Home » , , , , » Sukses Pesta Bona Taon Punguan Pomparan Raja Silahisabungan-Boruna se Kota Jambi

Sukses Pesta Bona Taon Punguan Pomparan Raja Silahisabungan-Boruna se Kota Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 23 Januari 2019 | Januari 23, 2019

Pengurus Periode 2019 s/d 2022 Kiri-Kanan Ketua Umum PM. Sinurat/br. Naibaho, Wakil Ketua H. Tambunan, S.Pd/br. Simorangkir, Bendahara ER. Simanungkalit/br. Tambunan dan F. Sinabutar/br. Simarmata Pesta Partangiangan Bona Taon Minggu, 20 Januari 2019 di gedung Asi Ni Roha. Foto-Foto Fendi Sinabutar

JAMBI, MH– Bersukacita, bersekutu, berdoa bersama dan mengucap syukur kepada Tuhan atas segala kasih karuniaNya, sehingga dapat melangkah ke tahun 2019. Hal inilah tersirat makna Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna.

Bertempat di Gedung Asi Ni Roha Kotabaru Jambi dilaksanakan hajatan perhelatan  Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna, Minggu 20 Januari 2019 yang dihadiri sekitar 1.500 orang.

Dengan Tema : “ Ida ma denggan nai dohot sonang nai, molo tung pungu sahundulan akka namarhahamaranggi.” Dan Sub Tema : “ Asa rap masihaholongan na manontong ro di sandok sundut Pomparan Raja Silahisabungan.”

Aksi Sosial Panitia

Untuk tahun 2019 ini sebagaimana tradisi yang telah dilaksanakan 7 tahun yang lalu sebagai  Bolahan Amak (Panitia pelaksana ) adalah Turpuk Marga Tambun Raja ( Pomparan Raja Silahisabungan : 1. Loho Raja, 2. Tungkir Raja, 3. Sondi Raja, 4. Butar Raja, 5. Dabariba Raja, 6. Debang Raja,  7. Batu Raja dan 8.Tambun Raja pasiahon boruna Deang Namora).

Dengan penuh semangat mereka datang dari penjuru Kota Jambi dan sekitarnya. Partangianngan sekaligus ajang silaturahmi  dan menjalin hubungan kekeluargaan ini, merupakan acara rutin tiap awal tahun mereka laksanakan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala pertolonganNya senantiasa menyertai semua anggota punguan dapat melangkah ke tahun 2019 yang walaupun mengalami kisah kehidupan pada tahun 2018 yang lalu.

Sebelum acara Pesta Partangiangan dilaksanakan Panitia Pesta Tambun Raja Bolahan Amak bersama Badan Pangurus Harian periode tahun 2016 – 2019 dan Penasehat Punguan melaksanakan kegiatan  Aksi  Sosial  untuk mengunjungi sekaligus membawa di dalam doa  anggota punguan.

Beberapa tahun terakhir ini anggota punguan tersebut tidak pernah ikut dalam kegiatan punguan, karena mereka dalam keadaan sakit maupun dalam pemulihan. Menurut laporan panitia mereka telah mengunjungi sebanyak 18 Kepala Keluarga. Hal ini perlu dilaksanakan karena kegiatan punguan tersebut bukan hanya  sekedar pesta-pesta, akan tetapi mamfaat punguan itu dapat diaktualisasikan terhadap anggota punguan.

Mereka sama-sama bersukacita, saling menyapa ngobrol bersama dan berjabat tangan mengucapkan “Selamat Tahun Baru”. Terlihat makna kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban di antara  mereka.

Dihibur Artis Ibu Kota DKI Trio Santana

Badan Pengurus Harian dan Penasehat punguan mengapresiasi perhelatan Pesta Partangiangan ini, karena baru pertama dilaksanakan ketika masuk ke ruangan gedung diadakan prosesi penyambutan oleh anak-anak Pomparan Raja Silahisabungan dari Tambun Raja.

Merekapun masuk ke ruangan gedung di sambut dengan tortor, urutan barisan Ketua Umum bersama istri, Ketua Panitia bersama istri dan Sekretaris bersama istri, berurutan mewakili dari Turpuk Marga Loho Raja sampai Batu Raja, yang dipandu L. Tambunan, SE / br. Pasaribu selaku Penasehat Punguan.

Perayaan diawali dengan seremoni kebaktian yang dipimpin Pdt. Immanuella Sitorus, S.Th yang sehari-hari melayani di gereja HKBP Ressort  Jambi. Renungan di ambil dari Naats Mazmur 133:1. Sementara liturgis disampaikan Ny.AH Tambunan br. Butar – Butar. Doa syafaat dipanjatkan oleh L. Tambunan, SE/ br. Pasaribu.

Selama kebaktian berlangsung lagu-lagu pujian berkumandang yang dibawakan oleh Vokal Group Silahisabungan “ Pujilah Allah” dan Trio Silahisabungan “Sai Naeng Hugolom tanganMi”.  

Sebagai Song leader Bram Tambun, SE, Tata Silalahi dan Kartika br. Simamora, piona dimainkan Nico Pasaribu, saxophone Andre Pasaribu dan Organis Diny Cecilia br. Sinabutar. Setelah selesai acara kebaktian dilanjutkan dengan makan bersama. Doa makan dipimpin oleh Pdt. Immanuella Sitorus, S.Th.

Suasana semakin meriah tatkala artis Ibu Kota DKI Jakarta Trio Sentana menyanyikan lagu “Tangiang ni Dainang” dapat menghibur mereka. Alunan musik yang apik dengan suara manis Trio Santana dapat memukau para hadirin dengan histeris mereka  ikut larut dalam kegembiraan. Dalam acara ini Trio Sentana menyanyikan lagu-lagu lawas Batak.

Acara dilanjutkan dengan manortor Panita Pesta, Penasehat bersama istri dan Natua-tua ni punguan bersama istri, Badan Pengurus Harian bersama istri  dan ketua sub marga, mewakili turpuk marga bersama istri dan mewakili boru berama suami  dari Turpuk Marga . Suasana semakin meriah dan semarak tatkala alunan musik bersama Trio Santana dapat memukau para hadirin.

Pergantian  dan Pengukuhan Pengurus Punguan

Trio Santana  membawakan  tembang-tembang hits Batak yang dinyanyikan dengan manis, membuat hadirin larut dalam kegembiraan, berjoget dan manortor bersama, sambil merogoh kantongnya sembari menyawer, dengan spontan dapat menghimpun dana puluhan juta rupiah. Pantauan Majalah Holong Online di gedung tersebut hampir semuanya para hadirin ikut manortor dan menyumbang.

Berjam-jam lamanya mereka berjoget dan manortor bersama tidak merasa Lelah. Suasana Semakin meriah dan semarak ketika  pemandu acara mendaulat Iren br. Simanungkalit feat dengan Trio Sentana bernyanyi, suara mereka pun dilelang. Dengan spontan mereka berlomba-lomba, saling tawar- menawar, untuk memberikan sumbangan seketika itu dana dapat terhimpun jutaan rupiah.



Untuk lebih mempererat hubungan kekeluargaan dan keakraban diantara mereka diadakan penarikan undian berhadiah hiburan. Disini terlihat para hadirin melihat nomor-nomor yang dibelinya, pemandu acara memanggil nomor keberuntungan, dengan serentak mereka melihat nomor siapa yang mendapat keberuntungan.

Dilanjutkan dengan pengukuhan pergantian pengurus periode Januari tahun 2019 – Januari 2022. Adapun Susunan Pengurus Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna Se Kota Jambi Nahumaliangna :

I. Dewan Penasehat : 1. Op. Advent Sihaloho / br. Simarmata, 2. Op. Sando Sinabutar / br. Simarmata, 3. Op. Priscilla Sidabariba / br. Munthe, 4. Op. Elga Sigiro / br. Sitanggang,  5. Op. Josua Tambunan / br. Nainggolan, 6. L. Tambunan, SE / br. Pasaribu.

II. Badan Pengurus Harian  (BPH) : Ketua Umum : PM. Sinurat / br. Naibaho,  Wakil Ketua I : H. Tambunan, S.Pd / br. Simorangkir,  Wakil Ketua II : Semua Ketua Sub Marga,  Sekretaris  : Drs. F. Sinabutar / br. Simarmata, Bendahara,   ER. Simanungkalit / br. Tambunan.

III. Koordinator Adat       : B. Sidebang, SP / br. Girsang,  Anggota :  1. Ap. Riduan Sinurat / br. Nainggolan, 2. Ap. Budi Silalahi / br. Simangunsong , 3. N. Tambunan / br. Panjaitan (+), 4. P. Tambunan / br. Simamora.

IV. Koordinator Naposo :  L. Doloksaribu / br. Panjaitan, Anggota  : Jhon Veri Sihaloho / br. Sitorus.

Selanjutnya Punguan memberikan hadiah kepada anak-anak yang berprestasi di sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA juara 1, 2 dan 3 kelas. Sekaligus memberikan penghargaan kepada pencipta lagu Tortor Raja Silahisabungan setiap ada pesta pernikahan Pomparan Raja Silahisabungan dohot se Kota Jambi Nahumaliangna lagu ini selalu dinyanyikan. Pencipta lagu tersebut :  H. Tambunan, S.Pd, T. Sihaloho, S.Pd, D.Tambunan, Bram Tambun, SE, J. Silalahi dan B. Sidebang, SP.

Dilanjutkan dengan perkenalan calon anggota legislatip dari Pompara Raja Silahisabungan yang di pandu oleh F. Sinabutar  1. Tawaman Sihaloho, S.Pd dari Partai PSI Nomor Urut 2 Dapil 2 Kec. Alam Barajo untuk DPRD Kota Jambi, 2. Ralyamson Sidabariba, SH Partai Berkarya Dapil 2 Kec. Alam Barajo Nomor Urut 2 untuk DPRD Kota Jambi, 3. Abdul Hasbi Tambunan, SE dari Partai Nasdem Dapil 5 Jambi Selatan Paal Merah untuk DPRD Kota Jambi, 4. Thomas Iwan Dabukke dari Partai PDI Perjuangan Dapil Kotabaru Nomor Urut 3 untuk DPRD Kota Jambi.

5. Jhon Very Sihaloho dari Partai PSI yang juga Ketua DPW PSI Provinsi Jambi Dapil 1 seluruh Kota Jambi Nomor Urut 1 untuk DPRD Provinsi Jambi, 6. Ir. Parlindungan Silalahi dari Partai Perindo Dapil Kota Jambi Nomor Urut 9 untuk DPRD Provinsi Jambi, 7. Jefri Bentara Pardede dari Partai Golkar Dapil 1 Kota Jambi Nomor Urut 4 untuk DPRD Provinsi Jambi dan 8.  Agus Lomara Sembiring Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi  dari Partai Perindo Nomor Urut 3.

Setelah perkenalan caleg tersebut dilanjutkan dengan perkenalan anggota baru punguan dari setiap sub marga: 1. Sihaloho sebanyak 9 KK, 2. Situngkir, Sipakkar, Sipayung sebanyak 4 KK, 3. Silalahi sebanyak 1 KK, 4. Sinurat sebanyak 6 KK, 5. Rumasingap/Rumasondi sebanyak 2 KK, 6. Sidabariba 2 KK, 7. Sidebang sebanyak 1 KK,  8. Batu Raja sebanyak 1 KK, 9. Tambun sebanyak 1 KK.

10. Tambunan Pagaraji sebanyak 3 KK, 11. Tambunan Lumbanpea sebanyak 5 KK, 12. Tambunan Lumbangaol 1 KK, 13.Tambunan Baruara 5 KK dan 14. Tambunan Sunge 2 KK, jumlah anggota baru tahun 2019 sebanyak 43 KK sementara anggota lama sebanyak 687, jumlah anggota Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna Se Kota Jambi Nahumaliangna Tahun 2019 sebanyak 730 KK.

Dilanjutkan  acara bernyanyi bersama dengan Trio Santana, kembali suasana meriah dan semarak mereka berjoget dan manortor bersama, acarapun selesai dan ditutup dengan Doa dan penarikan pengundian terakhir doorprize yang disumbang oleh Kapt. CPM. Edison Sihaloho. Merekapun pulang ke tempat masing – masing dengan penuh suka cita. (MH- Fendi Sinabutar).

Bersama Trio Sentana artis Ibu Kota DKI, Pesta Partangiangan Bona Taon Minggu, 20 Januari 2019 di gedung Asi Ni Roha Kotabaru Jambi 

Kiri-Kanan Andre Pasaribu Pioano, Nico Pasaribu Saxophone, Song Leader Bram Tambun,SE, Tata br.Silalahi dan Ny. D. Tambunan  br. Simamora, Diny Cecilia br. Sinabutar Organis, Pdt. Immanuella br. Sitorus, S.Th, Ny. AH.Tambunan br. Butar-Butar, L.Tambunan, SE dan H.Tambunan, S.Pd.
Barisan prosesi penyambutan unutk memasuki ruangan gedung Pesta Partangiangan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna Se Kota Jambi Nahumaliangna Minggu, 20 Januari 2019 Gedung Asi Ni Roha Kotabaru Jambi.

Liturgis ketika Kebaktian Ny. AH. Tambunan br. Buitar-Butar dan Pdt. Immanuella br. Sitorus, S.Th

Suasana Kebaktian

Vocal Group Silahisabungan

Kiri Kanan  Tambunan/br. Simamora, Op. Elga Sigiro / br. Sitanggang, P. Tambunan/br. Simamora
Kiri-Kanan Jhon Very Sihaloho Ketua DPW PSI Caleg untuk DPRD Provinsi Jambi Dapil Seluruh Kota Jambi dan Tawaman Sihaloho, S.Pd caleg dari Partai PSI 2 Nomor Urut 2 Dapil Kec. Alam Barajo Kota Jambi.

Kiri-Kanan L.Tambunan, PM. Sinurat, Op. Sando Sinabutar, Op. Gavra Sinabutar, L. Doloksaribu.

Trio Santana
Jefri Bentara Pardede caleg dari Partai Golkar untuk DPRD Provinsi Jambi Dapil  1 Kota Jambi Nomor Urut 4 

Kiri-Kanan Saxophone Nico Pasaribu, Organis Diny Cecilia br. Sinabutar, Song Leader Bram Tambun, SE, Tata br. Silalahi dan Ny. D. Tambunan br. Simamora

L.Tambunan, SE kiri Iren br. Simanungkalit

Pdt. Immanuella br. Sitorus, S.Th saat menyampaikan kotbah

Suasana Kebaktian
Trio Santana bersama  Ketua Umum PM. Sinurat/br. Naibaho

 
Kiri - Kanan Ny. F. Sinabutar br. Simarmata, Ny. PM. Sinurat  br. Naibaho, Ny. H.Tambunan, S.Pd br. Simorangkir dan Ny. ER. Simanungkalit br. Tambunan.
  
Kiri - Kanan Tawaman Sihaloho, S.Pd Caleg dari Partai PSI Dapil 2 Kec. Alam Barajo untuk DPRD Kota Jambi Nomor Urut 2 , Ralyamson Sidabariba, SH Partai Berkarya caleg DPRD Kota Jambi Dapil 2 Kec. Alam Barajo Nomor Urut 2, Abdul Hasbi Tambunan, SE Partai Nasdem untuk DPRD Kota Jambi Dapil 5 Jambi Selatan Paal Merah, Thomas Iwan Partai PDI Perjuangan untuk Kota Jambi Dapil Kotabaru Nomor Urut 3, Jefri Bentara Pardede Partai Golkar caleg DPRD Provinsi Jambi Dapil 1 Kota Jambi Nomor Urut 4, Jhon Very Sihaloho Partai PSI Dapil 1 Seluruh Kota Jambi caleg DPRD Provinsi Jambi Nomor Urut 1 dan  Ir. Parlindungan Silalahi Partai Perindo Dapil Kota Jambi Nomor Urut 9 Caleg DPRD Provinsi Jambi.
  
Saat memberikan Hadiah Utama Kiri - Kanan PM. Sinurat Ketua Umum, Kapt. CPM. Edison Sihaloho, Ny.Sirait/br. Sidabariba Minggu, 20 Januari 2019.
                                    

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong