Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Ini Lima Anggota BPK Yang Baru

Politikus Partai Gerindra, Pius Lustrilanang.
Jakarta, MH - Komisi XI DPR‎ telah memilih lima nama anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang baru periode 2019-2024, Rabu (25/9/2019) sore. Mereka adalah Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Achsanul Qosasi dan Harry Azhar Aziz.

Pemungutan suara dilakukan di ruang Komisi XI DPR, Jakarta Pusat. Pemilihan dipimpin Wakil Ketua Komisi XI Cik Marwan Hasan dari Partai Demokrat, dihadiri 55 anggota Komisi XI lainnya.

Dari lima anggota terpilih, hanya satu yang bukan orang partai politik yaitu Hendra Susanto. Empat lainnya dari partai.

Politisi Partai Gerindra Pius mendapat 43 suara, tertinggi di antara yang lainnya. Kemudian Daniel yang merupakan politisi PDIP meraih 41 suara, sama dengan perolehan suara Hendra.

Politisi Demokrat yang juga anggota BPK petahana Achsanul meraih 31 suara. Peringkat kelima adalah politisi Partai Golkar yang juga incumbent Harry Azhar sebesar 29 suara.

Anggota Komisi XI dari Fraksi Partai Nasdem Jhony G Plate mengemukakan lima anggota terpilih merupakan kombinasi yang cukup baik karena ada petahana dan pejabat karier internal BPK. 

Kepada lima anggota baru ini diletakkan harapan untuk mengawal dan memeriksa keuangan negara dengan baik.

Pemeriksaan tidak saja belanja negara tetapi juga sangat penting terkait dengan penerimaan negara yang dari waktu ke waktu semakin besar, kata Jhony.

Sementara ‎anggota Komisi XI dari PDIP Eva Kusuma Sundari menyambut gembira terpilihnya lima orang itu, karena ada pejabat internal BPK yang terpilih.

"Ini menggugurkan kecurigaan publik bahwa semua akan diborong parpol. Bahkan suara Hendra (internal BPK) menyamai Daniel dari Fraksi PDIP," ujar Eva.

Sumber : Suara Pembaruan

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar