Home » , , , » Frengky Parlindungan Sinabariba, SE Mempersunting Tiurma Rotua br. Simarmata, S.TP.

Frengky Parlindungan Sinabariba, SE Mempersunting Tiurma Rotua br. Simarmata, S.TP.

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Senin, 10 Juni 2019 | Juni 10, 2019

Pengantin : Frengky Parlindungan Sinabariba, SE dan Tiurma Rotua br. Simarmata, S.TP di gereja HKBP Jambi, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH -  Bapa,,,,  kalau kami boleh bertemu, itu karena rencanaMu, kami boleh melangkah  dan tumbuh bersama, itu karena pertolonganMu, kami boleh menata hati, membangun kasih dalam suka dan duka, itu semua karena kasihMu, kami akhirnya tiba dilembar awal hidup yang baru dan membangun masa depan berdua dalam ikatan kasih abadi, itu hanya karena anugerahMu.


Poto bersama kedua pengantin dengan Pdt. Lisker Sinaga, S.Th di gereja HKBP Jambi Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Untaian doa  di atas menjadi awal dari kebulatan tekad Frengky Parlindungan Sinabariba, SE untuk mempersunting Tiurma Rotua br Simarmata, S.TP. Mereka berdua yakin dengan Firman Tuhan yang menyatakan, Tuhan menolong kami bersatu, menjaga cinta kasih kami, bahkan lebih kuat dari sebelumnya.

Kami bersyukur kepada Tuhan untuk kasih yang tidak berkesudahan. Biarlah Allah sendiri yang menjadi dasar pernikahan ini kokoh dan dibangun di atas batu karang yang tak tergoyahkan. Merekapun mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang telah membuat segala sesuatunya, “Indah pada waktunya.”  


Orang tua pengantin kiri Op. Zheslin Sinabariba, Op. Zheslin br. Simarmata, Frengky Parlindungan Sinabariba, SE, Tiurma Rotua br. Simarmata, S.TP, Op. Christine br. Sihaloho dan Op. Christine Simarmata di gereja HKBP Jambi 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Mempelai laki-laki Frengky Parlindungan Sinabariba, SE yang bekerja di Agung Toyota Paal 10 Jambi, merupakan putra P. Sinabariba (Op. Zheslin Doli) dan H. br. Simarmata (Op. Zheslin Boru) sedangkan mempelai perempuan Tiurma Rotua br. Simarmata, S.TP merupakan putri Op. Christine Simarmata dan Op. Christine br. Sihaloho.

Pemberkatan Nikah

Pemberkatan pernikahan pengantin berbahagia dilakukan Sabtu, 8 Juni 2019 di Gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi. Pemberkatan terlaksana setelah sebelumnya dilakukan acara, “ Martumpol “ pada hari Jum’at 24 Mei 2019 di Gereja HKBP Syalom Persiapan Resort Alam Barajo Jambi.


Poto bersama dengan keluarga besar pengantin laki-laki, di gereja HKBP Jambi Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Gereja HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi, gereja terbesar se Asia Tenggara ini menjadi saksi bisu buat kedua pengantin di dalam peneguhan pernikahan kudus dan merekapun sepakat akan mengaruhi biduk rumah yang mereka bentuk akan tetap setia baik suka maupun duka.

Pada prosesi pernikahan, ke dua pengantin, orang tua dan keluarga memasuki gereja diiringi persembahan lagu pujian yang dipersembahkan oleh Masta br. Simarmata dan kawan-kawan. Ibadah pemberkatan nikah berlangsung khusuk dan syahdu yang dipimpin langsung oleh Pdt. Lisker Sinaga, S.Th yang juga Pimpinan Jemaat Gereja HKBP Syalom Jambi, mengambil naats dari Mazmur 62 : 9.


Op. Christine Simarmata dan Op. Christine br. Sihaloho ketika menyematkan Ulos Hela kepada pengantin di gedung Asi Ni Roha Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Dalam kebaktian tersebut berkumandang lagu-lagu pujian yang dibawakan Vokal Group NHKBP Syalom Jambi. Sebagai tanda cinta kasih  berdua serta janji setia saling mengasihi dalam suka maupun duka, merekapun tukar  cincin di hadapan Pdt. Lisker Sinaga, S.Th disaksikan kedua orang tua pengantin dan keluarga yang hadir dalam kebaktian pernikahan tersebut.

Seusai kotbah, Pdt. Lisker Sinaga, S.Th membacakan “Pengukuhan dan Pemberkatan Nikah” berdasarkan dasar-dasar pernikahan Kristen dan janji pernikahan Kristen. Setelah itu, pengantin menerima ucapan selamat dari Pendeta, Majelis dan Jemaat HKBP Syalom Persiapan Resort Alam Barajo Jambi.


Poto bersama dengan keluarga besar pengantin perempuan, di gereja HKBP Jambi Sabtu, 8 Juni 2019. ( Poto MH - Fendi Sinabutar
Dilanjutkan dengan ungkapan kasih mempelai kepada  orang tua, terlihat ke dua orang tua, ketika menyalami dan memeluk ke dua pengantin, merasa terharu dan menetekkan air mata pertanda rasa bahagia menyelimuti keberadaan mereka.

Pesta Unjuk

Setelah pemberkatan nikah, ke dua pengantin didampingi orang tua, keluarga dan hadirin, berangkat menuju Gedung “Asi Ni Roha” jl. Lapangan Tembak Kotabaru Jambi untuk melanjutkan acara Pesta Unjuk sesuai dengan adat budaya Batak.

Acara adat berlangsung meriah dan dihari sekitar 1.500 Orang undangan. Mereka memadati ruangan gedung, sementara untuk undangan Nasional di lantai II. Acara adat di pandu (Parsinabung)  dari pihak paranak Op. Josua Tambunan / br. Nainggolan dan N. Tambunan / br. Simanjuntak sementara dari pihak parboru Parsinabung oleh Op. Hotlan Simarmata / br. Sinurat, Ap. Frengky Simarmata / br. Pasaribu dan Ap. Gani Simarmata / br. Marbun.



Poto bersama dengan orang tua pengantin perempuan dan keluarga di gereja HKBP Jambi Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Sebelum acara adat dimulai, pihak horong ni Hula-Hula dan Tulang kedua belah pihak memasuki ruangan. Setelah itu, acarapun di mulai dengan menyampaikan “Tudu-tudu sipanganon” dari pihak paranak, kepada pihak parboru dan “Dengke simudur-udur” dari pihak parboru kepada pihak paranak.

Setelah makan siang bersama, dilakukan pembagian parjambaran, dalam hal pembagian parjambaran ini terlihat pelaksanaan harmoni Dalihan Na Tolu berjalan dengan baik, karena semau yang hadir mendapat jambar sesuai dengan kedudukannya di ulaon tersebut.


Op. Christine Simarmata dan Op. Christine br. Sihaloho ketika menyematka Ulos Pansamot kepada Op. Zheslin Sinabariba  dan Op. Zheslin br. Simarmata di gedung Asi Ni Roha Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Dilanjutkan dengan acara menerima tumpak berupa “sumbangan kasih” dari pihak undangan. Dalam acara ini mereka manortor bersama sembari berjoget ria mengikuti irama musik yang diperankan JKR Musik, berkumandang lagu-lagu rohani dan lawas Batak membuat suasana semakin meriah dan semarak.

Acara adatpun berlanjut yang dibawakan parsinabung kedua belah pihak, sesuai kesepakatan pada saat “ Patua Hata” pihak paranak menyerahkan sinamot sebesar Rp 30.000.000,-. Pihak parboru menyerahkan ragi-ragi sinamot sebanyak 15 (lima belas) helai ulos herbang. Dan pihak paranak juga menyampaikan “Suhi ni Ampang na Opat”.


Kiri - Kanan : Ap. Zheslin Sinabariba, SH, Frengky Parlindungan Sinabariba, SE, Tiur Romatua br. Simarmata, S.TP dan Nai Zheslin br. Simarmata, A.Md di gereja HKBP Jambi Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Dalam acara adat inilah peranan Raja Parhata (Parsinabung) kedua belah pihak, lihai menyampaikan umpasa-umpasa yang tujuan dan maksudnya tetap bermuara kepada kekuasaan Tuhan. Selanjutnya pihak paranak dan parboru memberikan “Titi Marangkup” kepada  Hula-Hula Simarmata Tulang dari Frengky Parlindungan Sinabariba, SE.

Bentuk dari ulaon adat ini adalah, “Taruhon Jual” yang berarti pelaksanaan  ulaon di tempat paranak keluarga Sinabariba.

Ulos Pansamot

Pemberian ulospun dilakukan pihak parboru kepada pihak paranak. Diawali dengan “Ulos Pansamot” sebagai tanda dimulainya partuturon hubungan besan, yang disematkan Op. Christine Simarmata dan Op. Christine br. Sihaloho kepada Op. Zheslin Sinabariba dan Op. Zheslin br. Simarmata.


Poto bersama dengan pihak Hula-hula parboru marga Sihaloho dengan pengantin di gereja HKBP Jambi Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Selanjutnya Op. Christine Simarmata dan Op. Christine br. Sihaloho menyematkan, “Ulos Hela” kepada kedua pengantin sebagai pertanda Frengky Parlindungan Sinabariba,SE menjadi menantu Simarmata.

Sarung (mandar) pun disematkan sebagai lambang kesiapan Frengky Parlindungan Sinabariba, SE menjadi parhobas di keluarga Simarmata. Selanjutnya secara berturut-turut pihak parboru menyematkan 15 helai lagi ulos kepada pihak paranak.

Ulos Holong

Acara pesta adat Batak selalu mengacu terhadap tatanan Dalihan Na Tolu. Dalam hal ini, hadir horong Hula-Hula dan Tulang dari kedua belah pihak. Mereka bergantian menyematkan ulos kepada kedua pengantin sebagai “Ulos Holong” sembari manortor.


Kiri - Kanan : Ap. Rudi Sinabariba saksi pihak paranak dan Ap. Hesty Simarmata saksi dari pihak parboru di gereja HKBP Jambi Sabtu, 8 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Dari pihak parboru hadir Hula-Hula  Sihaloho, Tulang Sinurat, Tulang Rorobot Sijabat Siopat Ama, Hula-Hula Anak Manjae Girsang, Sihaloho dan Tambunan. Dari pihak paranak hadir Hula-Hula Simarmata, Tulang Turnip, Tulang Rorobot Naibaho dan Hula-Hula Anak Manjae Simarmata.

Dalam prosesi menyematkan ulos holong ini berkumandang lagu-lagu lawas Batak yang dinyanyikan Trio JKR Musik. Acara berjalan lancar, teratur dengan cuaca cerah dalam satu hari.


Karena jenis ulaon pesta “ulaon sadari” maka pemenuhan secara adat (pangarimpunan) diikuti dengan “tingkir tangga” dan “paulak une” yang dilaksanakan di tempat pesta Gedung Asi Ni Roha.

Acara adat pernikahan pun berakhir, setelah dibagikan olop-olop dan ditutup dengan Doa, merekapun pulang  bersama dengan bahagia dan penuh rasa sukacita. (MH, Fendi Sinabutar).



















Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong