Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kesbangpol Prov Jambi Adakan Pembinaan Terhadap Organisasi Kemasyarakatan

Kiri - Kanan : May Arm Aco Tenrisau, S.Pd, Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Drs HM Asnawi AB, MM dan Benny, 15 Oktober 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH - Pengertian Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam organisasi yang dibentuk oleh masyarakat adalah secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI.


Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi mengadakan pembinaan terhadap organisasi kemasyarakatan yang terdaftar di Jambi. Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ini dengan tema : " Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Pembangunan dan Menjaga Keutuhan NKRI Tahun 2019".

Ketiga dari Kiri Ketua Umum Forum Kebangsaan Peduli Program Pemerintah (FKP3) Sintong M Aritonang, 15 Oktober 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Hadir dalam acara ini dari berbagai perwakilan Ormas   yang terdaftar di Kantor Badan Kesbangpol Provinsi Jambi dalam hal ini diwakili Ketua dan Sekretaris setiap Organisasi Kemasyarakatan, Forum Kebangsaan Peduli Program Pemerintah (FKP3) dihadiri Ketua Umum Sintong M Aritonang da Fendi Sinabutar.

Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan ini langsung dibuka oleh Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Drs. HM Asnawi AB, MM diaula kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi tersebut.

Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Drs HM Asnawi AB, MM ketika memberikan kata sambutan dan membuka secara resmi Pembinaan Ormas, 15 Oktober 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Sebelum acara  dibuka terlebih dahulu mereka menyanyikan lagu Indonesia  Raya. Dalam kata sambutannya Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Drs HM Asnawi AB, MM menyatakan apresiasi terhadap kehadiran Organisasi Kemasyarakatan yang kami undang dan secara resmi saya buka, ujarnya dibarengi dengan ciri kas senyumnya.

Mantan Sekda Kota Jambi ini menguraikan  bahwa pelaku ekonomi adalah Pemerintah, Pengusaha dan Masyarakat, sementara ujung tombak pembangunan itu sendiri adalah masyarakat. Sehingga diharapkan Ormas dan masyarakat maupun pemerintah saling mendukung.

Perwakilan Ormas sedang menikmati wejangan dari nara sumber.
Untuk itu Drs HM Asnawi AB, MM yang selalu mengayomi masyarakat itu mengharapkan jadilah Organisasi Kemasyarakatan yang benar-benar memperhatikan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat dan sebagai mitra pemerintah untuk mengawasi dan membantu jalannya pembangunan, bukan untuk mementingkan diri sendiri atau kelompok tertentu, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa organisasi kemasyarakatan itu harusnya tetap berpedoman kepada 4 K yaitu : 1 Konsolidasi, 2 Komunikasi, 3 Koordinasi dan 4 Konsultasi. Diharapkan agar Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) tetap mengedepankan harmonisasi di tengah-tengah masyarakan dan dapat menjembatani antara pemerintah dan masyarakat, sehingga Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini tetap kondusif.

Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Drs HM Asnawi AB, MM sedang bincang-bincang.
Dikatakannya  setelah pensiun sebagai pengabdi Negara (1 Nopember 2019) dia berencana akan membentuk sebuah Organisasi Kemasyarakatan yang namanya Forum Jambi Bersatu, ungkapnya.

Adapun nara sumber adalah DR Fahmi Rasid dari Kantor Bappeda Provinsi Jambi dan dari Korem (Komando Resort Militer) Garuda Putih Jambi yang diwakili May Arm Aco Tenrisau, S.Pd dengan topik "Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara". Putra kelahiran Ujung Pandang Sulawesi Selatan ini  menyatakan bahwa Wawasan Kebangsaan  adalah merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenal  diri dan lingkungannya mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ketua Umum Forum Kebangsaan Peduli Program Pemerintah (FKP3) Sintong M Aritonang berpoto bersama dengan Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Drs HM Asnawi AB, MM, 15 Oktober 2019. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Dengan semangat dia mengajak para peserta mari bersatu, bersama dalam perbedaan karena kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Untuk itu mari kita pelihara bersama  keutuhan kewilayahan dari Sabang sampai Merauke, Pancasila dan UUD 45 sebagai acuan berbangsa dan bernegara, konsep wawasan Nusantara dan ketahanan Nasional sebagai acuan operasional  dan kekayaan budaya bangsa Indonesia termasuk hasil-hasil pembangunan.

Perwakilan Ormas sedang menikmati wejangan dari nara sumber.

Dijelaskannya bahwa persatuan dan kesatuan dapat tercapai apabila dapat memahami perbedaan yang ada, menyadari bahwa perbedaan itu merupakan kodrat Tuhan Yang Maha Esa dan perbedaan itu harus disyukuri, ungkapnya dengan nada tegas.

Dikatakan lebih lanjut mari kita jaga dan pelihara kebersamaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia  adalah harga mati bagi kita dan semangat kebangsaan akan mengalir rasa kesetiakawanan sosial, semangat rela berkorban dan jiwa patriotisme kita jungjung bersama, tuturnya. 


Di tengah - tengah acara berlangsung diadakan sesi tanya jawab, merekapun mengajukan berbagai pertanyaan, tak ketinggalan Ketua Umum Forum Kebangsaan Peduli Program Pemerintah (FKP3) Sintong M Aritonang mengajukan pertanyaan dan mengharapkan agar diadakan pertemuan minimal 2 kali dalam se tahun antara Ormas dan Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini Badan Kesbangpol.

Sementara acara ini ditutup oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  (Kesbangpol) Provinsi Jambi Mukti Said. Dan dilanjutkan dengan makan bersama. (MH - Fendi Sinabutar).











Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar