Home » , , » Pomparan Butar Raja Jambi Diberangkatkan Dalam Doa Menuju Silalahi Nabolak

Pomparan Butar Raja Jambi Diberangkatkan Dalam Doa Menuju Silalahi Nabolak

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 10 November 2019 | November 10, 2019


Kiri - Kanan : Op Advent Sihaloho, Op Josua Tambunan, S Pintubatu, Ketua PM Sinurat dan L Tambunan, SE, 9 November 2019 Acara Pemberangkatan Dalam Dao Pomparan Butar Raja Menuju Silalahi Nabolak. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Jambi, MH –  Tugu / Makam Raja Silahisabungan yang terletak di Desa Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara diresmikan pada  tanggal  23 – 27 November 1981. Sejak diresmikan Tugu / Makam tersebut diadakan Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan telah digelar sebanyak 37 kali.


Hal ini telah merupakan  agenda kalender setiap tahun yang pelaksanaannya dilakukan pada bulan November. Sebagai Bolahan Amak (panitia penyelenggara) pesta partangiangan luhutan bolon tersebut adalah dari 8 orang keturunan  Raja Silahisabungan yaitu Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja.secara berturut-turut dari tahun ke tahun.


Pesta ini di gelar sebagai wujud ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan anugerahNya kepada seluruh keturunan Raja Silahisabungan. Sekaligus juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan untuk melestarikan nilai – nilai unggul peninggalan Raja Silahisabungan termasuk nasehat yang diwariskan kepada keturunannya dalam bentuk poda “Sagu-Sagu Marlangan.”


aja Silahisabungan, baik hula-hula maupun pihak boru, bere dan ibebere sebagai falsafah Adat Batak Dalihan Na Tolu. Juga sekaligus  gaungnya berkomunikasi dan berinteraksi untuk saling kenal antara sesama Pomparan Raja Silahisabungan di manapun berada.


Dengan adanya acara pesta ini diharapkan seluruh  Pomparan Raja Silahisabungan di mana pun berada akan cinta dan peduli Bona Pasogit Silalahi Nabolak. Apalagi saat sekarang Pemerintah telah memprogramkan Otorita Danau Toba yang harus kita dukung bersama.


Dalam sejarah Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan telah mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kegiatan “Mardemban Massal” tepat pada tahun 2017 ke 36 kali  ketika Bolahan Amak Tungkir Raja.


Bolahan Amak atau panitia penyelenggara  tahun 2019 ini giliran Butar Raja,yang pelaksanaannya hari Jum’at, Sabtu dan Minggu (22 -24 November 2019) yang ke 38. Untuk ini Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna Se Kota Jambi Nahumaliangna yang diwakili Penasehat Punguan dan semua Ketua / Pengurus Turpuk Marga memberangkatkan Butar Raja Dalam Doa Menuju Silalahi Nabolak.


Acara yang dimulai pada pukul 17.30 WIB  dilakukan pada hari Sabtu tanggal 9 November 2019 di rumah Op Gavra Sinabutar / br Simbolon Nusa Indah II Kota Jambi ( rumah orang tua Kolonel Inf Edison Sinabutar, SSi). Acara ini berlangsung hikmat dan penuh dengan suasana kekeluargaan dan persaudaraan.


Doa keberangkatan dipanjatkan Op Advent Sihaloho / br Simarmata sekaligus penasehat punguan dan dikenal sebagai salah satu tokoh adat di Kota Jambi. L Tambunan, SE / br Pasaribu (penasehat punguan ) berperan sebagai protokol dan mengatur jalannya acara.Sementara Ketua Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna Se Kota Jambi Nahuamliangna PM Sinurat / br Naibaho menyampaikan kata sambutan.


Hadir dalam acara ini Penasehat Punguan Op Advent Sihaloho / br Simarmata, Op Josua Tambunan / br Nainggolan dan L Tambunan, SE / br Pasaribu, Ketua Punguan PM Sinurat / br Naibaho dan Wakil Ketua H Tambunan, S.Pd / br Simorangkir , semua Ketua Turpuk Marga dan sebahagian anggota punguan.


Setelah acara doa pemberangkatan F Sinabutar / br Simarmata selaku Sekretaris Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Se Kota Jambi Nahumaliangna melaporkan bahwa jumlah anggota punguan pada tahun 2019 ini sebanyak 724 KK.


Selanjutnya Sekretaris Punguan menyerahkan daftar anggota punguan kepada setiap Ketua / Pengurus Turpuk Marga. Setelah acara ini diadakan pemilihan Ketua Panitia Pesta Partangiangan Punguan Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna Se kota Jambi Nahumaliangna yang pelaksanaannya dilakukan pada bulan Mei 2020.


Acarapun dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan bersama, terlihat pihak boru, bere dan ibebere Butar Raja dengan telaten "Makkobasi" segala kebutuhan makanan dan minuman untuk disantap bersama  doa disampaikan oleh PM Sinurat / br Naibaho selaku Ketua Umum Punguan.  (MH – Fendi Sinabutar).

























Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong