Home » , , » Pesta Partangiangan Bona Taon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna

Pesta Partangiangan Bona Taon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 21 Januari 2020 | Januari 21, 2020


Kiri - Kanan : Ap Frengky Simarmata Ketua Umum Punguan , Ap Gani Simarmata Penasehat Punguan, Op Christine Simarmata Natuatua Ni Punguan, Op Hotlan Simarmata Natuatua Ni Punguan dan Op Yobel Simarmata Natuatua Ni Punguan, Gedung Asi Ni Roha 19 Januari 2020 (Poto, MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH – Bersukacita, bersekutu, berdoa bersama dan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kasih karuniaNya, sehingga dapat melangkah ke tahun 2020. Hal inilah tersirat makna Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota jambi Nahumaliangna.

Bertempat di Gedung Asi Ni Roha Jln Lapangan Tembak RT 10 – 11 Kotabaru Jambi dilaksanakan hajatan perhelatan Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna Minggu, 19 Januari 2020 yang dihadiri ribuan orang.

Dengan penuh semangat mereka datang dari penjuru Kota Jambi bahkan dari daerah Tempino Kabupaten Muara Jambi dan Muara Bulian Kabupaten Batanghari dalam lingkup Provinsi Jambi. Partangiangan ini sekaligus ajang silaturahmi, merupakan acara rutin tiap awal tahun mereka laksanakan.

Hal ini  dilaksanakan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Tuhan Yang Maha Esa atas segala pertolonganNya dan senangtiasa menyertai semua Anggota Punguan untuk dapat melangkah ke tahun 2020 yang walaupun mengalami berbagai kisah kehidupan pada tahun 2019 yang lalu.

Ketika bertemu, mereka saling menyapa, ngobrol bersama dan berjabat tangan mengucapkan “Selamat Tahun Baru” . Pertemuan di antara mereka dihiasi dengan sukacita, penuh dengan suasana kekeluargaan, keakraban yang mewujudkan rasa kebersamaan, terpatri di antara mereka.

Pesta Partangiangan Bona Taon 2020 mengambil Tema :“Marsiantoan ma hita, marsipajujuan tu haholongan dohot tu angka ulaon na denggan” ( Heber 10; 24). Dan Sub Tema : “Sude Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Kota Jambi dohot Nahumaliangna marsipajujuan tu angka ulaon na denggan”. 

Untuk memasuki ruangan gedung tempat acara kebaktian dilaksanakan terlebih dahulu diadakan prosesi penyambutan Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min oleh Ketua Umum Punguan bersama istri, Ketua Panitia bersama istri, Penasehat bersama istri dan Natuatua ni Punguan.

Sebelum acara perayaan dan hiburan terlebih dahulu diadakan seremoni kebaktian yang dipimpin Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min yang sehari – hari melayani di HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi. Mengambil Naats  Heber 10 ; 24. 

Dalam suasana tenang dan hening liturgis memimpin saat teduh yang dipimpin J Simarmata, SE / br Marbun yang sehari-hari bekerja di Kantor Bupati Kabupaten Muara Jambi Provinsi Jambi.

Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu O,, Jesus Sipangolu Au. Mereka menyanyikan lirik-lirik lagu ini penuh suka cita, karena perlindungan Tuhan Jesus Kristuslah  mereka dapat melewati tahun 2019 yang lalu dan dapat melangkah ke tahun 2020, yang walaupun berbagai gejolak hidup yang terjadi dilalui dan dapat berkumpul bersama di tempat ini.

Hal inipun dapat diamini ketika siraman rohani yang disampaikan Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min singkat dan padat dapat menggugah hati mereka dan memberikan semangat baru dan harapun baru, untuk menjalani tahun 2020 ini dan tetap diajaknya agar Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna si sada ulaon dan saling mengasihi, tolong menolong, saling merasakan dan saling memiliki. 



Dan selalu menjaga persatuan dan kesatuan, berlandaskan kasih yang diajarkan Tuhan Jesus, sehingga cintah kasih tetap tercipta dan Tuhan memberkati kita semua, ujarnya mengakhiri kotbahnya. Doa syafaat disampaikan oleh St D Simarmata, SH, MS / br Hutagalung yang juga dosen di Universitas Jambi.

Setelah selesai kebaktian acarapun dilanjutkan makan bersama, doa dipimpin oleh Op Boni Simarmata / br Sirait. Ketika makan bersama mereka dihibur Embas Group di padu dengan alunan musik yang apik dan suara Trionya dapat  mengantarkan mereka untuk menikmati makanan dan minuman yang telah dihidangkan pihak boru, bere dan ibebere acara dipandu oleh Ap Rindu Lumbangaol / br Simarmata.

Acarapun dilanjutkan dengan tortor, sebelum acara tortor  Ketua Umum Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dan Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna Ap Frengky Simarmata  menyapa para hadirin dengan menyatakan Syalom,,, dan Horas,, !!! Selamat Datang dan Selamat Tahun Baru sekaligus  selamat bertemu kembali kepada seluruh anggota punguan yang hadir.

Lebih lanjut dikatakan  rasa terima kasihnya atas kehadiran anggota punguan dalam acara perayaan ini. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala penyertaanNya kita dapat berkumpul bersama untuk melaksanakan kebaktian dan perayaan di tempat ini.

Suami boru Pasaribu ini berharap semoga ajang silaturahmi ini, kekeluargaan, keakraban dan kebersamaan akan tetap terjalin di antara kita. Punguan yang beranggotakan 591 KK ini diharapkan agar semakin mempererat  tali silaturahmi. Mari kita sama-sama membesarkan punguan ini dengan bermottokan : “Marsitungkol-tungkolan ma hita di ulaon, marsiamin-aminan ma nang di parrohaon, ungkapnya dengan penuh semangat. 

Kiranya kebersamaan yang terjalin senantiasa menjadi acuan terhadap keberlangsungan dan keharmonisan punguan, serunya. Diakhir kata sambutannya dia mengucapkan terima kasih kepada Panitia Pesta Partangiangan Bona Taon 2020 khususnya  kepada pihak boru, bere, ibebere yang makkobasi, sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik.

Biarlah kuasa Tuhan yang senantiasa menyertai kehidupan kita pribadi lepas pribadi disepanjang tahun 2020 ini, ujarnya mengakhiri kata sambutannya. Selanjutnya laporan keuangan punguan disampaikan oleh bendahara punguan Ap Diny Sinabutar / br Simarmata. Hal senada juga dikatakan Ketua Panitia  Ap Helen Simarmata mengucapkan Selamat Tahun Baru buat kita seluruh anggota punguan yang hadir dalam perayaan ini. 

Tak lupa suami boru Sinaga ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta ambil bagian dalam pesta sehingga dapat terlaksana dengan baik. Selaku kami panitia yang dipercayakan mohon ma’af atas  kekurangan – kekurangan dan Tuhan memberkati, ungkapnya mengakhiri.

Selanjutnya Pengurus Harian dan panitia manortor bersama. Lagu pertama yang dinyanyikan Embas Group bersama Trionya lagu “Ompu Simataraja”  suasana semakin meriah dan semarak mereka berjoget bersama, sambil merogoh kantongnya untuk memberikan saweran, hal ini dilakukan untuk menambah kas punguan.

Dengan spontan dapat terkumpul dana jutaan ribu rupiah. Lagu-lagu pujian dan lagu-lagu lawas Batak  berkumandang dalam acara ini. Mereka larut dalam suasana kegembiraan, terlihat makna kebersamaan di antara mereka, berjoget bersama berjam-jam lamanya mereka manortor tidak merasa lelah.

Yang walaupun turun hujan dengan derasnya membasahi Kota Jambi, tidak mereka perdulikan yang penting happy dan happy mewarnai pertemuan mereka. Karena bagi mereka Pesta Partangiangan Bona Taon ini adalah untuk pertemuan melepaskan rasa kangen dan rindu di antara mereka.

Di dalam acara ini diselangselingi penarikan undian berhadiah hiburan. Acarapun semakin meriah dan semarak ketika di mulai penarikan undian, peranan pemandu acara Ap Rindu Lumban Gaol piawai meramu kata demi kata ketika membacakan nomor-nomor yang mendapat keuntungan.

Merekapun dengan seksama melihat nomor-nomor yang telah di belinya, apakah nomornya yang keluar dan dipanggil,,,, dengan perasaan, hati mereka deg-degkan,,,, ketika dibacakan nomor yang mendapat keuntungan. Acarapun dilanjutkan dengan tortor Penasehat / Natuatua ni punguan , Hula-hula marga Simarmata, paniaran Simarmata, Hela dan Boru, komisaris dan Bere, Ibebere.

Selanjutnya Ketua Umum Punguan memberikan hadiah kepada anak-anak yang berprestasi juara I, II dan III kelas mulai tingkat SD, SMP dan SMA. Setelah pemberian hadiah kepada anak yang berprestasi dilakukan perkenalan anggota baru. Paling menarik ketika  diadakan penarikan undian hadiah utama, semua hadirin focus mendengarkan  apakah nomornya keluar sebagai pemenang.

Adapun Badan Pengurus Harian Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna Periode Tahun 2018 - 2021 : Dewan Penasehat mewakili Ap Gani Simarmata / br Marbun, Ketua Umum Ap Frengky Simarmata / br Pasaribu, Ketua I Ap Iin Simarmata / br Manullang, Ketua II Ap Hesty Simarmata / br Manik, Sekretaris HE Limbong / br Simarmata dan Bendahara Ap Diny Sinabutar / br Simarmata.

Acarapun berakhir ditutup dengan doa oleh Op Junike Simarmata / br Lumban Tobing. Lagu Oh,,, Tano Batakpun berkumandang,,,, mereka sama-sama menyanyikan  sembari salam salaman, dan pulang ke tempatnya masing-masing dengan penuh rasa sukacita. (MH – Fendi Sinabutar).























Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong