Home » , , , , , , » Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna Luar Biasa

Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna Luar Biasa

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Senin, 02 Maret 2020 | Maret 02, 2020

Kiri - Kanan : Op Gavra Sinabutar / br Simbolon, Op Sando Sinabutar / br Simarmata dan Op Melky Sinabutar / br Habeahan, di Gedung Asi Ni Roha II Minggu, 1 Maret 2020. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH – Hanya karena kasih karunia dan pertolongan Tuhan yang melekat di dalam hidup dan kehidupan kita, akhirnya kita dapat melangkah ke awal tahun 2020 ini, yang walaupun banyak pergumulan hidup yang dilalui.

       ACARA Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna dilaksanakan di gedung Asi Ni Roha II Jl Lapangan Tembak Kotabaru Jambi, dengan mengambil Tema : “ Taparbuehon Ma Holong Ni Roha, Tapareahi Ma Na Denggan.” Sementara Sub Tema : “ Marhite Pesta Partangiangan Bona Taon 2020 Punguan Pomparan Butar, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna Lam Ta Padasip Ma Holong Ni Rohanta Marhite Ulaon Na Dengga.”

Perayaan ini dapat dirangkaikan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan atas segala pertolongan dan penyertaanNya, pada Anggota Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dari tahun 2019 dapat melangkah ke awal tahun 2020 ini dalam suasana sehat – sehat.

Hal inipun diamini mereka dengan kehadiran mereka ke acara ini dengan penuh suka cita, ketika bertemu antara satu dengan yang lainnya saling menyapa, berjabat tangan, ngobrol bersama bahkan sebahagian di antara mereka berpelukan untuk melepas kerinduan.

Pertemuan di antara mereka hangat, penuh dengan suasana kekeluargaan, persaudaraan dan keakraban yang mewujudkan rasa kebersamaan terpatri di dalam diri mereka. Terlebih ketika kehadiran rombongan Butar Raja dohot Boruna  yang datang dari luar Kota Jambi yang tersebar di Kabupaten dalam lingkup Provinsi Jambi, membuat suasana semakin meriah dan semarak, dengan penuh rasa kekeluargaan dan persaudaraan, Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere  se Kota Jambi Nahumaliangna menyambut mereka dengan senang hati bercampur bahagia.

Terlihat makna kebersamaan dan kerinduan di antara mereka, (sesama Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere)  ketika bertemu dengan orang tua, haha anggi dan lae/ito (boru Sinabutar), termasuk di antara mereka bere yang datang dari luar Kota Jambi. Mereka saling menyapa, salam – salaman terkadang berpelukan dibarengi dengan gelak tawa.

Seremoni Kebaktian

Acarapun dilanjutkan dengan seremoni kebaktian yang dipimpin Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min yang sehari – hari melayani di Gereja HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV HKBP Jambi dan liturgis disampaikan oleh Ny J Simbolon boru Pasaribu yang sehari – hari melayani di Gereja GPIB Marturia Jambi, Organis diperankan oleh Diny Cecilia boru Sinabutar sementara song leader Ny F Sinabutar boru Simarmata dan Ny B Sinabutar boru Simarmata. Doa Syafaat dipanjatkan oleh Ap Nanda Sinabutar / br Rajagukguk.

Pdt Samsir Deli Sinaga, D. Min mengambil naats dari Alkitab Roma 12, 9 – 11, dalam kotbahnya Pendeta mencontohkan kata bijak, “Kejarlah yang baik dan lakukanlah yang baik supaya hidupmu lebih baik.”  Untuk ini Pendeta memotivasi agar anggota  Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna berpacu melakukan yang terbaik baik kepada sesama anggota  punguan, lingkungan dan di tengah – tengah masyarakat.

Biarlah anggota punguan ini  menjadi berkat di tengah – tengah masyarakat  dan sekaligus menjadi garam dan terang, oleh karena itu Pendeta mengharapkan mari berbuat baik, karena berbuat baik merupakan sumber berkat.

Kotbah Pendeta singkat dan padat, dapat menggugah hati mereka dan memberikan semangat baru dan harapan baru, untuk menjalani tahun 2020 ini dan diajaknya agar Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi si sada ulaon dan saling mengasihi, tolong menolong, saling merasakan dan saling memiliki.

Lebih lanjut dikatakana Pendeta agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan, berlandaskan kasih yang diajarkan Tuhan Yesus, sehingga cinta kasih tetap tercipta dan Tuhan memberkati,,, Amin!!!, ungkapnya mengakhiri kotbahnya.

Perayaan dan Hiburan

Acarapun dilanjutkan dengan makan bersama doa dipimpin oleh Pdt Samsir Deli Sinaga, D. Min. Terlihat pihak boru, Bere, Ibebere dengan telaten makkobasi kebutuhan makanan dan minuman pihak hula-hula. Selama makan berlangsung “Musik Sabas”  Pimpinan Beny Sinar Sihaloho menyanyikan lagu – lagu lawas Batak, sehingga para hadirin dapat menikmati hidangan yang telah disiapkan. Sementara protokol diperankan oleh Ap Jhon Sinabutar / br Malau.

Selanjutnya kata sambutan Ketua Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna Ap Gabriel Sinabutar / br Simarmata, mengucapkan selamat datang dan selamat bertemu kembali dan  terima kasih atas kehadiran anggota punguan pada acara pesta ini, terlebih khusus diucapkan terima kasih banyak atas kehadiran Orang tua, haha anggi dan lae maupun ito kami yang dari luar Kota Jambi, ungkapnya dengan nada bahagia.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan atas Kasih dan KaruniaNya dapat kita berkumpul bersama, sekalipun selama tahun 2019 banyak kisah kehidupan yang kita lalui. Untuk tahun 2020 ini kita berharap, agar Tuhan senantiasa menyertai kita disegala kehidupan, ujar suami boru Simarmata ini. Diakhir kata sambutannya mohon maaf apabilah ada kekurangan maupun kesalahan pengurus selama tahun 2019. Juga dikatakan bahwa jumlah anggota punguan sebanyak 38 KK.

Pesta Partangiangan tahun 2020 ini, meriah dan semarak bahkan boleh disebut sangat  “Luar Biasa”  hal ini mungkin dan pasti atas kehadiran rombongan Keluarga  Besar Op Melky Sinabutar / br Habeahan, Kel Ap Melky Sinabutar / br Sihombing Kabupaten  Tebo, Kel Ap Yohana Sinabutar / br Nainggolan Unit VI Sei Bahar Kabupaten Muaro Jambi, Kel Ap Kristan Sinabutar / br Simanjuntak - Tembesi Kabupaten Batanghari, Ap Harapan Manalu / br Sinabutar -  Sei Bengkal Kabupaten Tebo, Ap Silvester Pasaribu / br Sinabutar Unit V Sei Bahar dan Sahat P Sinabutar Unit I Sei Bahar Kabupaten Muaro Jambi.

Selama terbentuk punguan ini pada awal bulan April 2004 (16 tahun yang lalu), baru pada Pesta Partangiangan tahun 2020 ini pelaksanaan sangat luar biasa, mungkin dan pasti atas kehadiran orang tua, haha anggi, lae / ito dan bere  yang dari luar kota, hal inipun diamini anggota Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota jambi Nahumaliangna.

Acarapun dilanjutkan dengan tortor, mulai dari Pengurus Harian termasuk Komisaris, Natua – tua ni punguan Op Gavra Sinabutar / br Simbolon, Op Sando Sinabutar / br Simarmata dan Op Melky Sinabutar / br Habeahan, Namarhahaanggi, Rombongan dari luar kota, Hela/Boru, Bere/ Ibebere dan terakhir tortor anak-anak.

Selama acara tortor berlangsung, suasana meriah dan semarak mereka sama-sama berjoget mengikuti irama musik yang apik, lagu-lagu lawas Batak berkumandang dalam acara. Tak lupa mereka merogo kantungnya untuk memberikan saweran, berjam-jam lamanya mereka manortor tidak merasa lelah bahkan semakin lama semakin hanyut dalam kegembiraan, seketika itu dana dapat terkumpul jutaan ribuh rupiah, untuk menambah kas punguan.

Terlihat rasa kekeluargaan, persaudaraan dan kebersamaan menyatu di antara mereka, kiranya kebersamaan yang mereka pertontonkan bersama janganlah cepat berlalu akan tertapi dapat diabadikan sepanjang masa.

Acarapun diselangselingi dengan penarikan hadiah hiburan, panitia menyediakan 60 paket berbentuk sembako disamping disediakan Doorprize atau hadiah utama senayak 6 buah diundi dengan daftar hadir. Untuk tahun 2020 ini panitia menyediakan per paket setiap anggota yang hadir dapat. Disamping panitia juga memberikan hadiah bagi siswa – siswi yang berprestasi mulai tingkat SD, SMP dan SMA juara I, II dan III kelas.

Ketika panitia memberikan hadiah kepada siswa – siswi yang berprestasi, Kel Ap Kristan Sinabutar / br Simanjuntak yang tinggal di Tembesi “Pengusaha Muda yang berlabel Apotik” meminta waktu sebentar untuk memberikan kata – kata semangat dan motivasi agar mereka tetap mempertahankan  prestasi yang diraihnya.

Paling seru Kel Ap Kristan Sinabutar / br Simanjuntak pun memberikan pertanyaan, bagi mereka yang dapat menjawab diberikan hadiah. Suasana sangat menarik merekapun berlomba menjawab pertanyaan tersebut.

Rombonganpun mohon pamit untuk pulang, mereka di antar dalam doa semoga perjalanan menuju tempat masing-masing dilindungi Tuhan sampai di tempat dalam suasana sehat – sehat. Acarapun berakhir dengan penuh suka cita ditutup dengan doa Ap Jhon Sinabutar / br Malau.

(Pimpinan Umum / Pimpinan Redaksi Majalah Holong Online mengucapkan “Selamat dan Sukses Pesta Partangiangan Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna” – Drs Fendi Sinabutar).









































































Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong