Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Tinjau Pembangunan Infrastruktur Danau Toba, Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjung Ke Samosir

Presiden Joko Widodo menyempatkam diri menatap Danau Toba dari Panatapan Huta Ginjang Tapanuli Utara, Sabtu (14/10/2017).

MEDAN, MH - Dibukanya rute Medan melalui Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, menuju Bandara Internasional London Heathrow oleh Garuda Indonesia, berpotensi mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba sebagai destinasi unggulan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Dengan dibukanya rute tersebut, kini Kota London telah terhubung dengan dua kota besar di Indonesia yaitu Kota Medan dan Denpasar yang ada di Pulau Bali," kata Regional CEO Sumatera Region Garuda Indonesia, Berthon Hutapea di Medan, seperti dikutip dari Antaranews.

Ia mengatakan rute tersebut merupakan bentuk dukungan untuk mengembangkan wisata yang ada di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba di Kabupaten Samosir.

Ditargetkan jumlah wisatawan asal Inggris dapat meningkat karena perjalanan langsung ke wilayah Sumatera Utara.

Dibukanya rute Medan-London untuk mendukung program pemerintah yang telah ditetapkan Presiden Jokowi bahwa Danau Toba adalah 1 dari 10 destinasi wisata unggulan yang dikembangkan untuk wisatawan asing.

Selain itu dipilihnya Bandara Internasional Kualanamu yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II dikarenakan bandara tersebut merupakan hub penerbangan terpadat yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.

Rute ini membuat wisatawan maupun calon penumpang yang akan bepergian ke London dipastikan akan transit melalui Bandara Internasional Kualanamu, walaupun berangkat dari Denpasar maupun Jakarta.

Untuk penerbangan dari Medan ke London maupun sebaliknya, Garuda Indonesia menyiapkan 222 kursi penumpang dengan dua jenis kelas yaitu ekonomi dan bisnis.

Presiden Jokowi Akan Kunjungi Lagi Danau Toba

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meninjau (monitoring) beberapa titik pelaksanaan pekerjaan pembangunan bersumber dari APBN di Kabupaten Samosir, pada Senin (29/7/2019) hingga Rabu (31/7/2019) mendatang.

Presiden akan tiba di Kabupaten Samosir, Senin (29/7/2019) sekira pukul 19.30 WIB. Selanjutnya akan menginap di kawasan Tuktuk, Kecamatan Simanindo.

Kunjungan ini merupakan bagian dari 4 destinasi wisata super prioritas yang ditinjau Presiden, yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur.

"Tapi, rencana kunjungan kerja Presiden ke Danau Toba itu, kami sedang menunggu konfirmasi finalnya," kata Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata RI, Jumat (26/7/2019)

Kata Guntur Sakti, kali ini Presiden Joko Widodo ingin memastikan ke 4 destinasi ini harus menjadi destinasi kelas dunia dan akselerasi pembangunannnya harus selesai Tahun 2020 dengan keterlibatan pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat.

Berikut rencana round down kunjungan Presiden ke Samosir yang disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara.

Hari I:
Senin, 29 Juli 2019

17:00  Tiba di Bandara Internasional Silangit
18:30  Tiba di Pelabuhan Fery Ajibata Parapat untuk menyeberang ke Samosir
19:30  Tiba di Pelabuhan Penyebarangan Ambarita Samosir.
19:45  Tiba di Tomok disambut dengan penampilan atraksi Budaya Batak..

20:15  Tiba di Samosir Cottage Resort

Hari II
Selasa, 30 Juli 2019

08:00  Batu Kursi Raja Siallagan/Makam Tua Raja Sidabutar
09:30  Pantai Indah Situngkir / Pasir Putih Parbaba
10:30  Kampung Ulos Situngkir
12:00  Jembatan Tanah Ponggol
13:30  Makan Siang di Geopark Toba Kaldera dilanjutkan dengan melihat Geopark

14:30  Rombongan kembali ke Samosir Cottage Resort untuk:
16:00  Tiba di Samosir Cottage Resort untuk istirahat sejenak
18:30  Makan malam
19:30  Diskusi mendengarkan paparan tim Kemenko Maritim dan K/L terkait, dan    

Bupati sekitar Kawasan Danau Toba tentang Rencana Pengembangan                   Pariwisata Super Prioritas Danau Toba

Hari III  
Rabu, 31 Juli 2019
08:00  Perjalanan air dari Pelabuhan Ferry Ambarita Samosir melewati
Desa   Sigapiton, Air Terjun Situmurun.
10:00  Tiba di Pelabuhan Muara.
10:30  Tiba di Desa Bakkara
11:00  Menuju Sipinsur Geosite
11:20  Tiba di Sipinsur Geosite
12:00  Menuju Piltik Coffee
12:30  Makan siang di Piltik Coffee
13:30  Menuju Bandara Internasional Silangit
13:45  Tiba di Bandara Internasional Silangit. (TRIBUN-MEDAN.com).






Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar