Home » , , , , » Sukses Pesta Partangiangan Dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Butar Raja

Sukses Pesta Partangiangan Dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Butar Raja

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Sabtu, 30 November 2019 | November 30, 2019


Lokasi Tugu/Makam Raja Silahisabungan, Rumah Parsattian dan Selfie Booth I Love Silalahi, Minggu 24 November 2019 di Silalahi Nabolak, Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Su7matera Utara. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).
Silalahi Nabolak, MH - Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan digelar dari tahun ke tahun oleh 8 putra keturunan Raja Silahisabungan yaitu Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja.

Pesta syukuran ini dilaksanakan adalah sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Anugerah dan BerkatNya kepada Pomparan Raja Silahisabungan dan juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan untuk melestarikan nasehat yang diwariskan Raja Silahisabungan serta momen untuk menjalin tali silaturahmi, intraksi komunikasi dan kepedulian terhadap Bona Pasogit Silalahi Nabolak.
Kiri - Kanan : Ketua Umum Dr Ir Sukardi Silalahi Sinabutar, MBA bersama istri boru Napitupulu, Bupati Kabupaten Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu bersama istri boru Simarmata dan Perdi Silalahi Sinabutar, S.Sos, ME bersama istri boru Sinaga.
Setelah sukses mengadakan kegiatan (22/11/2019) Funtrack SSF 2019 perlombaan menyelusuri Dolok Siattaratas yang diikuti ratusan orang peserta , maka acarapun dilanjutkan dengan “Manguras Horbo”.
Pertanda akan dimulainya Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan  Bolahan Amak Butar Raja. Dalam Manguras Horbo ini  berperan para Raja Turpuk Silahisabungan, baru dikuti dengan seluruh Pomparan Raja Silahisabungan yang hadir secara bergantian.
Pomparan Raja Silahisabungan dan Butar Raja.
Setelah Manguras Horbo ini maka diserahkan kepada pihak boru, bere dan ibebere atau parhobas agar horbo tersebut dipotong dan dimasak. Dengan telatennya pihak parhobas memasak untuk makan bersama, seiring dengan itu Raja Turpuk mengajak seluruh Pomparan Raja Silahisabungan untuk masuk ke Rumah Parsattian melakukan kegiatan “Hahomion”. 

Selanjutnya mereka mengadakan Ziarah bersama di Makam / Tugu Raja Silahisabungan, hal ini dilakukan untuk menyampaikan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kegiatan selama Pesta dapat berjalan dengan lancar, setelah selesai Ziarah kembali ke Rumah Parsattian untuk makan bersama. 
Menunggu persiapan pihak boru, bere, ibebere atau parhobas menyediakan makanan dan minuman diadakan ramah tamah yang dikomandoi Perdi Silalahi Sinabutar, S.Sos, ME  selaku Sekretaris Umum Panitia Bolahan Amak. Suasana seru dan hangat bahkan dibarengi dengan gelak tawa, pertanda kebersamaan, kekeluargaan  dan persaudaraan menyatu di antara mereka, ketika Pomparan Butar Raja dari seluruh pelosok Tanah Air yang hadir memperkenalkan diri. 

Betapa tidak Pomparan Butar Raja memang sangat langkah, ibaratnya dari Provinsi, Kabupaten dan Kota ada yang jumlahnya  hanya 2 KK, 4 KK bahkan tak ada sama sekali, meminjam kata sambutan Penasehat Pomparan Raja Silahisabungan  Mayjen (Purn) TNI AD Haposan Silalahi, menyatakan sangat ragu dan kuatir bagaimana pelaksanaan Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Butar Raja tahun 2019 ini. 
Yang seogyanya Haposan Silalahi  melihat jumlah Pomparan Butar Raja. Namun Haposan Silalahi menyatakan dibalik jumlah Pomparan Butar Raja yang tidak begitu banyak adanya kebersamaan dan kekompakan, sehingga pelaksanaan Pesta ini dapat berjalan dengan lancar, sukses dan sangat luar biasa., ujar Haposan dengan nada bangga sembari senang.   

Haposan juga mengapresiasi Panitia yang dapat menghimpun seluruh Pomparan Raja Silahisabungan dapat hadir di tempat ini dari perwakilan penjuru Tanah Air, pungkasnya.
Setelah selesai makan bersama mereka mengadakan Tuani Gondang yang langsung dipimpin Raja Turpuk, alunan musik di Tuani Gongang ini begitu syahdu dan menarik, merekapun dapat menikmatinya dan manortor bersama dengan penuh semangat. 

Tuani Gondang ini dilakukan menandakan di mulainya Pesta. Suasana semakin meriah mereka akrap dan penuh dengan rasa persaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan menghiasi acara ini.


Esok harinya 23/11/2019 suasana semakin meriah dan semarak berjam-jam lamanya mereka manortor mengikuti irama gondang tidak merasa lelah, di acara inilah mereka saling kenal antara yang satu Kabupaten, Kota dan Provinsi yang hadir mewakili se Nusantara, sekaligus memberikan “Satti – Satti”
Kiranya kebersamaan yang mereka pertontonkan saat ini menjadi acuan bagi mereka untuk tetap menjalin rasa kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan  dapat terukir sepanjang masa. Ibaratnya “kemesraan ini jangan cepat berlalu”.


Malam harinya diadakan panggung hiburan, artis penyanyi lokal tampil dengan suara yang manis dapat menyuguhkan lagu-lagu lawas  Batak. Paling seru dan heboh ketika artis Ibu Kota DKI Jakarta Trio Sentana tampil dengan suara khasnya, menyanyikan lagu-lagu hits Batak.
Para hadirin dapat menikmatinya dan terpaku mendengarnya, bahkan mereka langsung menyerbu ke depan panggung. Tampil juga penyanyi Trio asal Banten.



Selanjutnya Pesta Puncak yang diadakan pada hari Minggu, 24 November 2019, sebelum acara hiburan dan tortor maupun kata-kata sambutan, terlebih dahulu diadakan ibadah bersama secara Oikumene. 
Seremoni ibadah dipimpin Pdt Berman Sidabutar (Sinabutar), S.Th yang sehari-hari melayani di Gereja Methodist dengan mengambil Naats dari Alkitab Mazmur pasal 133, 1 s/d 3 sesuai dengan Thema : “Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun”. Sub Thema Pomparan Raja Silahisabungan hidup dalam persaudaraan sejati dalam kasih Tuhan Allah. 

Sementara Doa Syafaat disampaikan oleh Pastor Petrus Simarmata. Ditengah-tengah berlangsungnya acara ibadah, lagu-lagu pujian dipersembahkan oleh Koor Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Kota Medan dan Punguan Arisan Ina Kota Medan.

Hadir dalam acara Pesta Puncak ini Bupati Kabupaten Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu beserta istri boru Simarmata dan rombongan, Kapolres Kabupaten Dairi AKBP Leonardo David Simatupang beserta rombongan, Penasehat Punguan Pomparan Raja Silahisabungan se Indonesia Mayjen (Purn) TNI AD Haposan Silalahi, Prof DR Sihol Situngkir, SE, MBA dan Ketua Umum Parsadaan 8 (ualu) Turpuk  Pomparan Raja Silahisabungan se Indonesia Ir Asner Silalahi, MT.
Dr Ir Sukardi Silalahi Sinabutar MBA Ketua Umum Panitia dalam kata sambutan mengucapkan puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kasih dan karuniaNya kita dapat berkumpul di tempat ini dari penjuru Tanah Air dalam suasana sehat-sehat, dan kita harapkan pelaksanaan pesta puncak ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang kita kehendaki, ujar Alumni ITB Fakultas Teknik Sipil tahun 1989 ini.

 
Tak lupa juga suami boru Napitupulu ini  mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati DR Eddy Kelleng Ate Berutu, Bapak Kapolres Dairi, Bapak Penasehat dan Ketua Umum Parsadaan 8 (ualu) Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan se Indonesia Bapak Ir Asner Silalahi, MT, beserta seluruh Pomparan Raja Silahisabungan sekaligus Pomparan Butar Raja yang hadir pada saat ini. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat yang berkelimpahan bagi kita semua, ungkap alumni Universitas Gajah Mada – MBA ini. 

Sukardi panggilan akrapnya melaporkan telah mengadakan serangkaian kegiatan yang diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam memajukan pariwisata di Silalahi Nabolak yang kaya akan keindahan alam dengan hamparan Tao Silalahi, situs situs sejarah yang dimiliki dan indahnya pemandangan alam dan udara yang sejuk di Dolok Siattaratas, ungkap CEO (Chief Executive Officer) PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) ini.


Dikatakan lebih lanjut bahwa beberapa kegiatan yang sudah dilakukan Butar Raja sejak serah terima Bolahan Amak yaitu membangun selfie booth “I Love Silalahi” di area Tugu / Makam Raja Silahisabungan, membangun sarana dan prasarana internet (digital valley) di Kantor Desa Silalahi 2 untuk dimanfaatkan pelajar dan kawula muda sebagai generasi penerus Pomparan Raja Silahisabungan. 

Serta memfasilitasi beberapa penenun ulos untuk menjadi mitra binaan dari perusahaan-perusahaan tertentu, ujar Doktor Ilmu Manajemen konsentrasi  Manajemen Bisnis dari Universitas Padjajaran Bandung tahun 2019 ini.

Pada Sabtu 7 September 2019 kemarin, Bupati Kabupaten Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu didampingi Ketua Umum Panitia Bolahan Amak Butar Raja Dr Ir Sukardi Silalahi Sinabutar, MBA bersama Ketua Umum Parsadaan 8 (ualu) Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan se Indonesia Ir Asner Silalahi, MT  melakukan kick off dimulainya “Event SILAHISABUNGAN FEST 2019”.

Silahisabungan Fest 2019 dikemas dalam dua kegiatan lomba yang menyediakan puluhan juta rupiah hadiah uang tunai ditambah lucky draw menarik yakni Photo Contest dan Funtrack Dolok Siattaratas.

Bupati Kabupaten Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu dalam kata sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Silahisabungan Fest 2019 karena in line dengan program Pemerintah Kabupaten  Dairi untuk menjadikan Silalahi Nabolak sebagai salah satu destinasi wisata lokal dan mancanegara.

Bupati juga menilai Pesta Partangiangan dan Budaya Pomparan Raja Silahisabungan yang dilaksanakan setiap tahunnya memiliki makna strategis untuk bidang Parawisata dan Budaya di Silalahi Nabolak. Bupati juga mengusulkan agar Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan  menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Dairi, pungkasnya. Hal inipun  disambut antusias seluruh hadirin, bahwa mereka sangat setuju.


Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Parsadaan 8 (ualu) Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan se Indonesia Ir Asner Silalahi, MT  berterimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan dan melakukan beberapa kegiatan dalam hal Pesta Partangiangan dan Budaya Pomparan Raja Silahisabungan 2019.

Ir Asner Silalahi, MT yang berkarier di Kementerian PUPR ini berharap agar apa yang telah diprogramkan berjalan dengan baik. Ia juga meminta seluruh Pomparan Raja Silahisabungan untuk turut serta membantu untuk mensukseskan seluruh rangkaian acara, ujar calon Wali Kota Pematangsiantar periode tahun 2020 – 2024 ini.



Selanjutnya  makan bersama, terlihat pihak boru, bere, ibebere atau parhobas dan dibantu siswa/siswi SMP Silahisabungan dan SMA meladeni dengan telaten para hadirin. Pantauan Majalah Holong Online semua yang hadir di Pesta tersebut dapat menikmati makanan dan minuman yang dihidangkan dengan perasaan senang. 

Setelah selesai makan dilaksanakan tortor, panitia menerima Pomparan Raja Silahisabungan yang datang dari luar daerah, suasana semakin meriah dan semarak, mereka saling berjoget dan menari mengikuti irama gondang. Para pemain musik dapat memainkan alat musiknya dengan apik.

Penasehat Parsadaan 8 (ualu) Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan se Indonesia Mayjen (Purn) TNI AD Haposan Silalahi bersama istri.
Paling haru pada Pesta tahun 2019 ini  ketika lagu "Poda Sagu-Sagu Marlangan" dinyanyikan, salah seorang Pomparan  Tambun Raja berdiri dari tempat duduknya sambil ikut menyanyikan langsung menuju panggung dan meneteskan air mata, sehingga para hadirin ramai-ramai menuju panggung. 

Hal ini dapat kita mengerti dan maklumi apakah keturunan Raja Silahisabungan yang 8 (delapan) Turpuk itu dapat melaksanakan Poda Sagu-Sagu Marlangan itu sampai saat ini?... adalah suatu tantang bagi Pomparan  Raja Silahisabungan di manapun berada.


Untuk itu diharapkan kepada seluruh Pomparan Raja Silahisabungan mari kita merenung bersama dan kita laksanakan dalam kehidupan kita masing-masing. Agar situs-situs sejarah peninggalan nilai-nilai unggul Raja Silahisabungan yang berada di Silalahi Nabolak tetap kita lestarikan bersama.


Selanjutnya merekapun menerima kedatangan hula-hula Batanghari dan Nairasaon, hormat marhula-hula mereka dengan santun dan somba menyambut sembari manortor diiringi dengan gondang. 

Terlihat pihak hula-hula dapat mengayomi pihak boru mereka membawa silua berupa beras, ayam jantan yang hidup, tebu dan tipa-tipa, sekaligus diserahkan kepada pihak boru dalam hal ini Pomparan Raja Silahisabungan.


Pihak hula-hula memberikan umpasa-umpasa dan nasehat-nasehat yang makna dan tujuan tetap bermuara kepada kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, merekapun mangolopi pihak boru dan sebaliknya Pomparan Raja Silahisabungan dengan somba marhula-hula menyalami mereka.

Giliran selanjutnya Tulang Sagala dengan hormat dan somba Pomparan Raja Silahisabungan khususnya Pomparan Butar Raja datang manomu-nomu, terlihat pihak Tulang Sagala membawa silua berupa beras, dekke yang telah dimasak, pisang dan ulos. Tulang Sagalapun mangulosi perwakilan Pompara Raja Silahisabungan dan Pomparan Butar Raja, sebaliknya pihak Pomparan Raja Silahisabungan dan Butar Raja datang somba diiringi dengan gondang.

Setelah acara pihak hula-hula dan tulang selesai selanjutnya diadakan prosesi penyerahan Bolahan Amak dari Butar Raja diberikan kepada Sondi Raja, dan Sondi Raja diberikan kepada Ketua Umum Parsadaan 8 (ualu) Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan se Indonesia Ir Asner Silalahi, MT sembari manortor diberikan kepada Dabariba Raja  Bolahan Amak sebagai Panitia Pesta Partangiangan dan Budaya Pomparan Raja Silahisabungan pada tahun 2020. 

Dengan senang bercampur bahagia Dabariba Raja menerima sebagai Bolahan Amak, terlihat dengan semangat mereka membawa Amak (simbol) tersebut keliling dan manortor, sekaligus membawa spanduk yang bertuliskan “Dabariba Raja siap sebagai Bolahan Amak tahun 2020. 


Terakhir Mona Salam Sidabutar menyanyikan lagu-lagu hits Batak, acara sukses, meriah, semarak,lancar dan sangat luar, cuacapun dapat diajak dengan kompromi tanpa ada hambatan sesuatu dan semua panitia makan bersama di Rumah Parsattian. (MH – Fendi Sinabutar).



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong