Home » , » Pemerintah Kota Bandar Lampung Bangun Tugu Umat Agama

Pemerintah Kota Bandar Lampung Bangun Tugu Umat Agama

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Kamis, 30 Januari 2020 | Januari 30, 2020

Pemerintah Kota Bandar Lampung bangun Tugu Kerukunan Umat Beragama.
Bandar Lampung, MH Untuk lebih mempererat kerukunan antar umat beragama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung membangun Tugu Kerukunan Umat Agama.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi Kantor Urusan Agama (KUA) Panjang, Wali Kota Bandar Lampung menempatkan Tugu Kerukunan Umat Agama di Jl. Bahari, Kelurahan Panjang Utara, Kecamatan Panjang.
Dikatakan walikota Bandar Lampung Herman HN, Rabu (29/01/2020) terpilihnya Kecamatan Panjang sebagai tempat di bangunnya Tugu Kerukunan Umat Agama tersebut karena KUA Kecamatan Panjang mendapat juara 3 tingkat Nasional KUA seluruh Indonesia.
Menurutnya kerukuan antar umat beragama di Bandar Lampung sangat baik sebagai mana yang dapat dilihat pada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berjalan harmonis dan saling menghargai satu sama lainnya.
Disamping itu meskipun mayoritas masyarakat Bandar Lampung Beragama Islam, namun Pemkot tidak pernah membeda-bedakan dalam hal toleransi maupun perhatian yang diberikan Pemkot pada perayaan hari besar keagamaan.
Adapun langkah yang dilakukan dalam upaya lebih meningkatkan kerukunan antar umat beragama tersebut yaitu melalui pendekatan satu sama lainnya.
“Bisa ditanya ini, ada perwakilan-perwakilannya. Kita tidak ada pilih kasih namun mayoritas agama yang lebih besar, langkah yang dilakukan dalam rangka menambah kerukuan antar umat beragama yaitu dengan "pendekatan",ujar Walikota itu
Walikota menjelaskan sebagai bentuk upaya nyata dapat dilihat ketika perayaan Natal, Imlek serta juga perayaan hari besar umat Hindu dan juga perayaan hari besar lainnya.  
“Bisa dilihat ketika Natal kita berkunjung, Imlek juga kemarin kita berkunjung. Kita juga kunjungi umat Hindu dan umat Kristiani, pokoknya, semua kita kunjungi,”ungkapnya. 
Lebih lanjut Herman HN mengatakan, di bangunnya Tugu Kerukunan Umat Agama tersebut juga untuk lebih memperkokoh persaudaraan dan persahabatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang harus kokoh dan kuat.
Ia juga mengajak agar seluruh lapisan masyarakat bersatu padu untuk ikut membangun Negara dari segala bidang, tidak hanya infrastruktur namun juga bidang sosial, budaya keagamaan.
Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bandar Lampung Mahmuddin Aris Rayusman mengatakan, sebagaiman arahan Walikota Bandar Lampung, untuk membangun Tugu Kerukunan Umat Agama tersebut  dengan maksud dan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat.
Agar dalam kehidupan dapat rukun dan saling menghormati tanpa membedakan dari beragam suku dan agama manapun tetap saling dapat hidup berdampingan.
Sedangkan Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan, Keuskupan Tanjung Karang Romo Roy mengatakn kerukunan, persaudaraan dan kedamaian adalah kebutuhan hidup setiap orang ditengah bingkai kebhinekaan.(KBRN).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong