Home » , , , » Mengabadikan Perjanjian Nikah (Martumpol) Frengky P. Sinabariba, SE dengan Tiur R. br. Simarmata, S.TP

Mengabadikan Perjanjian Nikah (Martumpol) Frengky P. Sinabariba, SE dengan Tiur R. br. Simarmata, S.TP

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Sabtu, 25 Mei 2019 | Mei 25, 2019


Ke dua mempelai Frengky P Sinabariba, SE dan Tiur R Simarmata, S.TP di gereja Syalom Jambi, 24 Mei 2019. (Fhoto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH -  Allah adalah kasih. Allah yang mempertemukan kami di dalam kasih. Allah yang memberi pertumbuhan dalam cinta kasih kami. Allah yang membuat segala sesuatu “Indah Pada Waktunya.” Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasihNya sempurna di dalam kita.

Firman Tuhan tersebutlah yang mendasari Frengky Parlindungan Sinabariba, SE dengan Tiur Rotua br. Simarmata, S.TP untuk merajut sebuah Perjanjian Nikah (Martumpol) yang dilakukan di gereja HKBP Syaloom Jambi Persiapan Ressort Alam Barajo Jambi Distrik XXV Jambi.

Perjanjian Nikah (Martumpol) tersebut dilakukan pada hari Jum’at, 24 Mei 2019. Mereka berdua mengikrarkan janji nikah dengan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk kasih yang tidak berkesudahan.

Mempelai laki-laki Frengky Parlindungan Sinabariba, SE putra dari P. Sinabariba atau Op. Zheslin doli dan H. br. Simarmata atau Op Zheslin boru, yang tinggal di Mendalo Batas Kota Jambi. Sedangkan mempelai perempuan Tiur Rotua br. Simarmata, S.TP merupakan putri dari Op. Christine Simarmata dan Op. Christine br. Sihaloho yang tinggal di Perumahan Aur Duri Kota Jambi.

Martumpol

Biarlah Allah sendiri yang menjadi dasar Perjanjian Nikah mereka agar tetap kokoh, dan akan dibangun di atas batu karang yang tak tergoyahkan, apabila nantinya menerima pemberkatan nikah (8 Juni 2019). Acara Perjanjian Nikah (Martumpol) dilayani Diakonis Yusrida br. Harahap mengambil Nats Johannes 13; 34 – 35.

Kiri - Kanan : Op. Zheslin Sinabariba, Op. Zheslin boru Simarmata, Frengky P Sinabariba, SE, Tiur R Simarmata, S.TP, Op. Christine boru Sihaloho dan Op. Christine Simarmata di gereja HKBP Syalom Jambi, Jum'at 24 Mei 2019. (Fhoto MH - Fendi Sinabutar).
Dalam kotbahnya Diakonis mengharapkan agar ke dua mempelai senantiasa saling mengasihi, saling memahami dan di dalam membentuk rumah tangga nantinya harus mempunyai satu tujuan, agar biduk rumah tangga yang di bentuk dapat hidup rukun dan damai, ujarnya dengan penuh harap.

Dikatakan lebih lanjut apapun pergumulan yang terjadi di dalam rumah tangga diharapkan ke dua mempelai selalu mengandalkan Tuhan melalui doa. Biarlah senantiasa rasa holong (kasih) selalu melingkupi biduk rumah tangga yang akan dibentuk, ungkapnya mengakhiri kotbahnya.

Marhata Sinamot

Setelah selesai  Martumpol Diakonis Yusrida br. Harahap memberikan kesempatan kepada pihak pengantin laki-laki dan pihak pengantin perempuan yang mewakili untuk memberikan kata sambutan. Merekapun saling salam-salaman pertanda suka cita menyertai keberadaan keluarga besar ke  dua mempelai.

Selanjutnya acara Marhata Sinamot yang dilaksanakan di Gedung Sopo Godang Jubileum HKBP Jambi Kotabaru. Gedung  Sopo Godang yang mempunyai kapasitas  tempat duduk sebanyak 1.000 dapat terisi semuanya. Sebelum makan bersama pihak paranak menyampaikan “Tudu-tudu sipanganon” kepada pihak parboru dan sebaliknya pihak parboru menyampaikan “Dekke simudur-udur” kepada pihak paranak.

Kiri - Kanan : Ap. Zheslin Sinabariba,  Frengky P Sinabariba, SE, Tiur R Simarmata, S.TP dan Nai Zheslin br. Simarmata  di gereja HKBP Syalom Jambi, Jum'at 24 Mei 2019. (Fhoto MH - Fendi Sinabutar).
Dalam acara ini pihak paranak di pandu protokol (Parsinabung) oleh N. Tambunan / br. Simanjuntak dan Op. Josua Tambunan / br. Nainggolan dan pihak parboru diperankan oleh Ap. Frengky Simarmata / br. Pasaribu dan Ap. Anton Simarmata / br. Sagala.

Acara ini berlangsung meriah, disinilah terlihat lihainya parsinabung dari ke dua belah pihak  dapat merangkai kata demi kata sehingga enak untuk di dengar dan mempunyai arti tersendiri dan sekaligus memberikan kata-kata umpasa yang pada intinya tetap bermuara kepada kekuasaan Tuhan. Dan disepakati sinamot sebesar Rp 30.000.000,- dan pihak parboru menyampaikan Ulos Herbang sebanyak 15 helai.


Turut hadir dalam acara ini dongan tubu, boru, bere, ibebere Sinabariba, Pomparan Ni Raja Silahisabungan dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna dan horong ni hula-hula marga Simarmata, Tulang Turnip, Tulang Rorobot Naibaho dan Dongan Sahuta.

Sementara pihak parboru Pomparan Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna dan horong ni hula-hula marga Sihaloho, Tulang Sinurat, Tulang Rorobot Sijabat dan Dongan Sahuta.

Untuk Pemberkatan Nikah dilaksanakan di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi tepat pada pukul 9.00 Wib pada hari Sabtu, 8 Juni 2019 dan Pesta Adat di gedung Asi Ni Roha Kotabaru Jambi. (MH – Fendi Sinabutar Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online).





Add caption


















Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong