Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

TPL-IT Del Dukung Penelitian Dua Mahasiswa "Particle board" Berbahan "Sludge" Dari Sisa Hasil Produksi

Sejumlah personil PT TPL dengan perwakilan Institut Teknologi Del. (ANTARA/HO)

Tobasamosir, MH - PT Toba Pulp Lestari berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan yang diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama antara PT TPL dengan Institut Teknologi Del sebagai landasan dalam mendukung program-program peningkatan kualitas pendidikan di IT Del berupa dukungan penelitian oleh dua  mahasiswa IT Del yang juga akan didampingi oleh dua dosen pembimbing.

Acara penandatanganan kerjasama digelar di Kampus IT Del, Balige, Tobasamosir, Sumatera Utara, Rabu (29/01).

Dihadiri Rektor III Dr Ir Bambang SP Abednego, Ketua LPPM IT Del, Meyer Marthen Kinda Dosen Prodi Teknik Bioproses bersama rekan dosen Nina Turnip yang menjadi dosen pembimbing dalam penelitian ini. 

Turut serta juga Ramida Siringoringo, Manager Community Development TPL bersama staf CD Hema Butarbutar, dan Mangasi Sinaga.

Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung bidang pendidikan khususnya mahasiswa IT Del yang akan melaksanakan tugas akhir. Melalui Departemen Community Development berkomitmen untuk membantu penelitian dalam pembuatan "particle board" dari "sludge" sisa hasil produksi TPL.

Kami harap ini menjadi langkah awal agar ke depannya dapat lebih disinergikan antara pengetahuan dan SDM dari IT Del dengan sumber daya dan peralatan yang berada di TPL," ujar Bambang.

Diharapkan ke depannya, penelitian ini akan menjadi dasar untuk pengembangan penelitian berikutnya. Penelitian ini direncanakan akan dimulai pada Februari 2020 dan berlangsung selama enam bulan.

"Terima kasih kepada PT Toba Pulp Lestari mau mendukung dalam hal bahan baku dan juga peralatan. Diharapkan dengan limbah yang ada, setelah diteliti akan menghasilkan 'particle board' semaksimal mungkin," ujar Meyer.

Dukungan ini sebagai komitmen PT Toba Pulp Lestari Tbk dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara dengan mendukung program-program pendidikan di IT Del. 

PT Toba Pulp Lestari berharap dari IT Del akan lahir putra-putra daerah yang berkompeten dan mampu berkarya di tingkat global. (ANTARA).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar