Home » , , , » Awal JD Damanik Peraih Suara Terbanyak Caleg Etnis Batak Nasrani Dapil Kota Jambi

Awal JD Damanik Peraih Suara Terbanyak Caleg Etnis Batak Nasrani Dapil Kota Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Senin, 13 Mei 2019 | Mei 13, 2019


Sebanyak 11.191 Suara Terbagi di 7 Caleg Etnis Batak DPRD Provinsi Jambi

Jambi, MH-Pada masa kampanye hingga Pileg Rabu 17 April 2019, ada 7 Caleg DPRD Provinsi Jambi etnis Batak dan Nasrani Dapil Kota Jambi mengadu nasib untuk lolos ke 55 Kursi DPRD Provinsi jambi Periode 2019-2024. Namun 7 caleg etnis Batak Nasrani yang maju lewat sejumlah Parpai Politik ini, tak satupun lolos ke DPRD Provinsi Jambi.

Tujuh caleg etnis Batak Nasrani yang popularitasnya diperhitungkan pada Pileg April 2019 lalu yakni Efron Purba SE (Gerindra) tiga Periode Anggota DPRD Kota Jambi, PDIP- Awal J.D. Damanik, SE.MM, profesional muda pengusaha Migas dan lainnya, PDIP-R Thony Simatupang, sudah dua kali mencaleg dapil yang sama.

Kemudian ada dari Golkar-Jefri Bentara Pardede, pernah duduk sebagai Anggota DPRD Kota Jambi, dari Nasdem-Tiopan Purba, BBA, pernah jadi Calon DPD RI Dapil Provinsi Jambi Pemiu 2014 Lalu (Gagal), Perindo-Basoka Sagala, SH MH, pensiunan pangkat AKBP Polda Jambi, Ketua Pertina Prov Jambi dan dari PSI-Jon Very Sihaloho ST, aktivis muda dan Politisi PSI Provinsi Jambi.

Sementara dari hasil Pleno Rekapitulasi KPU Provinsi Jambi, Sabtu 11 Mei 2019, dari 7 Caleg etnis Batak Nasrani itu, Awal JD Damanik SE MM (PDIP) merupakan peraih suara terbanyak dengan perolahan 5.717 suara, Tiopan Purba, BBA (Nasdem) 4.098 suara, Basoka Sagala, SH MH (Perindo) 2.545 suara, Jefri Bintara Pardede (Golkar) 2.452 suara, Jon Very Sihaloho ST (PSI) 1.746 suara, Efron Purba SE (Gerindra) 1.497 suara, R Thony Simatupang (PDIP) 1.136 suara.

Dari hasil rakapitulasi suara ini, semoga bisa sebagai pertimbangan kedepan, agar para politis, tokoh Batak, khususnya Nasrani di Kota Jambi untuk bijak dalam berembuk untuk melakukan “konvensi” caleg Etnis Batak Nasrani untuk DPRD Provinsi Jambi. Sebab sudah 3 kali Pileg, Caleg Etnis Batak Dapil Kota Jambi untuk DPRD Provinsi Jambi tak kunjung ada karena suara komunitas Etnis Batak di Kota Jambi “berserak” kepada banyak caleg Batak. (Asenk Lee Saragih)

 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong