Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kunjungan Sosial Taon Parasinirohaon HKBP Distrik XXV Jambi Ke Lapas Kelas II A Jambi



Kiri - Kanan : Cal Pdt Junita Nainggolan, STh, Diak. Demak Sianturi, J Rajagukguk, SH, Parasian Situmeang, Pdt Hantus Hutapea, STh, MM, Pdt Maju RE Manik, STh, St J Munthe, St R br Marpaung,,, Di Lapas Kelas II A Jambi. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH – Panitia Taon Parasinirohaon HKBP Distrik XXV Jambi mengadakan kunjungan Sosial ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Jambi, Selasa, 17 September 2019. Kunjungan ini dipimpin Pdt Hantus Hutapea, STh, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi.

Acara kunjungan tersebut diadakan di dalam Gereja Oikumene yang berada persis bersebelahan dengan Mesjid. Kunjungan ini dirangkai dengan seremoni Ibadah Bersama. 

Sebelum Ibadah berlangsung J Rajagukguk, SH Koordinator bidang Konseling/Pelatihan Pastoral mengucapkan puji syukur kepada Tuhan atas kasih karuniaNya kita dapat bertemu dan berkumpul di Gereja Oikumene ini dalam suasana sehat-sehat.

Adapun tujuan kunjungan kami ini adalah merupakan kunjungan sosial dari Panitia Taon Parasinirohaon HKBP Distrik XXV Jambi yang dipimpin Pdt Hantus Hutapea, STh, MM Praeses Distrik XXV Jambi. 

Dan ini merupakan salah satu Program kerja panitia, dan harapan kami semoga bermamfaat bagi saudara  kami yang ada di Lapas ini, ujar aktivis Hukum ini.

Dikatakannya bahwa Panitia Taon Parasinirohaon HKBP Distrik XXV Jambi telah mengadakan kujungan sosial ke Panti Jompo UPDT Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur di Pal V Kota Jambi dan kunjungan ke Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Rifahiyatul Bilad di Thehok Kota Jambi, tutur suami boru Sinaga ini.

Selanjutnya diadakan seremoni Ibadah yang langsung dipimpin oleh Pdt Maju RE Manik, S Th Koordinator bidang Kerohanian/Ibadah/Perlombaan. Sementara Doa Syafaat disampaikan oleh  Diakonis Demak Sianturi Koordinator bidang Dana dan organis diperankan oleh Andreas Nababan personil Embas Musik Group.

Pdt Maju RE Manik, STh mengambil naats  dari Alkitab Lukas 15,7  “Aku berkata kepadamu ; Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan”.

Dalam kotbahnya Pdt Maju RE Manik, STh lebih menekankan kepada pertobatan yang sungguh-sungguh, diibaratkannya ada orang yang berubah menjadi lebih baik dan sebaliknya ada orang yang berubah tetapi bukan lebih baik.

Lebih lanjut dikatakan suami boru Simaremare ini, bahwa sesungguhnya pertobatan itu harus benar-benar yang bermuara dari kehendak Tuhan, sehingga  hidup kita akan diperbaharui kepada kehidupan yang lebih baik.

Dituturkan Pendeta yang ditabhisan pada tanggal 11 Mei 2014 ini bahwa pertobatan yang membawa keselamatan, oleh karena itu agar kita terima keselamatan, mari kita berobah atau bertobat.

Perubahan atau pertobatan tanpa campur tangan Tuhan tidak akan ada kemenangan, karena Tuhan akan menuntun kita ke jalan yang lebih baik, sehingga kita memperoleh sukacita, ungkapnya. 

Untuk itu Pendeta mengajak kepada warga binaan Lapas ini khususnya umat Kristiani jadilah menjadi berkat diantara mereka yang ada di Lapas ini, menjadi contoh dan menjadi teladan.

Pimpinan (Uluan) HKBP Agave Mendalo Darat Ressort Kebun Kelapa ini menghimbau agar semua umat Kristen yang dibina di Lapas ini agar selalu mematuhi segala aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Jambi.

Ketika saudara -saudara  berada di Lapas ini jangan disesali, akan tetapi  seharus mengucapkan “Aku bersyukur ketika aku ditangkap dan dipenjara, sehingga aku mengetahui kekurangan dan kesalahan yang telah ku perbuat selama ini”, ungkapnya dengan diplomatis.

Serahkanlah segala kehidupanmu kepada Tuhan, agar Tuhan menuntun hidup mu ke jalan yang lebih baik, dan percayalah bahwa Tuhan Yesus Kristus senantiasa memberkatimu, ujar ayah satu orang putri ini mengakhiri kotbahnya.

Setelah Ibadah merekapun makan bersama, doa dipimpin St R br Siahaan Koordinator Konsumsi dan penerima tamu. Selanjutnya Parasian Situmeang selaku koordinator umat Kristen mengajak seluruh warga binaan untuk memperkenalkan diri sekaligus memberitahukan  kasus apa yang mengantarkan mereka masuk Lapas.

Selanjutnya memberikan bingkisan secara simbolis kepada mereka oleh Pdt Hantus Hutapea, STh, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, dengan perasaan senang bercampur  Bahagia mereka menerima. Disela-sela acara ini merekapun menyumbang lagu.

Ketika Majalah Holong Online menghampiri dan mengajak bincang-bincang Parasian Situmeang  selaku koordinator umat Kristen di Lapas kelas II A Jambi ini mengatakan bahwa penghuni binaan Lapas kelas II A Jambi seluruhnya berjumlah 1.310 orang, sementara umat Kristen sebanyak 36 orang.

Pemberian Remisi terhadap seseorang warga binaan di Lapas ini, harus dilihat tingkah lakunya dan tidak pernah melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang dibuat Lapas, sopan santun dan taat melakukan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing, ujarnay.

Pegawai yang sudah 30 tahun lebih mengabdi di Lembaga Permasyarakatan kelas II A Jambi ini menyatakan terima kasih atas kunjungan sosial Panitia Taon Parasinirohaon HKBP Distrik XXV Jambi, kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat yang berkelimpahan bagi kita semua khususnya kepada rombongan yang datang mengunjungi kami. (MH – Fendi Sinabutar).




















Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar