Home » , , , » Kemendagri: Pergantian Nama Kabupaten Toba Samosir Jadi Toba Sudah Final

Kemendagri: Pergantian Nama Kabupaten Toba Samosir Jadi Toba Sudah Final

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 16 Oktober 2019 | Oktober 16, 2019

Irjen Kemendagri,Tumpak Simanjuntak saat memberikan arahan dan bimbingan. (tumbur tumanggor).
Balige, MH - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tumpak Simanjuntak, mengatakan, pergantian nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba sudah final, hanya tinggal menunggu pengesahan.

"Seluruh pembahasan sudah selesai, nama Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) secara resmi dalam waktu dekat akan berubah atau diganti menjadi Kabupaten Toba," ujar Tumpak Simanjuntak, Minggu (13/10/2019), di sela-sela acara temu ramah bersama Pemkab Tobasa, di Cafe Bunga Toba, Jalan Lumban Silintong, Balige.

Tumpak mengatakan, pergantian nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba diawali dengan adanya rencana bantuan pusat ke daerah Toba Samosir dan dikarenakan nama akhirnya penyerahan bantuan jatuh ke Kabupaten Samosir.

"Antara nama Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir rada mirip, mungkin karena ada kemiripan nama itu panitia memberikan ke Samosir, padahal kebutuhan harusnya ke Tobasa," sebut Tumpak.

Menurut Tumpak, pergantian nama itu adalah atas usulnya dan diteruskan kepada Bupati Tobasa, Darwin Siagian dan ternyata sangat setuju.

"Mudah-mudahan pada akhir tahun ini atau di HUT ke 21 Tobasa nanti nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba sudah resmi berganti, " ungkapnya seraya menyebut nama bantuan yang berpindah alamat adalah mobil pemadam kebakaran.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian dalam sambutannya membenarkan bahwa sejak adanya peralihan bantuan hanya dikarenakan nama Kabupaten Toba Samosir dengan Kabupaten Samosir secara langsung ditindaklanjuti dan dibahas.

"Semua tinggal menunggu penetapan dari Kemendagri. Rencana pergantian nama itu akan kita mulai di saat perayaan HUT ke 21 nanti," katanya.

Hadir dalam acara temu ramah bersama Tumpak Simanjuntak juga Inspektur Utama Kementerian PPN, Agus Sugeswo dan Korwil BPKKBN Prov Sumatera Utara serta seluruh pimpinan OPD di Pemkab Tobasa. (Medanbisnisdaily.com).



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong