Home » , , , » HKBP Sei Lala Resort Indragiri Air Molek Distrik XXII Riau Adakan Peneguhan Sidi

HKBP Sei Lala Resort Indragiri Air Molek Distrik XXII Riau Adakan Peneguhan Sidi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 09 Juli 2019 | Juli 09, 2019

Poto bersama Pdt. Jedutun Purba, S.Th  Pimpinan Jemaat HKBP Resort Indragiri Air Molek dengan penerima Peneguhan Sidi di HKBP Sei Lala hari Minggu, 7 Juli 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Air Molek Sei Lala, MH – Ya Tuhan Allah, Bapa kami Yang Maha Pengasih, kami berterima kasih kepadaMu, karena Engkau telah memanggil anak-anakMu ke dalam pengharapan yang kekal.

DihadapanMu dan dihadapan jemaat, anak-anakMu ini akan mengaku Iman Percaya mereka, kasihanilah anak-anakMu ini agar mereka mampu menghadapi segala tantangan zaman dan tidak menyimpang dari Iman mereka.


Kuatkanlah mereka supaya menjadi anak-anak terang yang dapat membedakan perbuatan yang yang baik dan yang jahat dalam setiap langkah hidup mereka. Kami percayakan seluruh kehidupan mereka dalam tuntunan kasihMu, di dalam Tuhan Yesus Kristus,,,, Amin!!!.

Untaian doa yang dipanjatkan ini, agar mereka yang menerima “Peneguhan Sidi” dapat dikuatkan dan mereka laksanakan sebagai pedoman di dalam hidup dan kehidupan mereka.

Hari Minggu, 7 Juli 2019 sebanyak 16 orang menerima Peneguhan Sidi di HKBP Sei Lala Resort Indragiri Air Molek Distrik XXII Riau yang dipimpin langsung oleh Pdt. Jedutun Purba, S.Th yang juga sebagai Pimpinan Jemaat HKBP Resort Indragiri Air Molek – Riau.


Sebelum acara Peneguhan Sidi terlebih dahulu diadakan seremoni kebaktian yang dipimpin Pdt. Jedutun Purba, S.Th dengan mengambil Naats dari Firman Tuhan Kisah Para Rasul 17 : 22 – 30. Ditengah-tengah berlangsungnya kebaktian Koor Ina Parari Kamis mempersembahkan lagu-lagu pujian. Dan juga diadakan Baptisan Kudus.

Ketika acara Peneguhan Sidi dimulai Pdt. Jedutun Purba, S.Th memanggil mereka satu persatu ke depan, setiap penerima Peneguhan Sidi Pendeta membacakan ayat Firman Tuhan, setelah selesai Pendeta meletakkan kedua tangannya di atas kepala mereka lalu didoakan.


Setelah selesai seluruhnya merekapun berpoto bersama dengan Pdt Jedutun Purba, S.Th dan para orang tua penerima Peneguhan Sidi. Suasana gembira dan bahagia menyelimuti keberadaan mereka termasuk para orangtua. Atas rasa kebahagian ini merekapun mengadakan makan bersama dengan mengundang para kerabat sembari ada juga mengadakan acara adat Bubaya Batak secara sederhana.


Dalam acara adat Budaya Batak ini pihak Hula-Hula (Tulang penerima Peneguhan Sidi) memberikan Dengke sahat, dengke saur dan dengke sitio-tio dan rombongan Hula-Hula juga menyematkan Ulos Holong kepada penerima Peneguhan Sidi, sebaliknya pihak orangtua dan penerima Peneguhan Sidi menyampaikan Tudu-Tudu Sipanganon kepada Hula-Hula.

Pada acara inilah Horong ni Hula-Hula, Tulang dan  para undangan lainnya memberikan nasehat-nasehat (poda) kepada anggota keluarga yang menerima Lepas Sidi dan tak jarang juga mereka menyampaikan dalam umpasa Batak  yang maksud dan tujuannya adalah tetap bermuara kepada kekuasan Tuhan Yang Maha Esa.

Lain halnya di Keluarga Ir S Simarmata / br Sinabutar Jl Jend Sudirman Sei Lala - Air Molek – Riau “NIWI – FELINT” Fashion (menjual pakaian jadi Pria / Wanita Dewasa dan Anak-Anak), setelah  makan bersama dan pelaksanaan adat Budaya Batak mereka bernyanyi bersama. Diiringi dengan Organ yang dimainkan oleh Patra Jogi Sibuea. Berkumandang lagu-lagu lawas dan Hits Batak, mereka bernyanyi bersama, sembari berjoget dan saling bergandeng tangan.


Mereka larut dalam kegembiraan, kebersamaan dan kekeluargaan menyatu di antara mereka. Terlebih pemain organisnya yang masih duduk di kelas XII di salah satu SMA Negeri Sei Lala dan tetap mendapat juara di kelas, dengan lihai dapat memainkan dengan telaten lagu-lagu permintaan mereka. Kiranya kebersamaan dan kekeluargaan yang mereka pertontonkan bersama, abadi sepanjang masa.

Pantauan Majalah Holong Online, salut melihat kebersamaan dan kekeluargaan di antara mereka tidak ada perbedaan,  baik namardongan tubu, namarhulahula marboru dongan sahuta dan ale-ale bersama, seolah-olah lagu “Kemesraan ini janganlah cepat berlalu”, mereka yakini bersama akan tetap menyatu diantara mereka.(Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online – Drs Fendi Sinabutar).












Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong