Home » , » Taon Parasinirohaon HKBP Distrik XXV Jambi

Taon Parasinirohaon HKBP Distrik XXV Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 05 Juni 2019 | Juni 05, 2019



Foto bersama Panitia Taon Parasinirohaon, PPD. PPND. Pengurus Distrik Centre dan Praeses HKBP Distrik XXV  Jambi Pdt. Hantus Hutapea, S.Th, MM di aula Distrik Centre HKBP Distrik XXV Jambi, 5 Juni 2019. (Foto MH -Fendi Sinabutar).
Jambi, MH – Panitia Taon Parasinirohaon Distrik XXV HKBP Jambi mengadakan Penelaahan Alkitab (Patanakhon Hata ni Debata) bersama di Distrik Centre HKBP XXV Jambi di Desa Plempang Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi yang jarak tempuhnya dari Kota Jambi menuju lokasi kurang lebih 32 KM dan dapat ditempuh dengan berkendaraan  kurang lebih 40 menit.

Distrik Center HKBP Distrik  XXV Jambi dicetuskan oleh Pdt David Farel Sibuea, M.Th, D.Min yang pada waktu itu menjabat sebagai Praeses Distrik XXV Jambi  dan sekarang Pdt. David Farel Sibuea, M.Th. D.Min sebagai Sekretaris Jenderal HKBP periode tahun 2016 – 2020.

Distrik Centre HKBP Distrik XXV Jambi lokasinya sangat strategis dengan suasana alam yang nyaman, asri dan sejuk yang pembangunannya diketuai oleh Ir. Dopang Tambunan mantan Kepala BPN Provinsi Jambi, seluas 12,2 ha yang telah mempunyai sertifikat hak milik HKBP dengan No : 126.


Patanakhon Hata ni Debata (Penelaahan Alkitab) ini diadakan di aula Distrik Centre pada hari Rabu, 5 Juni 2019, dengan Tema : “ Kita dibenarkan karena Iman oleh kasih karunia di dalam Yesus Kristus.” Sub Tema : “ Melalui Penelahaan Alkitab, kita tingkatkan kerjasama atas karunia pelayanan bagi tahbisan dengan non tahbisan.”

Acara Patanakhon Hata ni Debata (PHD) atau Penelaahan Alkitab dipimpin langsung oleh Koordinator wilayah I Jambi Taon Parasinirohaon Pdt. M. Nababan, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Kebun Kelapa Jambi. Diikuti Panitia Taon Parasinirohaon Distrik HKBP XXV Jambi, Pengurus Distrik Centre, Pengurus Parompuon Distrik (PPD) dan Pengurus Persekutuan Naposo Distrik (PPND).

Liturgis disampaikan oleh Pdt. Maju RE. Manik S.Th  dan doa syafaat dipanjatkan oleh Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min. Suasana menarik tatkalah Pdt. Marudut Nababan, S,Th setelah selesai membacakan ringkasan Alkitab yang tertulis dalam Naats Roma 1 : 16 – 17, Roma 3 : 25 – 26 dan 29, Roma 6 : 10, 11,  23 dan 29 dan Roma 12 : 9 – 21.

Jemaat memberikan pertanyaan tentang pengertian dan penjabaran ayat-ayat tersebut, Pdt. Marudut Nababan, S.Th, CPdt. Nasrul Silaban yang melayani di gereja HKBP Dolok Sion Sengeti Kabupaten Muaro Jambi dan Pdt. Daniel B. Aritonang, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Muara Tembesi, memberikan jawaban dan makna dari ayat tersebut.

Aula Distrik Centre HKBP Distrik XXV Jambi di Desa Pelempang Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Rabu 5 Juni 2019. (Foto, MH - Fendi Sinabutar).
Disamping  Pdt. Hantus Hutapea, S.Th, MM Praeses Distrik XXV HKBP Jambi, memberikan gambaran maupun penjelasan secara ringkas dan padat sehingga para jemaat tersebut merasa senang dan puas. Lebih lanjut Pdt. Hantus Hutapea, S.Th, MM mengutip Naats dari Efesus 2, 8 dan Mateus 7, 21.

Melalui Taon Parasinirohaon ini Pdt. Hantus Hutapea,S.Th, MM mengajak semua warga jemaat HKBP Distrik XXV Jambi berbuat yang terbaik dan jadilah berkat bagi semua orang. Kita harus saling berbagi, diibaratkannya bahwa kebesaran sebuah gereja bukanlah diukur dari segi  besar uang kasnya yang terkumpul, akan tetapi seberapa besar bantuannya terhadap gereja yang tidak mampu, ujarnya dengan nada tegas. Untuk itu mari kita memelihara dan merawat kebersamaan.

Ketua Panitia St. J. Munthe yang sehari -hari melayani di gereja HKBP Kebun Kelapa Jambi menyatakan terima kasih atas terselenggaranya Penelahaan Alkitab ini dengan baik. Acara selanjutnya adalah sebagai berikut Cerdas Cermat Alkitab dengan kategorial Sekolah Minggu, Remaja dengan materi yang telah disusun oleh Seksi Ibadah Pdt. Maju RE. Manik, S.Th (koordinator).

Foto bersama Panitia Taon Parasinirohaon, PPD. PPND. Pengurus Distrik Centre dan Praeses HKBP Distrik XXV  Jambi Pdt. Hantus Hutapea, S.Th, MM di aula Distrik Centre HKBP Distrik XXV Jambi, 5 Juni 2019. (Foto MH -Fendi Sinabutar).
Sementara untuk Pemuda diadakan perlombaan pidato tentang “Bahaya Narkoba.” Kunjungan ke Panti Asuhan, Kunjungan Ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kunjungan Panti Jompo. Ketua Panitia Pembangunan Distrik Centre HKBP Distrik XXV Jambi Ir. Dopang Tambunan menyatakan pergumulan Distrik Centre saat sekarang adalah tentang air bersih, pembuatan dapur umum.

Rumah tempat tinggal, listrik. Untuk listrik Panitia Pembangunan berusaha semaksimal mungkin agar listrik masuk ke areal Distrik Centre. Ir. Dopang Tambunan juga melaporkan bahwa dilokasi Distrik Centre  telah ditanami sawit seluas 4 ha, pohon pinang sebanyak 1.500  dan sebahagian telah panen.

Kiri - Kanan : Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min Kabid. Marturia dan Pdt. Hantus Hutapea,S.Th, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, Rabu 5 Juni 2019. (Foto, MH - Fendi Sinabutar).
Sementara Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min mengusulkan agar di Distrik Centre HKBP Distrik XXV Jambi dibangun sebuah kantor, hal ini bertujuan mempermuda segala urusan sekaligus supaya Distrik Centre ini hidup. Apa sih gaungnya Taon Parasinirohaon ini, katanya seolah minta pendapat.

Seperti rencana kunjungan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) jangan hanya sekali aja, akan tetapi seharusnya  dibuat program kunjungan tersebut setiap bulan, sehingga gaung Taon Parasinirohaon itu dapat menyentuh ditengah-tengah kehidupan masyarakat, ujarnya.

Akhirnya acarapun selesai dan ditutup dengan doa oleh Pdt. Daniel B. Aritonang, S.Th merekapun berfoto bersama dan pulang dengan penuh suka cita. (MH – Fendi Sinabutar).





Kiri - Kanan : Pdt. Maju RE Manik, S.Th, Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min, Pdt. Marudut Nababan, S.Th, Pdt. Hantus Hutapea, S.Th,MM dan St. T. br. Sihombing, S.Pd Rabu, 5 Juni 2019. (Foto, MH - Fendi Sinabutar).



Pdt. Daniel B. Aritonang, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Muara Tembesi
Kiri - Kanan : St. J. Munthe, Ir. Dopang Tambunan dan Drs. H. Siahaan



Kiri - Kanan : H. Sitanggang, SH dan Ir. Dj. Marpaung, MSc.
St. D. Pakpahan dan CPdt. Nasrul Silaban


Kiri - Kanan : St. R. br. Marpaung Sekretaris Umum dan St. H. br. Butar-Butar Bendahara Umum.












Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong