Home » , , , , » Tingkatkan Daya Saing Kopi Samosir, Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan

Tingkatkan Daya Saing Kopi Samosir, Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Sabtu, 22 Juni 2019 | Juni 22, 2019

Dinas Pariwisata Samosir menggelar pelatihan industri kreatif bertema "Roasting Kopi Tradisional dengan Menjunjung Nilai Kearifan Lokal". (istimewa)

Samosir, MH -  Untuk meningkatkan daya saing dan jual komoditas unggulan Samosir, yaitu biji kopi, Dinas Pariwisata Samosir menggelar Pelatihan Industri Kreatif "Roasting Kopi Tradisional dengan Menjunjung Nilai Kearifan Lokal".

Pelatiha bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Profesi Kopi Indonesia (LPPKI), Kamis-Sabtu (20-22/6/2019, di Hotel JTS Parbaba, Pangururan, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Tahun 2019 Kementerian Pariwisata RI.

Ketua panitia pelaksana, Togar Siboro, mengatakan, pelatihan ini menjadi pemahaman dan pengaktualiasasian sebuah kegiatan ekonomi yang menjanjikan untuk membangun kesadaran masyarakat Samosir menjadi yang memiliki jiwa ekonomi kreatif.

Staf Ahli Bupati Samosir, Purnamawan Malau, menambahkan, sasaran peserta dari kalangan muda milenial yang energik dan memiliki semangat, serta harus komit membangun usaha kopi untuk mendukung pengembangan pariwisata di Samosir.

"Kopi Samosir adalah komoditas unggulan pertanian. Di Kabupaten Samosir merupakan produk yang menjanjikan. Bahkan Samosir sudah dikenal sebagai daerah penghasil kopi Arabica dan telah memperoleh Sertifikat Perlindungan Indikasi Geografis (IG) pada festival indikasi geografis 2018 dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenhumkam yang difasilitasi Deputi Fasilitas Hak Kekayaan Intelektual," ujarnya.

Kata Purnawaman, untuk mendukung perkembangan pariwisata, khususnya dalam bidang agrowisata, diperlukan upaya berkesinambungan dalam peningkatan nilai tambah di sektor kopi yang berkualitas tinggi, roasting kopi yang baik hingga penyajian minum kopi yang berstandar internasional.

Dalam pelatihan ini peserta dilatih mengolah kopi dan siap saji dengan cita rasa kopi terbaik. Purnawaman berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas para pelaku usaha industri kopi, meningkatkan daya saing dan nilai tambah kepada para pelaku industri kopi dan meningkatkan daya tarik pariwisata.

Peserta pelatihan dari berbagai profesi, antara lain petani kopi, pelaku agrowisata kopi dan anggota Komunitas Samosir Coffee Synergy. (Medanbisnisdaily.com).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong