Home » , , , , » Selamat Jalan Inang Na Burju Ramainta boru Turnip Dalam Usia 78 Tahun

Selamat Jalan Inang Na Burju Ramainta boru Turnip Dalam Usia 78 Tahun

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Jumat, 15 Februari 2019 | Februari 15, 2019

Op. Arland boru Turnip lokasi poto di depan ruangan gereja  HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi pada  bulan Nopember 2018. (Poto MH- Fendi Sinabutar).

JAMBI, MH -  “Janganlah gelisa hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada Ku. Di rumah Bapa Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku menyatakan kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.” ( Yohannes 14: 1-3).

Ayat tersebut di ataslah yang di Amini seluruh pinompar (ketukuranan) Ramainta boru Turnip atau yang sering di sapa  dengan Op. Arland boru Turnip, ketika mereka melepas kepergian Ibu/Mertua/Ompung tercinta  untuk menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dengan doa agar dapat di terima di sisi Tuhan Yesus Kristus. Yang walaupun deraian air mata menetes membasahi pipi pertanda rasa duka yang sangat mendalam menyelimuti semua pinompar atau keturunan Op. Arland boru Turnip. Semasa hidupnya banyak kenangan manis dan indah yang tak dapat dilupakan begitu saja.

Biarlah kenangan tersebut diingat sepanjang masa dan sebagai bekal bagi pinompar untuk menatap masa depan yang lebih baik dengan catatan semua pinomparnya harus saling memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Adapun semua pinompar / keturunan Op. Arland boru Turnip sebanyak 26 orang, yang tersebar di beberapa daerah Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Negara Republik Indonesia.

Op. Arland boru Turnip semasa hidupnya aktif juga di kegiatan Gereja seperti Koor, dan terakhir Punguan Lanjut Usia (Lansia) di gereja HKBP Simarmata Resort Simarmata Distrik VII Samosir. Op. Arland boru Turnip lahir di Desa Sigurgur, 31 Desember 1940 Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara dan menghembuskan napas terakhir hari Selasa, 5 Februari 2019.



Terlebih di tengah-tengah  masyarakat dia dapat menyatu di setiap kalangan dan selalu ikut berpartisipasi dalam bentuk apapun kegiatan yang ada di tengah-tengah masyarakat, baik ulaon las ni roha terlebih  ulaon arsak ni roha.

Terlihat ketika mereka datang untuk melayat, memberikan kata penghiburan, sebahagian ada yang langsung menangis mengingat kenangan manis dan indah yang diperbuatnya semasa hidupnya. Mereka juga menyatakan sangat kehilangan atas kepergian Op. Arland boru Turnip, karena pertemanan semasa hidupnya  begitu baik dan akrap.

Bagi kami semua  pinomparnya dia adalah merupakan  seorang ibu yang tangguh, sebagai panutan dan dapat mengayomi semua pinomparnya sekaligus sebagai sahabat. Selalu memberikan nasehat-nasehat (poda) dan pesannya, “Hamu sude pinomparhu ikkon marsiamin-aminan songon lappak ni gaol, marsitungkol-tungkolan songon suhat dirobean, dan selalu mengandalkan Tuhan di dalam setiap pekerjaan.”

Turut juga melayat dan memberikan kata penghiburan dan ibadah singkat  Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuae, M.Th, D.Min bersama rombongan dari Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung, Jum’at, 8 Februari 2019. Hari Sabtu, 9 Februari 2019 ketika berlangsung acara adat ulaon Saurmatua, Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th datang juga melayat dan memberikan kata penghiburan.

Sehari sebelumnya rombongan bahagian Keuangan Kantor Pusat HKBP datang melayat dan memberikan kata penghiburan, karena salah seorang pinompar ni Op. Arland boru Turnip bekerja di Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung Linda Sinabutar. Dan rombongan Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Perkumpulan Guru Paud  (PGP) Se Kecamatan Pangururan teman dari Hotriana Sinabutar.
Tak ketinggalan perkumpulan yang diikuti semasa hidupnya semisal Punguan STM, Punguan Lanjut Usia (Lansia), Punguan Pomparan Raja Silahisabungan, Boru, Bere, Ibebere se Desa Simarmata, dan lain-lainnya. Merekapun merasa sedih bahkan ada juga yang menangis.

Majelis dan jemaat HKBP Simarmata, Resort Simarmata Distrik VII Samosir melaksanakan acara Ibadah penghiburan yang dipimpin oleh Pdt. Jona Simanungkalit, S.Th, MM selaku pimpinan jemaat HKBP Simarmata Resort Simarmata.

Di sepanjang jalan lintas Kabupaten Samosir dekat rumah tempat almarhumah disemayamkan, terlihat puluhan karangan bunga papan Ucapan Turut Berduka Cita dan Selamat Jalan atas meninggalnya Op. Arlan boru Turnip, tersusun rapi menghiasi jalan raya tersebut.

Acara pelaksanaan adat Dalihan Na Tolu berjalan dengan baik, aman dan tertib yang walaupun sore harinya  gerimis turun namun tidak mengganggu acara. Selanjutnya upacara dengan sakramen pemakaman pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 diserahkan kepada gereja.

Hal ini dipimpin langsung oleh Pdt. Jonan Simanungkalit, S.Th, MM selaku Pendeta Resort HKBP Simarmata. “ Selamat Jalan,,, Ibu/Mertua/Ompung tercinta, dan semoga diterima disisi Tuhan Yesus Kristus,,,,. Amin!!!. (MH - Fendi Sinabutar Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online).


Kiri Dr. Pernando Sinabutar, S.Hut, Drs. Fendi Sinabutar dan Marihot Sinabutar, 9 Februari 2019. (Poto MH).

Pinompar atau keturunan almarhum Op. Arland boru Turnip poto pada hari Sabtu, 9 Februari 2019. (Poto MH).

Pinompar ni Op. Arland boru Turnip ( anak dan parumaen, boru dan hela) 9 Februari 2019 (Poto MH).

Pahoppu dari Anak 9 Februari 2019 (Poto MH).

Boru dohot Hela, 9 Februari 2019 (Poto MH)

Namboru dohot Amangboru 9 Februari 2019 (Poto MH)

Kanan Pdt. David Farel Sibuea, M.Th, D.Min Sekretaris Jenderal HKBP

Kiri Parumaen Ny. Pernando Sinabutar boru Turnip, Ny. Fendi Sinabutar boru Simarmata dan Ny. Marihot Sinabutar boru Simarmata 9 Februari 2019. (Poto MH).

Kiri Boru : Hotriana br Sinabutar, A.Md, Rooling br. Sinabutar, SSi, Asdarisma br. Sinabutar, A.Md dan Linda br. Sinabutar, A.Md 9 Februari 2019 (Poto MH).

Pahoppu dari Anak dan Boru 9 Februari 2019 (Poto MH)

Ibadah penghiburan dipimpin oleh Pdt. Jonan Simanungkalit, S.Th, MM pimpinan jemaat HKBP Simarmata Resort Simarmata Distrik VII Samosir  (Poto MH)

Koor Lanjut Usia (Lansia)  Poto MH

Koor dari Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung Tapanuli Utara (Poto MH).

Kanan Jesman Sijabat bere (Poto MH)



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong