Home » , » Dishub Provinsi Sumut dan Jambi Segera Periksa BUS INTRA Tujuan Pematangsiantar-Jambi

Dishub Provinsi Sumut dan Jambi Segera Periksa BUS INTRA Tujuan Pematangsiantar-Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 06 Januari 2019 | Januari 06, 2019

“Setelah sekian lama perjalanan, Bus INTRA BK 7891 TK itu mogok lagi di Perawang Riau Pukul 13.53 WIB Sabtu 5 Januari 2019. Kali Ini yang rusak bola setir bus. Bahkan dua kali bus tak bisa belok dan nyaris bersenggolan dengan kenderaan lain. Dibawah terik matahari yang panas dan di dalam mobil yang pengab, seluruh penumpang turun dan menunggu hingga dua jam. Kami sempat turun dan ingin pindah mobil, tapi tak ada mobil penumpang yang lewat. Setelah diperbaiki kernet dan sopirnya, kemudian Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” dibawa ke bengkel las untuk melas bola setir mobil. Sempat juga was-was sepanjang jalan karena bola setir mobil hanya dilas darurat. Padahal jalan berbelok-belok saat memasuki wilayah Jambi. Namun mobil terus saja melaju menuju Jambi,” jelas Derlina Sinaga. Foto Asenk Lee Saragih

Integritas Supirnya Perlu Dipertayakan

Jambi, MH-Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara dan Jambi diminta untuk melakukan pemeriksaan kepada Perusahaan Angkotan Umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) PT INTRA yang beralamat di Jalan S.M Raja Pematangsiantar No 194. Kantor Perwakilan di Jambi jalan Pattimura Simpang Rimbo Kota Jambi. 

Perusahaan Angkutan Umum Bus AKAP PT INTRA itu kini banyak armadanya tidak laik jalan namun dipaksanakan saat mudik Natal dan Tahun Baru 2019 ini. Armada yang patut diperiksa itu adalah jurusan Pematangsiantar-Jambi dan sebaliknya. Bahkan sepanjang jalan menaikkan penumpang dibangku temple papan panjang. Sehingga membuat penumpang yang resmi membeli tiket di loket jauh hari sebelumnya tidak nyaman di dalam bus sepanjang perjalanan.

Derlina Br Sinaga, warga Kota Jambi, penumpang  Bus INTRA BK 7891 TK tujuan Pematangsiantar-Jambi kepada MH, Minggu (6/1/2019) mengatakan, mobil yang ditumpanginya bersama tiga anak dan suaminya mogok di 4 Januari 2019 sekira Pukul 18.43 WIB di Desa Kampung Pajak Labuhan Batu Utara, Sumut.

“Baru 6 jam perjalanan dari Loket INTRA Pematangsiantar, tiba-tiba di di Desa Kampung Pajak Labuhan Batu Utara, Sumut mogok. Kata kernetnya kopling atau gir mobil tak bisa masuk. Kemudian bus dipinggirkan di sebuah jalan dengan warung. Kepada penumpang diberitahukan sudah ditelepon bus pengganti dari siantar dan menunggu 5 jam. Namun hingga menunggu 6 jam, bus pengganti tak kunjung dating. Justru montir dari Medan yang dating untuk memperbaiki kopling (matahari) gir tersebut. Hingga 2 jam perbaikan, totalnya 8 jam penumpang telantar. Krew Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” itu tak ada meminta maaf dan menawarkan air minum kepada puluhan penumpang yang telantar itu,” terang Derlina Sinaga.
Bus INTRA BK 7891 TK itu mogok lagi di Perawang Riau Pukul 13.53 WIB Sabtu 5 Januari 2019. Kali Ini yang rusak bola setir bus.Penumpang Telantar 2 Jam.Foto Asenk Lee Saragih
Disebutkan, tepat Pukul 03.00 WIB, Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” kembali melanjutkan perjalanan menuju Jambi. 

“Setelah sekian lama perjalanan, Bus INTRA BK 7891 TK itu mogok lagi di Perawang Riau Pukul 13.53 WIB Sabtu 5 Januari 2019. Kali Ini yang rusak bola setir bus. Bahkan dua kali bus tak bisa belok dan nyaris bersenggolan dengan kenderaan lain. Dibawah terik matahari yang panas dan di dalam mobil yang pengab, seluruh penumpang turun dan menunggu hingga dua jam. Kami sempat turun dan ingin pindah mobil, tapi tak ada mobil penumpang yang lewat. Setelah diperbaiki kernet dan sopirnya, kemudian Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” dibawa ke bengkel las untuk melas bola setir mobil. Sempat juga was-was sepanjang jalan karena bola setir mobil hanya dilas darurat. Padahal jalan berbelok-belok saat memasuki wilayah Jambi. Namun mobil terus saja melaju menuju Jambi,” jelas Derlina Sinaga.

Dalam perjalanan, memasuki wilayah Provinsi Jambi, tepatnya di sekitar PT STUD, tiba-tiba Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” berhenti, dengan alas an minyak habis. “Biasanya kami hanya mengisi minyak sekali di Duri dan bisa sampai ke Jambi. Ini kok bisa habis belum waktunya, mungkin karena selang bocor itu,” kata Derlina Sinaga menirukan penjelasan Supir 1 Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran”.

Setelah diberikan bantuan darurat dengan memompa tangki minyak bus, kemudian kenderaan melaju lagi hingga berhenti membeli BBM jeregen (20 liter). Kemudian tiba di wilayah Kabupaten Muarojambi, bus Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” berhenti lagi karena minyak habis. 
Penumpang Penuh Sesak di Banku Tempel Papan Panjang di Dalam Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran”  Tujuan Pematangsiantar-Kota Jambi, Jumat 4 Januari 2019. Foto Asenk Lee Saragih
“Supir 1 Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” pelit sekali. Mobil bus kok ngisi BBM ketengan terbatas. Hingga tanjakan masuk Kota Jambi Simpang Rimbo, Bus INTRA Jambi mogok lagi karena kehabisan minyak. Kemudian kernetnya disuruh memonpa tangki minyak dan akhirnya bisa jalan hingga ke loket BUS INTRA Jambi,” kata Derlina Sinaga.

“Kami tiba di Loket Bus INTRA Jambi tepatnya Pukul 02.00 WIB Minggu 6 Januari 2019. Padahal kami berangkat dari Pematangsiantar , Jumat 4 Januari 2019 Pukul 12.00 WIB. Normalnya seharusnya kami tiba di Jambi Sabtu 5 Januari 2019 Pukul 13.30 WIB. Keterlambatan penumpang tak dihiraukan oleh krew Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran”. Meminta maaf kepada penumpang sepatah katapun tidak. Sebagai penumpang atau konsumen saya meminta Dishub Provinsi Sumatera Utara dan Jambi untuk melakukan pemeriksaan kepada PT INTRA yang beralamat di Jalan S.M Raja Pematangsiantar No 194 dan kantor perwakilan di Jambi jalan Pattimura Simpang Rimbo Kota Jambi. Supir dan kernet Bus INTRA BK 7891 TK “Merek Boru Panggoaran” juga harus diperiksa,” katanya.(Asenk Lee)
 
Bus INTRA BK 7891 TK"Boru Panggoaran 91" tujuan Pematangsiantar-Jambi mogok di Desa Kampung Pajak Labuhan Batu Utara, Sumut,Jumat 4 Januari 2019 sekira Pukul 18.43 WIB. Penumpang telantar hingga 8 jam sebelum bus diperbaiki dan melanjutkan perjalanan dengan bus yang sama ke Jambi. Foto Asenk Lee Saragih
.

Bus INTRA BK 7891 TK"Boru Panggoaran 91" tujuan Pematangsiantar-Jambi mogok di Desa Kampung Pajak Labuhan Batu Utara, Sumut,Jumat 4 Januari 2019 sekira Pukul 18.43 WIB. Penumpang telantar hingga 8 jam sebelum bus diperbaiki dan melanjutkan perjalanan dengan bus yang sama ke Jambi. Foto Asenk Lee Saragih

Bus INTRA BK 7891 TK"Boru Panggoaran 91" tujuan Pematangsiantar-Jambi mogok di Desa Kampung Pajak Labuhan Batu Utara, Sumut,Jumat 4 Januari 2019 sekira Pukul 18.43 WIB. Penumpang telantar hingga 8 jam sebelum bus diperbaiki dan melanjutkan perjalanan dengan bus yang sama ke Jambi. Foto Asenk Lee Saragih


Bus INTRA BK 7891 TK"Boru Panggoaran 91" di Loket di Jalan S.M Raja Pematangsiantar No 194. Foto Asenk Lee Saragih




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong