Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Penahbisan Uskup Agung Medan Dihadiri Uskup Seluruh Indonesia dan 14.000 Umat

Siaran langsung tahbisan Uskup Agung Medan yang baru, Mgr Kornelius Sipayung OFM.Cap. 


Medan, MH - Umat Keuskupan Agung Medan merasakan sukacita yang besar dengan pengangkatan Uskup Agung terpilih oleh Paus Fransiskus pada tanggal 08 Desember 2018, pada Perayaan Hari Raya Maria dikandung tanpa noda.

Pada hari tersebut Paus Fransiskus  menetapkan RP Kornelius Sipayung OFMCap yang pada saat itu menjabat Minister Provinsial Ordo Kapusin Propinsi Medan menjadi uskup Keuskupan Agung Medan.

Tahbisan uskup yang terakhir kali terjadi di wilayah Keuskupan Agung Medan adalah pada tanggal 25 Juni 1975, tatkala Mgr.A.G Pius Datubara ditahbiskan menjadi uskup. Dan lebih istimewa lagi adalah karena Mgr Kornelius adalah Uskup Agung Medan yang sejak penunjukkannya sudah diangkat menjadi uskup Agung,dan sejak pengangkatan ini,sebutan yang dikenakan kepada uskup terpilih adalah Mgr Kornelius Sipayung OFMCap.

Kabar sukacita penunjukan uskup baru ini secara resmi diumumkan di Keuskupan Agung Medan oleh Mgr Anicetus Sinaga yang saat ini menjabat Uskup Agung dalam perayaan Ekaristi di gereja Katedral Medan, dengan membacakan surat pengangkatan dari Paus kepada umat beriman yang hadir serta kepada seluruh umat di seluruh wilayah keuskupan.

Pada saat yang sama disampaikan juga bahwa surat pengunduran diri Mgr Anicetus Sinaga sebagai uskup agung Medan, diterima oleh Paus Fransiskus berhubung karena usia yang sudah melampaui 75 tahun atau kini usia 77 tahun.

Peristiwa iman ini akan dirayakan oleh segenap umat Keuskupan Agung Medan bersama dengan pihak-pihak lain yang merupakan bagian dari kehadiran Gereja Katolik di wilayah Sumatera Utara.Perayaan Pentahbisan Uskup Agung Medan yang baru ini adalah juga menjadi bagian kehidupan bermasyarakat dan bernegara di NKRI yang kita cintai ini.

Adapun rangkaian kegiatan pentahbisan Uskup baru ini adalah :

- Hari Jumat tgl 01 Februari 2019  pukul 17.30 - 18.30 di Gereja Katedral St Maria Dikandung Tanpa Noda Medan serta dilanjutkan resepsi Jamuan Makan Malam di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara.

Kemudian Hari Sabtu tanggal 02 Februari  2019 jam 15.00 - 19.00 di Gedung Serba Guna Pemprovsu dan dilanjutkan resepsi di lokasi yang sama 

Perayaan ini merupakan puncak dari Pentahbisan Uskup Agung yang baru. Nuntius dengan dua uskup penahbis lain dan dihadiri oleh para Uskup dari seluruh Indonesia, para imam yang akan berjumlah 300 orang,biarawan-biarawati dan umat beriman dari berbagai lapisan yang diperkirakan mencapai 14.000.

Pada perayaan ini akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara,Walikota Medan,Pangdam serta Kapolda,perwakilan gereja-gereja Kristen serta perwakilan dari agama lain.



Dilanjutkan dengan perayaan ekaristis stasional dimana Uskup Agung Emeritus menyerahkan tongkat kegembalaan keuskupan kepada uskup yang baru.

Pada kesempatan ini,untuk pertama sekali uskup agung baru akan memimpin Ekaristi di Keuskupan Agung Medan dan untuk pertama sekali menduduki tahta uskup yang terdapat di Gereja Katedral Medan,yang biasa disebut Katedra,sejak itulah seluruh kuasa pengembalaan ada di tangan Mgr Kornelius Sipayung.

Perayaan Ekaristi Stasional dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 03 Februari 2019 di Gereja Katedral Medan.

Riwayat singkat Mgr Kornelius Sipayung OFMCap :

Nama Ayah : Fransiskus Hotman Sipayung
Nama Ibu : Hongmailim Rosa Tamsar
Pekerjaan Ayah : Pensiunan PNS
Pekerjaan Ibu : Bertani

Data Pribadi :

Nama : Kornelius Sipayung
Tempat /Tgl lahir : Bandar Hinalang,26 Agustus 1970
Anak ke - 1 dari 8 

Pendidikan :

1. SD KATOLIK DON BOSCO Saribudolok
2. SMP KATOLIK BUNDA MULIA Saribudolok
3. SMA Seminari Menengah Pematang Siantar
4. Rhetorica Seminari Menengah Pematang Siantar
5. Nopisiat Kapusin Parapat
6. Filsafat - Teologi STFT St Yohanes Pematang Siantar
7. Tahun Orientasi Pastoral di Paroki Aek Kanopan sejak juli 1996 - 1997
8. Teologi STFT St Yohannes Pematang Siantar tahun 1997 - 1999
9. Tahbisan Diakon Juli 1999
10.Tahbisan Imamat 11 Desember 1999
11.Studi lanjut di Gregorian University Rome tahun 2002 - 2005
12.Kursus - kursus

Mgr Kornelius OFMCap juga banyak mengarang buku - buku karya ilmiah serta juga pencipta lagu Rohani dan juga sebagai pimpinan produksi Album Tembang Persaudaraan.

Informasi ini disampaikan Panitia Pentahbisan Uskup Agung Medan dalam jumpa pers dengan awak media  yang disampaikan oleh ketua Panitia RD Eko Sebastianus didampingi Sekretaris RP Selestinus Manalu OFCap,Humas d Romo Beno dan Hendrik Halomoan Sitompul di Catholic Centre. (MH – Gideon Manik).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar