Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Mengenang Pencipta Dan Penyanyi Sang Legendaris Lagu Simalungun Sarudin Saragih Simarmata

Sang Legendaris Pencipta/Penyanyi Lagu Simalungun Sarudin Saragih Simarmata.
Jambi, MH - Sang Legendaris Penyanyi Simalungun, Artis Tiga Zaman, Pencipta Lagu Simalungun Terproduktip, Pencipta lagu yang paling banyak di kenang orang dan Pencipta Mars lagu Simarmata Sarudin Saragih Simarmata telah pergi untuk selama - lamanya (28 Februari 2020).

Sarudin Saragih Simarmata memulai kariernya dengan Group Musik Trio S Pansel  atau Trio Simalungun Pantai Selatan. Gorup Musik ini lahir di Huta / Kampung Bage, sebuah kampung yang terletak di tepi Danau Toba bagian Selatan Kecamatan Silima Kuta Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara.

Trio S Pansel ini rekaman perdana pada bulan Agustus 1975 dengan personil Sarudin Saragih Simarmata sebagai Pimpinan, Benyamin Girsang dan Kaman Tondang masa - masa kejayaan mereka peroleh hingga pada tahun 1982. Trio S Pansel ini ibarat air jernih nan segar yang dibutuhkan tepat ketika keadaan masyarakat sangat haus akan hiburan khususnya di daerah Kabupaten Simalungun. Bayangkan saja acara Televisi (TV) tidak seramai seperti sekarang.

Konser Trio S Pansel dari kampung ke kampung pada masa itu bagaikan kemewahan, prestise bagi kampung yang mengundangnya. Pada saat itu orang Simalungun boleh berbangga karena lagu Simalungun dapat menjadi tuan didaerahnya sendiri, anak - anak muda bahkan kaum tua sangat menyukai lagu - lagu hits Trio S Pansel.

Terlepas dibalik ketenaran dan kesuksesan yang mereka raih ketika itu,  sebenarnya banyak lika liku perjalanan  hidup yang mereka rasakan, selama konser berlangsung, baik suka maupun duka. Namun ternyata Trio S Pansel inipun berhenti pada tahun 1982.

Namun karena jiwa seni telah melekat pada diri Sarudin Saragih Simarmata terus berkarier lewat Elny Group (Elny boru Damanik) mulai tahun  1982 - 1986 sukses ke duapun diraihnya. Seiring waktu berjalan dia terus mencipta dan menyanyikan lagu - lagu yang bernuansa Simalungun.

Ciptaannya sendiri menjadi "Tembang Kenangan Sepanjang Masa" bagi masyarakat Simalungun, kiprahnya terus bertahan mewarnai blantika musik Pop Simalungun, mulai dari Trio S Pansel, Duet dengan Hotmaria Sitopu, Elny Group dan kolaborasi dengan sesama artis Simalungun maupun dengan  suku lain hingga sekarang. Merupakan prestasi luar biasa karena ternyata Sarudin Saragih Simarmata sudah memiliki 28 album selama kariernya.

Putra sulung dari Esten William Saragih Simarmata (+) dan Rontinimboru Purba (+) ini rutin bernyanyi di Lopo Tondongta  di daerah Senayan Jakarta.

Adapun lagu - lagu Nostalgia pria kelahiran  Sibolga 5 Januari 1951 ini yang paling sering diminta dinyanyikan di setiap acara yang dia hadiri atau pada undangan khusus adalah : Sirang Padan, Panosalan, Lina, Tading Maetek, Sirang Manggoluh, Lungun Tumang Huahap, Na Lang Ra Marsikolah, Sabar Ma Ham, Ulang Ham Tarudu, Botou Na Manisei, Marlua-lua, Tangisni Tading-Tadingan, Anggo Anak Paranak, Rondagni Bulan Tula, Rokkap Ni Sikahanan dan Sirang Halani Arta. Adapun lagu - lagu ciptaannya adalah merupakan pengalaman hidup.

Bapak dari 6 orang anak ini (Hendrawan Candra, Herni Chandrana, Abdi Chandra, Ade Chandra, Ernita Chandrana, Sahala Rohma Chandra) sangat kecewa kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun, karena kurang mendapat perhatian dari Pemkab Simalungun.

Buktinya para seniman Simalungun yang di masa mudanya telah banyak berbuat untuk Seni Simalungun, tidak ada jamin hidup di masa depan. Seperti saya misalnya, terpaksa harus ngamen demi mencukupi kehidupan sehari - hari. Seandainya dulu saya diberi kesempatan menjadi pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Simalungun mungkin saya dapat mengabdikan  diri dibidang Seni dan Budaya.

Tapi sudahlah semua telah berlalu, saya cuma bisa berharap Pemerintah memberi prioritas kepada seniman Simalungun untuk berperan aktip di event - event besar seperti Rondang Bintang. Pesta Danau Toba dll. Juga kepada masyarakat etnis Simalungun berilah dukungan kepada Seni dan Seniman Simalungun. Dikatakan dalam bahasa Simalungun : " Anggo lang hita pamajuhon Simalungun on, ise bei?" ujar suami Heppy Sorta boru Manurung ini.

Pada Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja  Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia yang dilaksanakan padatanggal 5 s/d 7 Juli 2018 di Bona Pasogit Desa Simarmata Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sarudin Saragih Simarmata ikut menghibur  dengan menyanyikan lagu - lagu yang bernuansa Simalungun. Tak ketinggalan Lagu Mars Simarmata ciptaannya sendiri dinyanyikan.

Di Provinsi Jambi khususnya Kota Jambi setiap ada pagelaran  Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere baik Pesta Bona Taon maupun Pesta Pernikahan lagu Mars Simarmata adalah merupakan lagu wajib dinyanyikan.

Selamat jalan sang legendaris penyanyi dan pencipta lagu Simalungun, Sarudin Saragih Simarmata, biarlah suara dan karyamu dikenang sepanjang masa,,,, dari Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi Majalah Holong Online Drs Fendi Sinabutar.


Lirik Lagu Mars Simarmata

Ompui Nasangap Namartua,
Ompu Simataraja Simarmata
Boru Limbong Sihole Parsondukna
Ima Nasian Huta Limbong Mulana.
Dipukka Ompui Ma Sada Huta
Nadigoari Huta Simarmata
Adong Muse Do Disi Tapianna
Mual Sigornang Mai Goarna
Reff.
Nasongon Dalihan Natolu
Do Ianakkon Ni Ompu i
Sipaisada Mai Halihi Raja
Sipaidua Mai Sidosi Raja
Siappudan Na Mai Datuktuk Raja
Hape Saonnari Nunga Mangarerak
Hami Pinompar Ni ompui
Ditano Karo Ginting Sigaramata
Di Simalungun Saragih Simarmata
Natinggal di Bona Pasogiti Ima Simarmata
Nagabe Songon Sada Pardingotan
Disaluhut Na Angka Pinompar na
Dipajongjong Sada Tugu Nabalga
Jonok doi tu tao Simarmata
Sahali Sataon Ma Diulahon Maria-ria
Horasma Diho …(Horas) Ompung Simataraja
Sai Manumpahi Sahalam
Tu Hami Akka Pinomparmon
Horas ma Sai (Horas), Ompung Simataraja
Horas ma Sai (Horas) Horas Jala Gabe.

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar