Home » , , , » Dekranasda Kab Dairi Pamerkan Ulos Silahisabungan, Kopi Sidikalang Dan Cokelat

Dekranasda Kab Dairi Pamerkan Ulos Silahisabungan, Kopi Sidikalang Dan Cokelat

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Kamis, 12 September 2019 | September 12, 2019



Dairi, MH - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi mengikuti Pameran Kriya Nusa 2019 (Pameran Kerajinan Nusantara) yang berlangsung mulai dari tanggal 11-15 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Dalam pameran tersebut yang di buka langsung oleh Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo dan di hadiri oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla.

Dekranasda Kabupaten Dairi memamerkan produk kerajinan unggulan Kabupaten Dairi, yakni tenun Ulos Silahisabungan dan tenun ramah lingkungan serta memamerkan produk unggulan khas dari Dairi yaitu Kopi Sidikalang dan Cokelat Dairi.

Pada hari pertama pelaksaan pameran setelah pembukaan, stand Dekranasda Kabupaten Dairi di kunjungi oleh ratusan orang para pengunjung serta puluhan orang perantau dari Kabupaten Dairi yang berdomisili di wilayah Jabotabek.

Para pengunjung tersebut mendatangi stand dekranasda kabupaten dairi tertarik untuk lebih mengenal lagi tentang tenun Ulos Silahisabungan, Kopi dan Cokolat yang berasal dari Dairi. 


Stand Dekranasda Kabupaten Dairi juga mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yakni Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara Ibu ketua divisi ritel Bank Sumut khususnya terhadap hilirisasi produk coklat Dairi yg di tampilkan di stand dairi.

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan Pihak Ritel Bank Sumut akan membantu pengembangan dan pemasaran produk kerajinan dan produk UKM lainnya melihat komitmen yang tinggi dari Ibu Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi.

Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani br Simarmata Eddy Berutu, Ny Berlin Situngkir br Simarmata dan Berlin Situngkir.
 Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani br Simarmata Eddy Berutu yang hadir dalam pameran tersebut dengan menggunakan baju Ulos hasil tenunan para penenun ulos Silahisabungan mengatakan produk ulos yang di pamerkan dalam pameran ini adalah jenis motif ulos penggabungan dari bintang maratur Silalahi, ulos Nippes dan ulos Simalungun.

“Kita akan punya desain motif sendiri yang akan di kembangkan dan natinya akan di bawa pada pameran di Belgia bulan Oktober 2019 nanti,” ucap Beliau.


Dengan di bawanya produk Ulos Silahisabungan untuk mengikuti pameran, Beliau berharap para penenun Ulos dari Silahisabungan dapat lebih berkreasi dan menghasilkan produk-produk ulos dengan motif-motif yang lebih bagus lagi.

“Sudah ada ulos yang di minati oleh Ibu Nawal Lubis Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan tinggal membuat sarungnya saja, banyak yang berminat terhadap Ulos Silahisabungan yang ternyata belum banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia.

Semoga tenun Ulos Silahisabungan semakin jaya di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Sebelumnya pada Selasa(10/09/2019), Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi juga menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2019 di lantai 16 Gedung Serba Guna Jenderal AH Nasution, Kementerian Pertahanan RI, Jakarta (metrokampung.com).

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong