Home » , , , , » Simanjuntak se Indonesia Pesta Budaya Pasombu Sihol di Balige

Simanjuntak se Indonesia Pesta Budaya Pasombu Sihol di Balige

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Kamis, 13 Desember 2018 | Desember 13, 2018

Makam Sobosihon boru Sihotang


SIANTAR, MH - Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Boruna (PSSSI) se-Indonesia bakal menggelar pesta adat “Pasombu Sihol” dan ziarah ke makam Sobosihon boru Sihotang, sejak Jumat-Sabtu (14-15/12/2018) di Hutabulu, Kecamatan Balige, Tobasa.

Ketua Umum Panitia, Pardomuan Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (12/12/2018) menyebut, persiapan pelaksanaan kegiatan besar menjelang tutup tahun 2018 itu sudah rampung dilakukan panitia.

“Panitia sudah bekerja dengan maksimal agar pesta dapat berjalan dengan baik. Mulai dari melakukan pembersihan lapangan, pengecatan makam Sobosihon boru Sihotang hingga persiapan kepada sarana dan prasarana yang akan dipakai saat pesta,” kata Pardomuan di Jalan Gereja, Siantar.

Dalam acara, peserta yang akan hadir diperkirakan mencapai 4000-an, termasuk para tokoh marga Simanjuntak, beberapa orang jenderal bermarga Simanjuntak, rombongan tulang marga Sihotang dan Sirait Namora Jobi yang sudah dikonfirmasi bakal hadir. Masyarakat di lokasi acara juga sudah menyatakan kesiapan menyambut dan mensukseskan acara tersebut.

Kegiatan pesta bernafas budaya itu dimulai Jumat malam, pukul 19.30 Wib, berupa hiburan artis ibukota dan Gogo Simanjuntak. Dilanjutkan keesokan harinya, dimulai pukul 09.00 Wib, acara kebaktian dipimpin Pdt Demak Simanjuntak.

“Puncaknya ziarah bersama, manortor bersama diiringi gondang sabangunan serta makan siang dan diakhiri dengan hiburan,” papar caleg Partai Hanura untuk Sumut dapil Siantar-Simalungun tersebut.

Pardomuan mengimbau dan berharap semua pomparan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Boruna agar hadir dan ikut melaksanakan ziarah bersama. (MH - GREENBERITA.com).



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong