Home » , , , , » Basoka Sagala Terus Galang Dukungan Masyarakat Jelang Pencoblosan Pileg 17 April 2019

Basoka Sagala Terus Galang Dukungan Masyarakat Jelang Pencoblosan Pileg 17 April 2019

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Senin, 25 Maret 2019 | Maret 25, 2019

Sabtu 24 Maret 2019, Basoka Salaga menyaksikan dan menyerahkan hadiah bagi  pemenan Juara I, II dan III pada Lomba Kicau Burung di Lapangan Langit Biru  Pasar  Baru, Kota Jambi.
Sudah Hadiri 60 Pesta Bona Taon Marga Batak

Jambi, MH-H-24 pencoblosan Pemilihan Legislatif (Pileg) Rabu 17 April 2019, Basoka Sagala SH MH  Caleg DPRD Provinsi Jambi (Perindo) Nomor Urut 3 Dapil Kota Jambi terus melakukan blusukan sosialisasi di daerah pemilihan. Menyapa warga lewat menghadiri sejumlah kegiatan sosial terus dilakukannya.


Seperti pada Sabtu 24 Maret 2019, Basoka Salaga menyaksikan dan menyerahkan hadiah bagi  pemenan Juara I, II dan III pada Lomba Kicau Burung di Lapangan Langit Bbiru  Pasar  Baru, Kota Jambi.

Pada kesempatan itu dia menyampaikan   agar  perlombaan  tersebut  ditingkatkan,  guna meningkatkan bagi  penggemar  burung berkicau  di  Jambi. Dirinya juga meminta Doa Restu dan Dukungan pada  tanggal  17  April  2019 agar dating ke TPS dan memilih Basoka Sagala sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi Jambi.

Tak hanya kegiatan hobi yang dihadiri Basoka Sagala. Dalam melakukan sosialisasi, dirinya juga mengutamakan Pesta Tradisi Masyarakat Kota Jambi asal Tanah Batak yakni “Pesta Bona Taon Marga-Marga Batak di Jambi”.

Pada Sabtu dan Minggu (23-24 Maret 2019), Basoka Sagala menghadiri Pesta Bona Taon Marga Sagala, Nainggolan, Ambarita, Lumbantobing, Siburian dan Malau se Kota Jambi. 

Kehadiran Basoka Sagala dibeberapa  undangan  Pesta Bona Taon Marga Batak di Jambi, merupakan komitmen optimisme bahwa masyarakat Kota Jambi asal Tanah Batak adalah bagian dari pergerak pembangunan di Jambi. 
Basoka Sagala Dalam Salah Satu Kegiatan
Basoka Sagala juga mengapresiasi Tradisi Budaya Batak “Pesta Bona Taon” tetap diabadikan kumpulan marga-marga Batak hingga ke Kota Jambi. Acara Pesta Bona Taon (Pesta Awal Tahun) merupakan salah satunya yang tetap erat dilaksanakan kumpulan marga-marga di Kota Jambi. 

Pesta Bona Tahun juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batak di tanah perantauan. Pesta Bona Tahun ini sudah merupakan kewajiban bagi setiap perkumpulan marga-marga disetiap awal tahun tiba dalam bersilaturahmi sesama anggota kumpulan, terutama dalam membangun kebersamaan diantara marga-marga di Kota Jambi.

Basoka Sagala juga akan menhadiri Pesta Bona Taon Kumpulan Marga Girsang –Boru-Panagolan se Kota Jambi yang akan dilaksanakan Minggu 31 Maret 2019. Hal itu dibenarkan Ketua DPW P Girsang-Boru-Panagolan Kota Jambi Jakasim Girsang.

Optimisme Menuju DPRD Provinsi Jambi

Seperti diberitakan Jambipos sebelumnya, keseriusan dan optimisme AKBP (Purn) Basoka Sagala SH MH mencalonkan sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi tampaknya tak diragukan lagi. Setelah pensiun sebagai salah satu Pamen Polda Jambi, Bazoka Sagala langsung mengambil peluang untuk tetap mengabdi sebagai masyarakat sipil lewat Politisi. Tentunya lewat Partai Politik, salah satunya langkah yang tepat untuk mencapai tujuan pengabdian sebagai wakil rakyat di dewan nantinya.

Memilih Partai Perindo tampaknya langkah yang jitu bagi Basoka Sagala dalam memasuki dunia baru sebagai Politisi. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo (Bos Media) itu, tampaknya sudah mantap sebagai pilihan Bazoka Sagala. Keseriusan sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi, tampaknya ditunjukkan seorang Bazoka Sagala dalam masa sosialisasi blusukan ke daerah pemilihan Kota Jambi.

Dalam bincang-bincang Jambipos dengan Basoka Sagala di kediamannya, Senin (25/2/2019) pagi lalu, Caleg DPRD Provinsi Jambi (Perindo) Nomor Urut 3 Dapil Kota Jambi ini mengutarakan optimisme dalam menuju gedung DPRD Provinsi Jambi pada Pileg Rabu 17 April 2019 mendatang.

“Saya memilih Perindo dengan berbagai pertimbangan. Visi dan Misi Perindo dan semboyang yang diusung membuat saya tertarik. Saya memulai dunia baru sebagai Politisi setelah pensiang dari Polri. Lewat Politik bisa membantu dan mengabdi untuk rakyat. Optimisme ini yang saya rajut untuk mencapai tujuan mulia sebagai wakil rakyat di dewan,” ujar Bazoka Sagala memulai perbincangan.
 
Menurut Basoka Sagala, sebagai Putra asal Batak asal Sumatera Utara, tentunya silaturahmi kepada masyarakat Batak di Kota Jambi khususnya, tentunya sudah menjadi kewajiban. Melakukan silaturahmi yang tepat dengan komunitas marga-marga Batak di Kota Jambi adalah menghadiri Pesta Bona Taon Kumpulan Kerabat Marga-Marga Batak (Pesta Awal Tahun Kerabat Marga Batak).

“Awalnya saya berpikir bersosialisasi di komunitas masyarakat Batak hanya kepada marga-marga tertentu saja. Namun setelah dijalani, hingga 25 Februari 2019, sudah 53 Pesta Bona Taon marga Batak yang saya hadiri. Bahkan setiap Jumat, Sabtu, Minggu undangan menghadiri Pesta Bona Taon Kerabat Marga Batak terus berdatangan. Ini akan saya jalankan semua untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan niat baik dengan visi dan misi sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi,” ujar Bazoka Sagala yang sudah hampir 12 tahun mengurusi Pertina Jambi ini.

Dari setiap kunjungannya di Pesta Bona Taon Kumpulan Kerabat Marga Batak, Bosaka Sagala selalu memohon Doa Restu dan dukungan, agar bisa mengabdi sebagai wakil rakyat di Gedung DPRD Provinsi Jambi dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Jambi ke Pemerintah lewat tugas dan fungsi legislatife.

Menurut Basoka Sagala, setidaknya ada 8 caleg DPRD Provinsi Jambi dari etnis Batak dari Dapil yang sama yakni Kota Jambi. Disetiap menghadiri sebagian Pesta Bona Taon, caleg DPRD Provinsi Jambi dari Partai yang berbeda juga hadi bersama Bazoka Sagala. Namun Bazoka Sagala hal itu bukan menjadi penghalang atau persoalan “rival” baginya, tapi hanya sebagai motivasi untuk menunjukkan integritas, kapasitas siapa yang layak untuk mewakili rakyat di dewan.

“Ada sebagian saat saya menghadiri Pesta Bona Taon, ada juga hadir caleg DPRD Provinsi Jambi dari partai yang berbeda. Namun saya tetap menghargai dan merangkul mereka untuk berjuang sama-sama dalam mendapatkan simpatik dan dukungan masyarakat. Kita hadir sama-sama dan menyampaikan niat dan tujuan sebagai caleg. Saya selalu menekankan rasa optimisme dan penyampaian Visi-Misi dalam memperjuangkan aspirasi rakyat kelak di dewan,” ujarnya.

Terbaru yang dihadiri Basoka Sagala Pesta Bona Taon adalah Kerabat Kumpulan Marga Panjaitan se Kota Jambi di Gedung Asiniroha, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu 24 Februari 2019. Dihadapan ribuan anggota Kumpulan Marga Panjaitan itu mengajak agar Politisi etnis Batak bisa duduk di DPRD Provinsi Jambi Dapil Kota Jambi.

“Suatu kebanggaan bagi saya jika diberikan mandat oleh masyarakat Kota Jambi kepada saya duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi. Tentunya hal ini tak semudah membalikkan tangan, tentunya butuh perjuangan dengan rasa optimisme dan terus bergerak mendekati masyarakat dengan kegiatan-kegiatan sosial lainnya,” ujar Basoka Sagala, suami dari Linda br Sinaga ini.

Dukungan

Sebagai dukungan kerabat marga Batak, Kumpulan Marga Sinaga Kota Jambi yang tergabung dalam Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Se Kota Jambi telah berkomitmen untuk mendukung dan berjuang bersama untuk mengantarkan  AKBP (Purn) Basoka Sagala SH MH ke DPRD Provinsi Jambi pada Pileg Rabu 17 April 2019 mendatang. 

Komitmen keluarga PPTSB Cabang Kota Jambi itu telah disampaiakn pada acara silaturahmi ramah tamah tatap muka dengan Caleg DPR RI PSI Ir Tigor GH Sinaga dan Caleg DPRD Provinsi Jambi Basoka Sagala dengan Penasehat, Pengurus Cabang, Sektor, Komisaris PPTSC Cabang Se Kota Jambi, di Resto Batak Dainatabo, Lingkar Barat Kota Jambi, Selasa (29/1/2019) malam lalu. Hadir juga pada pertemuan itu Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd/Br Bakkara.

Pada kesempatan itu,  Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, Ketua Cabang PPTSB Kota Jambi Ir Abdel Sinaga, Penasehat PPTSB Jambi U Sinaga mengatakan, bahwa Anggota PPTSB se Indonesia wajib hukumnya untuk memilih para caleg dari keluarga PPTSB. Hal itu pula yang ditekankan Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH pada Mubes PPTSB Ke 14 Oktober Tahun 2018 lalu di Urat Samosir.

Ir Abdel Sinaga juga meminta seluruh keluarga PPTSB Se Kota Jambi untuk mendukung penuh Bazoka Sinaga pada Pileg Rabu 17 April 2019 mendatang. 

Sementara itu, Basoka Sagala juga memohon Doa dan Dukungan kepada seluruh keluarga PPTSB Se Kota Jambi untuk memberikan pilihan kepada dirinya pada Pileg 17 April 2019 mendatang. “Ada 8 Caleg DPRD Provinsi Jambi Dapil Kota Jambi etnis Batak. Saya yakin dan percaya bisa mendapat mandat dan dukungan dari keluarga PPTSB Se Kota Jambi,” katanya.

Bahkan dukungan dan komitmen perjuangan PPTSB Jambi juga datang dari Gerakan Muda-Mudi (GEMA) Sinaga Jambi. Pada Senin (25/2/2019) malam, Basoka Sagala dan Istri Linda Br Sinaga menjamu silaturahmi Pengurus dan Anggota GEMA PPTSB Jambi.   

Dalam Organisasi Pengprov Pertina Provinsi Jambi, Basoka Sagala turut andil dalam mensukseskan Kejuaraan Nasional Tinju Amatir Kapolri Cup I 2017 di GOR Kotabaru Jambi yang berlangsung sejak 17 Juli hingga 22 Juli 2017 lalu.

Basoka Sagala juga sukses dalam penyelenggaraan Cabor Tinju Porprov XXII Tahun 2018 yang dilaksanakan di Mall WTC Batanghari, Kota Jambi dari tanggal 11 November hingga 23 November 2018 lalu. 

Selain dukungan dari masyarakat etnis Batak di Kota Jambi, Basoka Sagala juga mendapat dukungan dari komunitas etnis Tionghoa Jambi, keluarga Purnawirawan TNI-Polri di Jambi, keluarga atlet Tinju di Jambi dan juga keluarga sejumlah organisasi dan komunitas yang diikuti Basoka Sagala selama ini. Semoga Apa Kerinduan dan cita-cita Basoka Sagala dan Keluarga Besar, Terwujud. Semoga. (Asenk Lee Saragih)


Sumber: Jambipos.id
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong