Home » , , , » KM RO-RO II 200 GT Diluncurkan ke Danau Toba

KM RO-RO II 200 GT Diluncurkan ke Danau Toba

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 10 November 2019 | November 10, 2019

KM RO-RO 300 GT sedang diluncurkan dengan didukung alat berat dari PT Dok Bahari Nusantara. (tumbur tumanggor).
Porsea, MH - Kapal Motor (KM) Roro II berbobot 200 GT pembangunanya pada tahap penyelesaian di Galangan Kapal, Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir(Tobasa) secara resmi diluncurkan ke perairan Danau Toba. Peluncuran KM RO-RO dilakukan oleh irjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budhi Setyadi, Sabtu(9/11/2019) di Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Tobasa.

"Secara resmi KM RO-RO diluncurkan. Semoga kehadiran kapal ini mewarnai pelayanan kunjungan wisata yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujar Irjen Kemenhub, Budhi Setayadi diikuti suara sirene peluncuran KM RO-RO ke Danau Toba.

Irjen mengatakan, jenis KM RO-RO 300 GT merupakan lanjutan pembangunan dari KM Ihan Batak yang saat ini sudah eksis melayani penyebrangan Ajibata-Samosir dan saat ini ditambah juga akan melayani hal serupa Balige-Samosir.

"Pemerintah cukup perhatian bagaimana Danau Toba supaya benar-benar menjadi destinasi wisata bertaraf internasional. Contohnya saat ini kapal dan pelabuhan sudah mulai ditingkatkan dan diperbaiki," sebut Irjen Budhi Setyadi berharap didukung oleh masyarakat sekitar dengan merubah karakter ke arah pelayan.

                                 

Direktur PT Doc Bahari Nusantara, Sophan Sopyan dalam laporannya mengatakan pembangunan KM RO-RO 300 GT senilai Rp 31 miliar memiliki kapasitas penumpang sebanyak 118 orang dan jumlah kenderaan sebanyak 25 kendaraan.

"Posisi keberadaan KM RO-RO sudah memasuki finishing. Rencana mulai melayani penumpang diharapkan bulan Desember nanti sudah eksis," ucapnya.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian dalam sambutannya menyebut bahwa suasana pelayanan wisata di Danau Toba saat ini banyak kemajuan. Menyambut kepedulian pemerintah diharapkan masyarakat bisa mendukung demi percepatan pembangunannya.

"Hingga Tahun 2024 program pemerintah pusat akan tetap berlanjut. Bagaimana kedepan sebagai warga marilah bergandengan tangan demi tercapainya program tersebut," kata Bupati.

Acara peluncuran KM RO-RO selain dihadiri pejabat di lingkungan Kemenhub juga hadir Direktur Sarana Transportasi Darat, Chandra Irawan, Kadishub Provsu, Kadishub Tobasa, Pargaulan Sianipar, Kadishub Samosir, Wabup Samosir, Direktur Marketing Pariwisata Felesia dan sejumlah pejabat serta tokoh adat, tokoh masyarakat. (Medanbisnisdaily.com).



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong