Home » , , , » Rapat Pendeta Distrik 2019 HKBP Distrik XXV Jambi Di Hotel Wiltop Kota Jambi

Rapat Pendeta Distrik 2019 HKBP Distrik XXV Jambi Di Hotel Wiltop Kota Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 26 Juni 2019 | Juni 26, 2019

Kiri - Kanan : Pdt. Marudut Nababan, S.Th Ketua Panitia, Pdt Dr Robinson Butarbutar Ketua Rapat Pendeta HKBP ( 2016 - 2021), Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi dan Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min Sekretaris Panitia Rapat di Hotel Wiltop Kota Jambi, 24 - 26 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH  Di era globalisasi saat ini sifat keberagaman dan kemajemukan merupakan suatu fakta real sekaligus menjawab tantangan teologis bagi para pelayan ataupun para pendeta. Karena HKBP harus siap menyongsong  Pelayanan berbasis digital menghadapi Revolusi Industri 04.

Rapat Pendeta Distrik tahun 2019 HKBP Distrik XXV Jambi diadakan di Hotel Wiltop Kota Jambi mulai hari Senin sampai dengan Rabu (24 – 26 Juni 2019) dengan mengambil Tema : Hutangianghon do ho unang mintop haporseaonmu ( Lukas 22: 32) atau Aku mendoakanmu agar imanmu tidak jatuh. Sub Tema : Pendeta HKBP marsiajar huhut hobas patupahon ulaon panjouhon unang mintop haporseaon di era revolusi industri 4.0.

Kiri - Kanan : Pdt Marudut Nababan, S.Th Ketua Panitia, Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi dan Pdt Samsir Deli, D.Min sekretaris Panitia Rapat di Hotel Wiltop Kota Jambi 24 - 26 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Adapun Panitia Rapat Pendeta Distrik 2019 HKBP Distrik XXV Jambi adalah : Ketua Pdt Marudut Nababan, Sekretaris Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min, Bendahara Hendra Simatupang (Sekdist), Sie Persidangan Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min dan Pdt Maju Manik, S.Th, Sie Ibadah/Acara Pdt Donal  L Situmorang, S.Th dan Cpdt Jaya Siahaan, S.Th, Sie Perlengkapan Pdt Maju Manik, S.Th, St R br Siahaan dan St B Simanungkalit, Sie Konsumsi Dra R Pakpahan (Ketua PPD) dan St R br Siahaan, Sie Transportasi/Dokumentasi St B Simanungkalit dan St R br Siahaan dan Notulis CPdt Jaya Siahaan, S.Th, CPdt K Nainggolan, S.Th dan CPdt Junita br Nainggolan, S.Th.

Sekretaris Panitia Rapat Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min membacakan schedule atau jadwal Rapat, dalam hal ini mereka menyepakati 3 kelompok. Sementara Kelompok I Membahas Ceramah Ketua Rapat Pendeta (KRP) dan Isue Teologia, Kelompok II Membahas Keseragaman Pelayanan dan Kelompok III Membahas Pergumulan Tohonan Hapanditaon, Parahamaranggion dan Kesejahteraan Pelayan.

Suasana Rapat Pendeta Distrik 2019 HKBP Distrik XXV Jambi di Hotel Wiltop Kota Jambi, 24 - 26 Juni 2019. (Poto  MH - Fendi Sinabutar).
Ditetapkan juga sebagai Tim Tona : 1. Pdt Bernard Hutajulu, S.Th, 2. Pdt Abdul Sitanggang, M.Div dan 3. Pdt Linda br Sibarani, S.Th. Sementara untuk Tim Perumus : 1. Pdt Marudut Nababan, S.Th, 2. Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min, 3. Pdt Maju Manik, S.Th, 4. CPdt Junita br Nainggolan, S.Th dan CPdt Jaya Siahaan, S.Th.

Setelah disepakati bersama, Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM selaku Praeses HKBP Distrik XXV Jambi mengetuk meja dengan palu pertanda dimulainya Rapat Pendeta Distrik tahun 2019 HKBP Distrik XXV Jambi. Sebelum Rapat dimulai terlebih dahulu dilaksanakan Ibadah Pembukaan dipimpin Pdt. Jonny Sitorus, M.Th yang juga Pendeta Ressort Sarolangun mengambil naast dari Lukas 22 : 32, liturgis diperankan Pdt Donal L Situmorang, S.Th yang melayani di HKBP Resort Kebun Kelapa dan doa syafaat dipanjatkan Pdt.Pesta Janry Manurung, S.Th yang melayani di HKBP Muara Bungo. Dan dilanjutkan dengan Perjamuan Kudus.

Ketika Pdt Humiras Sibarani, S.Th Pendeta Ressort HKBP Batanghari ketika memberikan pertanyaan kepada Pdt Dr Robinson Butarbutar Ketua Rapat Pendeta HKBP (2016 - 2021).
Keesok harinya Selasa 25 Juni 2019  setelah Ibadah Penelaah Alkitab oleh Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min dilanjutkan dengan Ceramah Tema dan Sub Tema oleh Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP  Pdt Dr Robinson Butarbutar dengan moderator Pdt Tampak Hutagaol, M.Th yang juga Pendeta Ressort Jambi dan Ketua PGI Wilayah Jambi. Rapat Pendeta ini dihadiri seluruh Pendeta ataupun Calon Pendeta yang ada di Distrik XXV HKBP Jambi.

Pdt Dr. Robinson Butarbutar menyatakan bahwa Tema dan Sub Tema ini adalah usulan yang disampaikan  Komisi Teologia HKBP yang dipimpin Pdt Demak Simanjuntak, M.Th yang dihadiri Ketua Rapat Pendeta dan Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) HKBP Pdt. Ampu Aritonang, D.Min kepada Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Menurut penelitian Balitbang HKBP menemukan 65 persen Jemaat HKBP di Sumatera Utara telah menggunakan jaringan internet, namun pelayanan dan para pelayan HKBP masih belum menggunakan media tersebut dengan sebaik-baiknya di dalam menunaikan tugas-tugas gereja pada era revolusi industri ke empat saat ini, ungkap Pendeta yang menyelesaikan SD dan SMP di Bah Jambi Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Alumni STT HKBP Pematang Siantar tahun 1987 ini menyatakan bahwa usulan Tema dan Sub Tema Rapat Pendeta HKBP tahun 2019 tersebut diterima dan ditetapkan Ompu i Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing dengan surat edaran pada bulan Mei 2019.  Untuk menopang Tema dan Sub Tema Rapat Pendeta HKBP tahun 2019 ini, Balitbang dibantu oleh Pdt Dr Binsar J Pakpahan dan Pdt Midian KH Sirait, M.Th dan Ketua Rapat Pendeta mengadakan Diskusi Group Fokus (FGD) di Sopo Marpingkir HKBP di Jakarta.

Pdt Dr Robinson Butarbutar ketika memberikan ceramah pada Rapat Pendeta Distrik 2019 HKBP Distrik XXV Jambi di Hotel Wiltop Kota Jambi, 24 - 26 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Suami Srimiaty Rayati br Simatupang, M.Hum menyatakan bahwa Komisi Teologia telah merangkum pembahasan tersebut dalam sebuah tulisan berjudul “Teologia Digital: HKBP Menyongsong Pelayanan Berbasis Digital Menghadapi Revolusi Industri 04” sebagai bahan awal diskusi Sub Tema di setiap Rapat Pendeta Distrik.



Untuk lebih memfokuskan cemarah Rapat Pendeta Distrik tahun 2019 HKBP Distrik XXV Jambi tentang Tema dan Sub Tema telah dibagikan bahan-bahannya kepada para peserta rapat. Ceramah Ketua Rapat  Pendeta HKBP periode tahun 2016 - 2021 yang menyelesaikan Master of Arts dalam bidang Penafsiran Alkitab tahun 1990 di London Bible College, Inggris dan Doktor Teologi tahun 1999 di Trinity Theological College, Singapura, dengan Tyndale House Cambridge, Inggris sebagai tempat penelitian lanjut ini sangat diapresiasi para peserta rapat.

Pdt Dr Robinson Butarbutar yang pernah memimpin kantor UEM (United Evangelical Mission) Regional Asia (2003 – 2008) yang berkantor di Philipina Persekutuan dari 37 Negara gereja di Afrika, Asia,  Jerman dan pernah berkantor di Wuppertal Jerman ini menyatakan betapa bahagianya kita sekarang bahwa Yesus juga mendoakan setiap pendeta HKBP dimanapun ia bertugas, di kota atau di desa tempat penuh pergumulan atau tempat minim pergumulan.

Kiri - Kanan : Pdt Tampak Hutagaol, M.Th , Pdt Kespan Simbolon, S.Th, MM, Pdt Halomoan Dungo Sihombing, S.Th, Pdt Dr Robinson Butarbutar, Pdt Marudut Nababan, S.Th, Pdt Daniel Budiman Aritonang, S.Th dan Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM di Hotel Wiltop Kota Jambi, 24 - 26 Juni 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Lebih lanjut dikatakan pendeta yang pernah mengunjungi gereja-gereja di Rwanda, Kongo, Bostwana, Namibia, Tansania dan Kamerun selama hampir lima tahun (2009 – 2013) ini menyatakan bukankah kita merasa kuat menyadari bahwa rupanya Yesus mendoakan pemimpin seperti Petrus dan seperti kita, ungkap pendeta yang akhir Agustus tahun 2013 kembali ke Indonesia dan sejak September 2013 ia dipercayakan mengajar Study Perjanjian Baru di STT HKBP Pematang Siantar oleh Ompu i Ephorus (saat itu) Pdt Willem TP Simarmata, MA.

Pendeta yang didaulat menjadi dosen mengajar Alkitab tentang Perjanjian Baru di Universitas Silliman , Dumaguete Philipina (2000 – 2002), selama ceramah dapat memotivasi para pendeta dan bagaimana HKBP menggunakan teknologi informasi dalam mengembangkan pelayanan ke generasi millenial, bagaimana tugas pemberitaan firman (khotbah) HKBP dapat menjawab kebutuhan kaum millenial.

Pdt Dr Robinson Butarbutar penulis buku “Anak Petani Berbakti Untuk Tuhan”  penerbit BPK Gunung Mulia cetakan pertama 2016 dengan tebal 117 dan calon Ephorus HKBP periode tahun 2020 – 2024 ini, menyatakan bahwa sistim harus rapi artinya Pimpinan harus tunduk kepada sistim, ujarnya  dengan nada tegas, hal ini dikatakan ketika salah seorang peserta rapat memberikan pertannyaan. (MH – Fendi Sinabutar).







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong