Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Tinjau Wisata Salib Kasih, Jokowi Beli Jaket Ulos Rp 2,5 Juta


Jokowi meninjau wisata Salib Kasih. (Jordan/detikcom)
Tarutung, MH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi wisata Salib Kasih di Tapanuli Utara. Dalam tinjauan itu, Jokowi membeli jaket tenun langsung dari penenunnya.

Jokowi tiba di lokasi wisata Salib Kasih, Kecamatan Siatas Barita, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Selasa (30/7/2019), pukul 08.20 WIB. Kabut cukup tebal dan udara dingin menyelimuti lokasi wisata ini.

Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana. Keduanya kompak mengenakan jaket warna merah berlambang Garud di bagian dada dan bertulisan 'Indonesia' di bagian punggung. Warga menyambut dengan riuh. Mereka meneriakkan nama Jokowi dan meminta bersalaman.


Jokowi kemudian mendapat penjelasan soal lokasi wisata ini. Terutama mengenai tokoh DR II Nommensen yang menyebarkan ajaran Kristiani di wilayah Toba tersebut. Selanjutnya Jokowi berkeliling melihat-lihat lokasi. Terdapat patung Nommensen setinggi lebih-kurang 4 meter dengan latar belakang pohon cemara.

Jokowi meninjau wisata Salib Kasih. (Jordan/detikcom)
Jokowi juga mampir ke stan tenun. Di sana terdapat dua orang perempuan sedang menenun kain Ulos khas Batak. Terdapat juga produk tenun ulos yang sudah dibentuk menjadi jaket dan tas.

Jokowi melihat-lihat jaket yang dijajakan. Dia memegang satu jaket kain ulos warna merah yang kemudian dia berikan ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. "Ini Pak, beli. Bayar loh ya," kata Jokowi ke Basuki.

Selanjutnya dia melihat-lihat jaket lainnya bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Jokowi kemudian memilih satu jaket tenun ulos berwarna biru. Penenun kain ulos bernama Deborah Hasugian mengatakan, jaket tenun yang dibeli Jokowi tersebut jenis ulos Sibolang Rasta. Dia yang menenun kain tersebut.

Jokowi meninjau wisata Salib Kasih. (Jordan/detikcom)
"Harga jaketnya Rp 2,5 juta. Sama juga yang dibeli oleh Pak Menteri harganya juga Rp 2,5 juta," kata Deborah.

Deborah mengatakan harga jaket itu tinggi karena dibuat dengan kain tenun asli. "Dan setiap ulos di jaket itu punya makna masing-masing," katanya.

Dia mengatakan selama ini kain ulos biasanya hanya digunakan untuk upacara adat. Namun kini dia dan kelompoknya mengkreasikan bentuk ulos.

"Jadi kita modifikasi jadi pakaian, tas dan sebagainya," kata Deborah. (detikNews).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar