernah tugas di Pengadilan Negeri Muara Bungo dan Kuala Tungkal Tanjung Jabung Provinsi Jambi ini menekankan, umat Kristiani Provinsi Jambi harus membawa kebaikan dan persaudaraan dimanapun berada, serta bisa menjadi berkat bagi Negara, terutama bagi Provinsi Jambi, pungkas mantan Hakim senior di Pengadilan Bandung Jawa Barat dan di Pengadilan Negeri Makassar Sulawesi Selatan.

Kita harus juga taat pada aturan dan ketentuan yang ada. Harus berhikmat, jadilah berkat bagi lingkungan dimanapun berada, ujar Hakim Tinggi di Pengadilan Provinsi Jambi dengan diplomatis.

Keberagaman merupakan rahmat Tuhan

Sementara Perwakilan dari Tiga Aras (persatuan instansi gereja-gereja Ingonesia) Provinsi Jambi Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th mengucapkan terimakasih kepada Plt. Gubernur Jambi atas izin Perayaan Natal Oikumene tahun 2018 yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Jambi, sebagai salah satu wujud dukungan Pemerintah Provinsi Jambi terhadap kegiatan keagamaan.

Ketua PGIW Provinsi Jambi ini mengatakan, Natal merupakan sarana penguatan spiritualitas masyarakat yang beragama Kristen, sebagai anggota masyarakat yang juga harus berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan daerah dan Negara.

Pimpinan Jemaat HKBP Jambi, Ressort Jambi Distrik XXV Jambi ini mengungkapkan bahwa keberagaman merupakan rahmat Tuhan yang harus dipelihara dan kekayaan yang harus dijaga. “Jika Pancasila adalah rumah kita bersama, tidak ada alasan untuk tidak bersaudara, ungkapnya dengan nada tegas.



Kepala Bidang (Kabid) Koinonia HKBP Distrik XXV Jambi berharap agar inspirasi semangat Natal menjadi penguatan untuk menghadapi berbagai persoalan di tengah masyarakat. Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th juga berharap supaya Pileg dan Pilpres tahun 2019 di Provinsi Jambi dan seluruh daerah di Indonesia berjalan dengan lancar dan aman.

Diakhir kata sambutannya menyatakan bahwa gereja-gereja sangat mendukung pemerintahan yang bersih , transparan, akuntabel dan memberantas Narkoba, ungkapnya

Saling menghargai dan menghormati

Hadir dalam acara Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi tahun 2018 Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Jambi Dr.Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum bersama istri Hj.Rahima Fachrori (Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi) Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi H. Amsyarnedi, mewakili Walikota Jambi Lhipan Pasaribu, SH (Kaban Kesbangpol Kota Jambi), mewakili Kapolda Jambi, mewakili Danrem 042 / Gapu Jambi.

Dalam kata sambutannya Plt. Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Facrori Umar, M.Hum mengajak seleruh umat beragama untuk bersinergi, bersatu padu dan bekerjasama untuk membangun Provinsi Jambi, agar Provinsi Jambi semakin maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan lebih lanjut bahwa kerukunan adalah sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat di dalam keberagaman, termasuk dengan perbedaan agama, namun tetap bisa hidup dengan damai. Karena kerukunan dan damai menumbuhkan optimisme dalam pembangunan, di daerah dan di tingkat Nasional, ujar mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado ini.

Alumni IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (tahun 1979) menyatakan untuk menciptakan dan memelihara kerukunan dan kedamaian harus saling menghormati dan saling menghargai merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu alumni Universitas Jaya Baya Jakarta (M.Hum – tahun 2003) ini mengajak umat Kristiani dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk saling menghargai dan saling menghormati.

Alumni Universitas Pajajaran Bandung jurusan Ilmu Pemerintahan (S3) ini mengemukakan, ajaran Kristiani mengajarkan untuk menjadi bijaksana dengan menjaga pikiran, tindakan dan ucapan serta mengajak untuk menciptakan kedamaian, hal yang sangat penting dalam menempa akhlak dan moral sebagai pondasi dalam berbangsa dan bernegara.

Diakhir kata sambutannya pria kelahiran Bathin II Babeko Kabupaten Muara Bungo Provinsi Jambi mengatakan bahwa ajaran Kristiani juga mengajarkan untuk menjadi cahaya ditengah kehidupan. Kita semua mesti menjadi cahaya satu sama lain, ungkapnya penuh harap.

Pada kesempatan tersebut, H.Fachrori dan Hj. Rahima Fachrori beserta Paniti Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2018 bernyanyi bersama menyanyikan lagu, “Batanghari” lagu daerah Provinsi Jambi.

Acarapun selesai dengan suasana aman, nyaman dan terkendali dibarenge dengan cuaca yang dapat di ajak bersahabat seharian penuh cerah. Merekapun pulang ke tempat masing-masing dengan penuh suka cita dan damai sejahtera menyertai setiap langkah perjalanan mereka. Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan  Kantor Gubernur Provinsi Jambi, dihiasi dengan Pohon Natal.

Susunan Panitia Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi tahun 2018 Ketua Umum Dr. Kasianus Telaumbanua, SH, MH (Katolik St. Theresia), Ketua I Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min (HKBP Jambi Ressort Jambi), Ketua II Efron Purba, SE (GBI Abadi), Ketua III Pdt. Yayan Gultom (GPdI Elshadai), Sekretaris Umum Lourent S A (GPIB Marturia), Sekretaris I Joky Riduan Hutauruk (HKBP Kebun Kelapa) dan Bendahara G. Langgeng (Katolik St. Theresia), beserta seksi -seksi lainnya.  (MH - Fendi Sinabutar).
Plt. Gubernur Provinsi Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum bersama istri Hj. Rahima Fachrori sedang memasuki tempat pelaksanaan Perayaan Natal Oikumene, 28 Desember 2018. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Pemeriksaan Jemaat yang masuk ke Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi oleh Petugas Keamanan dengan menggunakan alat detektor. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Pemeriksaan Jemaat yang masuk ke Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi oleh Petugas Keamanan dengan menggunakan alat detektor. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Panitia memberikan snack kepada Jemaat yang ikut merayakan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Barisan prosesi Panitia Natal dan Para Pendeta dan Romo pada Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi,28 Desember 2018 paling depan Ketua Panitia Dr. Kasianus Telaumbanua, SH, MH (Poto MH - Fendi Sinabutar).


Suasana Ibadah Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Ibadah Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Pengkotbah Pdt. R. Gultom (GPdI) sedang menyalakan Lilin ketika  Ibadah Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Jemaat sedang mengikuti acara demi acara pada Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar)

Panitia Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018.  (Poto MH - Fendi Sinabutar)

Ketua Paniti Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2018 Dr. Kasianus Telaumbanua, SH, MH sedang menyalakan Lilin .(Poto MH - Fendi Sinabutar)

Kiri - Kanan H. Tambunan, S.Pd dan Abraham Tambun, SE (Poto MH - Fendi Sinabutar).


VG. Mazmur Voice Wijk Paal Merah Lama HKBP Jambi Resort Jambi berpoto bersama, 28 Desember 2018  di Depan Kantor Gubernur Provinsi Jambi. (Poto MH - Fendi Sinabutar)

VG. dari GPIB Marturia Jambi pada Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).

VG. Mazmur Voice Wijk Paal Merah HKBP Jambi Ressort Jambi pada Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Pohon Natal menghiasi Kantor Gubernur Provinsi Jambi pada Perayaan Natal Oikumene, 28 Desember 2018 (Poto MH - Fendi Sinabuitar)

Pohon Natal menghiasi Kantor Gubernur Provinsi Jambi pada Perayaan Natal Oikumene, 28 Desember 2018 (Poto MH - Fendi Sinabuitar)

Ketua Panitia Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2018 Dr. Kasianus Telaumbanua, SH,MH ketika memberikan kata sambutan. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Ketua PGIW Provinsi Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th ketika memberikan kata sambutan pada Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provimnsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).


Bersama Plt. Gubernur Provinsi Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum ketika menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya"  pada Perayaan Natal Oikumene, 28 Desember 2018  (Poto MH - fendi Sinabutar).

Kiri - Kanan Efron Purba, SE, Pdt. R. Gultom, Dr. Kasianus Telaumbanua, SH,MH dan Rm. Pius Pujowiyanto, SCJ, sedang menunggu kedatangan Plt. Gubernur Provinsi Jambi bersama rombongan. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Jemaat sedang mengikuti acara demi acara pada Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, 28 Desember 2018 di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Jambi (Poto MH - Fendi Sinabutar).





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong