Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Guru Besar Unimed Prof Dr Albinus Silalahi MS, Berikan Pemahaman Lugas Terkait Wabah Covid-19

Prof Dr Albinus Silalahi MS.

MEDAN, MH -   Guru besar Unimed Prof Dr Albinus Silalahi MS memberikan pemahaman secara lugas terkait wabah Covid -19. Hal ini disampaikan melalui pesan WhatsApp Jumat (03/04/2020) siang ini.

Dalam tulisan singkatnya, Prof Dr Albinus Silalahi MS ikut berkontribusi dengan menerangkan bagaimana virus yang menjadi momok bagi masyarakat dunia saat ini bereaksi berkembang cepat dan  cara mencegah dengan tepat.

Ini isi yang media petik dari Prof Dr Albinus Silalahi MS :

Sejumlah kalimat yang sederhana berikut ini sembari berdoa,
semoga berkontribusi dalam pencegahan penularan Covid-19.

Virus corona bukanlah mahluk hidup, melainkan biomolekul yang harus sudah masuk dulu ke lingkungan internal sel inangnya barulah berperan dalam proses metabolisme "dengan kategori sel inangnya terinfeksi," Sel inangnya hanyalah se-sel tubuh manusia.

Kalau di luar tubuh manusia, biomolekul virus tersebut tidak akan terkait dengan proses metabolime sehingga tidak akan terjadi perkembangan atau proses memperbanyak virus corona (karena di luar tubuh manusia, virus corona bukanlah mahluk hidup).

Pemahaman hal-hal tersebutlah mendasari logika pencegahan penularan virus corona dengan harus selalu saling menjaga jarak. Karena virus corona bukanlah mahluk hidup, maka kalaupun tubuh seseorang sudah kepenuhan virus, tidak akan ada virusnya yang dapat melompat sendiri berpindah ke orang lain di sekelilingnya kecuali ada angin/udara menerbangkannya.

Oleh karena itu, walaupun sudah saling menjaga jarak, harus juga saling memastikan, jangan sampai pada waktu seseorang bersin, bersinnya sangat memungkinkan menyatu dengan udara yang dihirup oleh orang lain di sekelilinya.

Masalah jangka waktu biomolekul untuk rusak tergantung pada berbagai sifat kimiawi yang dapat merusak strukturnya di lingkungannya dan juga temperatur.

Seandainya sewaktu sangat panas-panasnya kota Medan ini (sewaktu saat-saat erupsi gunung Sinabung), konformasi struktur virus corona itu pasti langsung rusak sehingga hilang bioaktivitasnya, karena ketahanan konformasi strukturnya terhadap panas tidak kuat. Walaupun virus tersebut baru dibersinkan orang, asalkan bersin tersebut tidak langsung ke hidung orang lain.

Makanya beberapa bulan yang lalu banyak orang anggap enteng bahwa menurut mereka kalaupun orang yang tubuhnya sudah penuh virus corona berdatangan ke Indonesia, virus tersebut tidak bakalan sanggup kalau bagi orang kita. Orang yang anggap enteng sepert ini adalah orang yang keliru besar.

Dibeberapa negara yang kebetulan dalam keadaan musim dingin, konformasi struktur biomolekul virus tersebut "tetap utuh" makanya sampai begitu paling dahsyat di sana mengakibatkan jumlah orang meninggal sangat banyak.

Demikianlah petikan dari Prof Dr Albinus Silalahi MS. Semoga apa yang menjadi kecemasan kita selama ini dengan telah diterangkanya soal pencegahan dan cara perkembangan virus Covid-19 oleh Prof Dr Albinus Silalahi MS membuat kita jadi paham benar persoalan yang terjadi. (Topsumut.co).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar