Home » , , , , » Bupati Samosir Irup HKN Dan Peringatan Hari Ulos Nasional

Bupati Samosir Irup HKN Dan Peringatan Hari Ulos Nasional

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Jumat, 18 Oktober 2019 | Oktober 18, 2019

Bupati dan Wakil Bupati Samosir,  Rapidin Simbolon-Juan Sinaga, manortor bersama pada acara peringatan hari Ulos Nasional yang dirangkai dengan peringatan Hari Kesadaran Nasional. (tumpal sijabat).
Samosir, MH -  Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menggelar Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) Lingkungan Pemkab Samosir, yang dirangkai dengan peringatan hari Ulos Nasional (kain khas Batak), di halaman kantor bupati, Kamis (17/10/2019). 

Usai upacara, Bupati Rapidin Simbolon, didampingi Wakil Bupati Juang Sinaga bersama Kepala OPD menari (manortor) bersama dengan para tokoh adat diiring gondang Batak.

Rapidin Simbolon, mengatakan, upacara yang diselenggarakan setiap bulannya ini wajib diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara, serta dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kedisiplinan serta etos kerja demi terciptanya sosok Aparatur Sipil Negara menuju masyarakar yang adil, makmur dan merata.

“Saya mengimbau kepada para Aparatur Sipil Negara untuk memiliki sikap tanggap, cermat, akurat serta terukur dalam rangka menyelenggarakan pelayanan publik sehingga dapat menjawab segala tantangan di era reformasi ini,” imbau Rapidin.

Ditambahkan Rapidin, ulos masih digunakan sebagai kain dengan fungsi simbolik dalam tatanan masyarakat Batak Toba, Karo dan Simalungun, seperti halnya kegiatan mangulosi yang melambangkan pemberian restu, kasih sayang, harapan dan kebaikan patut dilestarikan.
 
"Oleh sebab itu, dengan semangat peringatan Hari Ulos, di mana tahun depan peringatannya dapat dikemas lebih baik lagi, sebagai awal untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan kita, sehingga tidak hilang di masa yang akan datang sebagai ciri khas suku Batak,” jelasnya. (Medanbisnisdaily.com).
 
 
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong