Rencana Pembentukan HBB di Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Senin, 19 Agustus 2019 | Agustus 19, 2019

Pertemuan Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, Sipahutar, Senin (19/8/2019). Foto Asenk Lee Saragih
Falsafah Dalihan Natolu Sejalan Pancasila

Jambi, MH-Rencana pembentukan sebuah organisasi masyarakat bernama Horas Bangso Batak (HBB) di Provinsi Jambi sudah mulai digodok oleh tokoh Batak di Jambi. Pertemuan Tokoh Batak di Jambi ini mulai membicarakan rencana pembentukan kepengurusan HBB di Provinsi Jambi. Organisasi HBB merupakan sebuah organisasi modern yang berpusat di Kota Medan, Sumatera Utara.

Pertemuan ini dilakukan oleh Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, Sipahutar. Pertemuan ini membicarakan soal pentingnya organisasi HBB di Jambi sebagai salah satu wadah aspirasi social politik masyarakat Jambi asal tanah Batak.

“Saya mendukung hadirnya organisasi HBB di Jambi. Ini sebagai wadah aspirasi masyarakat Jambi asal tanah Batak dalam menyuarakan aspirasi sosial politik. Perjuangan sosial politik masyarakat Batak di Jambi sangat penting sebagai bagian dari masyarakat yang majemuk,” ujar Basoka Sagala.

Sipahutar menambahkan, organisasi HBB merupakan sebuah organisasi yang modern yang menasional dan memiliki badan hokum. Organisasi HBB sebagai wadah perjuangan sosial politik masyarakat Batak, khususnya di Provinsi Jambi.

“HBB adalah organisasi modern yang bergerak dalam perjuangan sosial politik. Kerinduan untuk mendirikan HBB di Jambi kini mulai dibicarakan dengan serius. Beberapa kali pertemuan sebelum deklarasi sudah direncanakan dengan melibatkan ketua-ketua marga Batak dan Tokoh Batak di Jambi,” katanya.

Sementara J Rajagukguk SH menyebutkan, ADRT HBB juga sebaiknya segera dikirim ke Jambi, agar bisa dipelajari guna menyakinkan tokoh-tokoh Batak di Jambi kalau HBB sebuah organisasi yang legal dan berdiri secara nasional yang berpusat di Medan.

“Organisasi HBB sangat penting di Provinsi Jambi sebagai wadah perjuangan sosial politik masyarakat Batak dalam menyuarakan aspirasi. Masyarakat Batak di Provinsi Jambi hidup berdampingan dengan damai dengan masyarakat etnis lainnya. Namun organisasi HBB bukan untuk pengkotak-kotakan identitas, namun sebuah organisasi sosial politik modern,” ujar Drs A Sinaga.

Sedangkan Ir A Sinaga menambahkan, dukungan dari Puak Batak dan marga-marga di Jambi merupakan kekuatan akan berdirinya HBB di Jambi. Organisasi HBB juga bisa sebagai wadah perjuangan aspirasi sosial politik masyarakat Jambi asal Tanah Batak. 

“Kita berharap dukungan Puak Batak dan marga-marga di Jambi sehingga organisasi HBB bisa segera terbentuk dengan kepengurusan yang mumpuni, mengayomi, loyal dan memiliki integritas serta dicintai masyarakat komunitas batak di Jambi,” ujar A Sinaga.

Kedepan, pertemuan ini akan belanjut untuk membicarakan hal-hal yang fokus dalam pembentukan kepengurusan dengan mengundang sejumlah Tokoh-Tokoh Batak di Jambi.

HBB Deklarasi   

Horas Bangso Batak dideklarasikan pada Sabtu 19 Januari 2019 di Aula Aurora Hotel Grand Antares Kota Medan. Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, Sekretaris Jendral Luhut Sitompul SH, Bendahara Umum Nurlinda Simanjorang SH SpN MKn.

Mengutip dari SIB, masyarakat Batak atau kaum Bangso Batak sejak dulu memiliki falsafah Dalihan Na Tolu (tungku nan tiga) yang sejalan atau mendukung falsafah Bangsa Indonesia Pancasila, sehingga memiliki peran dasar yang penting serta daya kontribusi yang besar dalam pembangunan bangsa di berbagai bidang, baik bidang sosial, budaya, politik, hukum, ekonomi dan sebagainya dalam bingkai negara kesatuan RI.

Tokoh marga-marga Batak di Sumut, Sudirman Nainggolan, Drs Pardomuan Malau, Bosman Manik dan Lindung Pandiangan, selaku barisan pendiri perkumpulan HBB menegaskan kalangan pemerintah mulai tingkat pusat hingga daerah di negeri ini seyogyanya bisa menggandeng dan memberdayakan insan Batak dalam berbagai sendi pembangunan karena Bangso Batak memiliki potensi serta energi dan pemikiran yang terbilang istimewa dan brilian.

"Terlepas dari posisi atau komposisi orang Batak di Indonesia saat ini terbesar ke-3 komunitas atau populasinya setelah warga Jawa dan Sunda, kita harus ingat dan tegaskan, bahwa Bangso Batak ini tak bisa dianak-tirikan dalam arti atau hal apapun juga. Kita (Bangso Batak) punya falsafah dan harmoni kesatuan langkah dan tujuan yang diamanatkan prinsip Dalihan Na Tolu dan Pancasila. Falsafah kita itu juga simbol rakyat atau kaum Bangso yang bermartabat," ujar Sudirman Nainggolan.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HBB Lamsiang Sitompul SH menyebutkan, saat deklarasi ribuan masyarakat etnis batak hadir dari etnis Batak Toba-Tapanuli, Simalungun, Karo, Dairi-Pakpak dan Angkola Mandailing.

Hampir 300 orang personil DPP, usur dewan pembina dan pakar 10 orang, para dewan penasehat sebanyak 55 orang, unsur ketua 18 orang, jajaran sekretaris 17 orang, bendahara 3 orang, 28 bidang atau kompartemen dengan total pengurus 178 orang.

Juga pengurus DPD di 5 wilayah: Sumut, Jabodetabek, Bandung dan Jawa Barat, Bali-Lombok-Sumbawa dan Riau, serta pengurus DPC di 10 kabupaten di Sumut: Deliserdang, Taput, Tapteng, Batubara, Batam, Pematang Siantar-Simalungun, Tebingtinggi dan Padangsidempuan.

Pengurus inti adalah Ketua Umum Lamsiang Sitompul SH MH, Unsur Ketua antara lain CP Nainggolan, Lindung Pandiangan, Franz M Harahap, Jon Tulus Sitompul SSos. Sekjen Luhut Situmorang SH bersama unsur sekretaris Ezra Suranta Surbakti MPd, Robert Silaen, Rospita Ambarita dan lainnya. Bendahara umum Nurlinda Simanjorang SH MKn bersama Elly Sinaga atau Elly Haryanto, dan Oka Vivila Rostaida Manik.

Sementara Bobby Nasution pada acara Pelantikan DPD HBB Sumut di Hotel Emerald Garden, Selasa (2/4/2019) lalu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan warga Batak mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Mewakili sang mertua, Bobby Nasution menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan HBB dan segenap warga Batak Sumatera Utara.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap Tulang Jokowi. Saya berterima kasih kepada seluruh keluarga, kepada opung-opung, tulang, nang tulang, bapak tua," ujar Bobby Nasution. (Asenk Lee Saragih)
Pertemuan Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, Sipahutar, Senin (19/8/2019). Foto Asenk Lee Saragih

Pertemuan Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, Sipahutar, Senin (19/8/2019). Foto Asenk Lee Saragih
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong