Home » , , » Perayaan Natal Wijk Paal Merah Lama HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi

Perayaan Natal Wijk Paal Merah Lama HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 22 Desember 2019 | Desember 22, 2019


Poto bersama Inang Pdt Renti br Naibaho, S.Th (No : 11 dari Kiri) dengan Amang/Inang Sintua dan Pengurus Wijk Paal Merah Lama, ketika Perayaan Natal Sabtu 21 Desember 2019. Poto ini di Sopo Godang Jubileum HKBP Jambi. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH – Peristiwa Natal sesungguhnya merupakan peristiwa yang sarat dengan pesan kasih dan perdamaian. Natal bahkan merupakan wujud sempurna dari kasih Tuhan yang memperdamaikan. Antara kasih dan perdamaian seharusnya tampak dan terbukti dalam kehidupan antar sesama manusia.

Sehingga makna Perayaan Natal itu bukanlah sekedar rutinitas semata dengan penampilan koor, membacakan litur tentang Firman Allah  dalam suasana mewah dan meriah, akan tetapi makna Natal jauh lebih penting sebagai upaya memperbaharui diri, melakukan intropeksi diri untuk meneladeni kebaikan Tuhan Yesus Kristus yang lahir demi menyelamatkan manusia dari belenggu hempitan dosa.

J Rajagukguk Ketua Panitia Perayaan Natal Wijk Paal Merah Lama HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi 21 Desember 2019 di Gereja HKBP Jambi ketika memberikan kata sambutan. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

Perayaan Natal Wijk Paal Merah Lama HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Desember 2019 dengan Thema : “Kami telah mendengar dan mengenal Mesias Juru Selamat Dunia”. (Yohanes 4:42). Sementara Sub Thema : “Melalui Perayaan Natal Wijk Paal Merah Lama kita diutus memberitahukan dan melakukan keselamatan dari Kristus ke dalam hidup yang semakin maju”. 

Sebelum acara Ibadah terlebih dahulu diadakan prosesi penyambutan oleh Anak Sekolah Minggu terhadap Inang Pdt Renti br Naibaho, S.Th, Panitia Perayaan Natal, Parhalado dan Pengurus Wijk Paal Merah Lama. Seluruh para hadirin diajak untuk berdiri oleh pembawa acara Ny P Manullang br Hutasoit.

Pdt Renti br Naibaho, S.Th ketika menyampaikan kotbah.
Mereka disambut tari-tarian Anak Sekolah Minggu dan sekaligus mengantar ke tempat yang telah disediakan. Tarian yang mereka pertontonkan sangat bagus dan indah dapat mengikuti irama musik, sehingga para hadirin  dapat menikmatinya dengan perasaan senang sembari  bersukacita.

Ketua Panitia Perayaan Natal J Rajagukguk, SH dalam kata sambutannya menyatakan syaloom dan selamat Natal. Puji syukur kita ucapkan kepada Tuhan Yesus Kristus, juru selamat kita, karena hari ini kita dapat berkumpul bersama pada Perayaan Natal Wijk Paal Merah dalam suasana bersukacita.

St N br Pardosi, S.Pd liturgis.
Lebih lanjut dikatakan sehubungan dengan Perayaan Natal ini, saya mewakili segenap Panitia untuk mengucapkan terima kasih kepada Inang Pdt Renti br Naibaho, S.Th, Amang/Inang Sintua, Guru Sekolah Minggu Wijk Paal Merah Lama, Bapa/Ibu, Remaja, Naposo terlebih kepada Anak Sekolah Minggu dan TK Yobel yang telah menghadiri Perayaan Natal ini, ujar suami br Sinaga ini.

Song leader kiri - kanan Maria br Tobing, Diny Cecilia br Sinabutar
Praktisi Hukum ini menyatakan secara pribadi saya sangat berterima kasih atas kerjasama semua Panitia selama ini, akhirnya Perayaan ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik.

Ketua Dewan Diakoni HKBP Jambi ini menyatakan disadari atau tidak disadari pasti selama pembentukan Panitia dan membuat program-program Perayaan Natal banyak suka dan duka, mungkin lebih dari itu, mungkin terjadi kesalahpahaman  di antara Panitia baik perbedaan pendapat, namun kita tau itu timbul karena adanya semangat yang berbeda-beda. 
Pembawa acara / Protokal Ny P Manullang br Hutasoit.
Oleh sebab itu kita tinggalkan itu semua, mari kita bersama bersukacita untuk merayakan hari kelahiran Juru Selamat  Yesus Kristus, ungkap Ketua DPD HBB (Horas Bangso Batak) Provinsi Jambi ini dengan diplomatis.

Dikatakan mewakili Panitia mohon ma’af yang sebesar-besarnya kepada semua yang hadir pada Perayaan Natal ini, jika belum merasa puas dalam pelayanan suasana acara maupun kata-kata yang tidak berkenaan di hati Bapa/Ibu termasuk penyambutan Panitia, ungkap pengacara ini.

Anak Sekolah Minggu liturgi.
Akhir kata kami atas nama Panitia Perayaan Natal mengucapkan Selamat Hari Natal 25 Desember 2019 dan Selamat menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2020, kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat yang berkelimpahan bagi kita semua,,, Amin!!!, pungkasnya.

Perayaan Natal ini mereka adakan di Gereja HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi yang dihadiri sekitar 900 orang lebih, mereka mengadakan Ibadah Perayaan Natal, suasana khusuk dan hikmat mewarnai acara ini, lagu-lagu pujian dikumandangkan lewat Koor Ama Sion, Koor Gabungan Agave, Pimpinan J Hasibuan, Koor Ina Agave, Koor Anak Sekolah Minggu, Pimpinan Ny Simatupang br Sibarani dan Vokal Group Mazmur Voice Pimpinan Ny Simanungkalit br Panggabean.

Anak Sekolah Minggu liturgi.
Renungan Natal disampaikan oleh Pdt Renti br Naibaho, S.Th dengan mengambil Naats Firman Tuhan dari Yohanes 4:42. “Kami telah mendengar dan mengenal Mesias Juru Selamat Dunia”, liturgis diperankan  St N br Pardosi, S.Pd, doa syafaat dipanjatkan St S Sianturi.

Sementara pemusik selama kebaktian Keyboardist Hasaya Simatupang, Bassist Benhanan Simatupang, Drummer Ekky Manullang, untuk song leader Diny Cecilia br Sinabutar, Maria br Tobing dan ,,,,,,, pengumpul persembahan Koor Ina Agave. 

Pembacaan Firman Tuhan atau liturgi sebelum Koor Ama Sion.
Dalam Kotbahnya Pendeta terlebih dahulu mengajak Anak-Anak untuk mengenal Tuhan Yesus Kristus. Dengan spontan Pdt Renti br Naibaho yang sehari-hari melayani di Gereja HKBP Jambi turun dari podium langsung menghampiri salah seorang Anak Sekolah Minggu tersebut mengajukan pertanyaan, dengan cara apa kita mengenal Yesus Kristus ? katanya mengajukan pertanyaan kepada Anak Sekolah Minggu tersebut. 

Koor Ama Sion Pimpinan J Hasibuan.
Anak Sekolah Minggu tersebutpun menjawab “Dengan Doa Bapa kami yang di sorga”,,,, Inang ungkapnya, dengan spontan Inang Pendeta merogo kantongnya dan memberikan hadiah,  karena jawaban yang diberikan adalah benar.

VG Mazmur Voice.
Hal senada juga diajukan Inang Pendeta kepada Inang Guru Sekolah Minggu Ny Simatupang br Sibarani,,,,,, karena jawaban yang diberikan juga benar kembali Inang Pendeta merogo kantongnya dan memberikan hadiah kepada Inang Guru Sekolah Minggu. Suasana semakin seru dan meriah.

Kotbah Pdt Renti br Naibaho, S.Th singkat dan padat. Diakhir kotbahnya Pendeta menyatakan bahwa di dalam mengenal Tuhan Yesus Kristus adalah dengan Doa Bapa kami yang di sorga,,,,, Hidup di dalam kasih dan memberitahukan tentang Yesus Kristus kepada anak-anak, ujarnya. 

Koor Gabungan Agave Pimpinan J Hasibuan.
Dan marilah kita memberitakan tentang Yesus Kristus ke seluruh penjuru dunia dan kita menjadi saksi terhadap ajaranNya dan menjadi berkat terhadap orang lain, ungkapnya.

Diakhir kotbahnya Pendeta mengucapkan Selamat Hari natal 25 Desember 2019 dan Selamat menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2020 dan Tuhan memberkati,,, Amin!!!, ujarnya.

Ketua Panitia Perayaan Natal J Rajagukguk sedang menyalakan lilin.
Di sudut kiri ruangan gereja ini nampak Pohon Natal besar yang dihiasi dengan pernak-pernik hiasan Natal dan lampu-lampunya yang berkelap-kerlip  mengeluarkan cahaya warna – warni, menandakan suka cita mewarnai perayaan ini.

Koor Anak Sekolah Minggu Pimpinan Ny Simatupang br Sibarani.
Merekapun dengan penuh suka cita mengikuti acara demi acara. Dalam acara ini peran anak-anak yang paling ditonjolkan mulai dari pembacaan Firman Allah atau liturgi, puisi, tarian, Koor dan drama singkat tentang kejatuhan manusia ke dalam dosa.

Guru Sekolah Minggu dan Inang Sintua poto bersama dengan Pdt Renti br Naibaho, S.Th.
Paling lucu dan menarik ketika Anak Sekolah Minggu maupun TK Yobel membacakan  liturgi, mereka dengan gaya lugunya dan ucapannya yang terkadang terbata-bata membuat para hadirin tertawa membahana, namun tetap tertib. Patut kita apresiasi terhadap Guru Sekolah Minggu dan Guru TK Yobel yang dapat dengan telaten melatih dan membimbing, akhirnya mereka dapat mengisi acara Perayaan Natal ini.

Guru Sekolah Minggu Legayana br Sihombing, S.Pd dan Ny Simatupang br Sibarani.
Setelah selesai Anak Sekolah Minggu maupun TK Yobel liturgi, mereka dengan bergiliran menerima “Kado Natal”, dari Guru Sekolah Minggu Legayana br Sihombing, S.Pd, karena untuk tahun ini Bingkisan Natal untuk anak-anak di ganti dengan “Tukar Kado Natal”, yang dananya diambil dari kas Wijk, dan Anak Sekolah Minggu tersebut membelinya.

Koor Ina Agave Pimpinan Ny Simatupang br Sibarani.
Penyalaan lilinpun diadakan, kembali mereka mengumandangkan lagu pujian “Malam kudus”   Lilin dinyalakan oleh Pdt Renti br Naibaho, S.Th, St J Simamora, St. BB Sitompul, J Rajagukguk, SH, Sihaloho, Ny Simatupang br Sibarani dan mewakili Anak Sekolah Minggu. 

Poto bersama pemusik dan song leader.
Setelah selesai acara Perayaan Natal di Gereja HKBP Jambi, merekapun makan bersama di Sopo Godang Jubileum HKBP,  doa disampaikan oleh Pdt Victor Ambarita, S.Th dan doa selesai makan oleh Pdt Renti br Naibaho, S.Th. Acarapun dilanjutkan dengan memberikan kado Natal kepada Pendeta  dan Sintua yang pensiun. 

VG Mazmur Voice.
Adapun mereka adalah Pdt S Sihombing, S.Th, Pdt Victor Ambarita, S.Th, St S Sianturi dan St BB Sitompul. Merekapun salam-salaman dan pulang ke rumah masing-masing dengan penuh suka cita.  (MH – Fendi Sinabutar).


































Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong